Siaran tunda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dalam radio dan televisi, Siaran tunda mengacu pada praktek menunda siaran dari materi siaran langsung yang dilakukan secara disengaja. Sebuah penundaan singkat sering digunakan untuk mencegah hal-hal yang tidak senonoh, blooper, kekerasan, atau bahan yang tidak diinginkan lainnya untuk disiarkan, termasuk masalah yang lebih duniawi seperti malfungsi teknis atau batuk. Dalam hal ini, sering disebut sebagai tunda tujuh detik atau tunda senonoh.

Penundaan panjang juga bisa diperkenalkan, sering untuk memungkinkan program disiarkan pada saat yang sama untuk market lokal seperti yang kadang dilakukan dengan program yang disiarkan secara nasional di negara-negara dengan beberapa zona waktu. Itu kadang-kadang dapat dilakukan hanya dengan tape recorder video atau teknologi serupa. Dalam konteks perekam video digital modern, ini sekarang dapat dianggap sebagai kelas waktu pergeseran. Dalam hal ini, sering disebut tape delay atau tunda pantai barat di Amerika Serikat, disebut demikian karena acara khusus (termasuk acara penghargaan) disiarkan langsung di zona Timur & waktu Tengah AS sering tape-delay pada pantai barat. Ini termasuk California Selatan (dengan pengecualian dari Academy Awards, yang mengudara secara langsung di Los Angeles dan sisanya dari pantai barat), meskipun ada fakta bahwa Southern California adalah tempat di mana banyak acara disiarkan langsung (American Idol, Dancing With The Stars) berlangsung. Secara nasional siaran acara berita pagi di Amerika Serikat (seperti CBS This Morning, Today, & Good Morning America) biasanya akan disiarkan secara langsung hanya dalam zona waktu Timur, sementara di tape delay di zona waktu yang tersisa.

Rekaman tunda juga mengacu pada proses penyiaran acara di lain waktu yang dijadwalkan. Hal ini karena salah satu konflik penjadwalan mencegah siaran televisi langsung, atau penyiar berusaha untuk memaksimalkan peringkat dengan menayangkan sebuah acara di sebuah timeslot tertentu. Sebuah contoh yang menonjol dari yang terakhir ini cakupan Pertandingan Olimpiade, ketika penyiar televisi menyiarkan acara profil tinggi ke pemirsa dalam jam tayang utama, meskipun acara yang sedang ditampilkan di "waktu yang salah" karena sebenarnya terjadi ketika sedikit orang yang mungkin menyaksikan acara TV. Acara olahraga disiarkan di tape delay sering diedit bawah untuk pertimbangan waktu, menyoroti bagian-bagian yang paling menarik dari event ini.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]