Spanyol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kerajaan Spanyol
Reino de España
Bendera Lambang
MottoPlus Ultra
(Latin: "Lagi ke hadapan")
Lagu kebangsaanMarcha Real
Royal March

Peta lokasi  Spanyol  (Hijau tua)

– di Eropa  (hijau & Abu-abu)
– di Uni Eropa  (hijau)  —  [Legenda]

Ibu kota
(dan kota terbesar)
Madrid
Bahasa resmi Spanyol (97%) 1
Pemerintahan Monarki parlementer
 -  Raja Juan Carlos I
 -  Perdana Menteri Mariano Rajoy
Persatuan
Luas
 -  Total 505,992 km2 (52)
 -  Perairan (%) 1,04%
Penduduk
 -  Perkiraan 2013 46.704.314 (27)
 -  Sensus 2011 46.815.946 
 -  Kepadatan 92/km2 (106)
PDB (KKB) Perkiraan 2013
 -  Total US$1,349 triliun (14)
 -  Per kapita US$30.128 (30)
Mata uang Euro (€)2 (EUR)
Zona waktu CET3 (UTC+1)
 -  Musim panas (DST) CEST (UTC+2)
Ranah Internet .es
Kode telepon 34
1 Dalam beberapa wilayah otonomi, bahasa Katalan, bahasa Basque, dan bahasa Galicia juga merupakan bahasa resmi; di Val d'Aran, dialek Aranais dari Occitan adalah bahasa resmi kedua.
2 Sebelum 1999: Peseta
3 Kecuali di Kepulauan Canary, yang berada dalam zona waktu GMT (UTC = +0, UTC = +1 pada musim panas).

Spanyol ( /ˈspn/; bahasa Spanyol: España [esˈpaɲa] ( simak)), resminya Kerajaan Spanyol (bahasa Spanyol: Reino de España) adalah sebuah negara di Eropa barat daya yang, bersama Portugal, terdapat di Semenanjung Iberia. Batas darat Spanyol dengan Eropa adalah Pegunungan Pirenia dengan Perancis dan Andorra. Wilayahnya juga terdiri dari kota Ceuta dan Melilla di Afrika Utara, Kepulauan Canary di Samudra Atlantik, dan berbagai pulau di Laut Tengah.

Wilayah Spanyol juga termasuk Kepulauan Balearic di Mediterania, Kepulauan Canary di Samudera Atlantik lepas pantai Afrika, dan dua kota otonom di Afrika Utara, Ceuta dan Melilla, yang berbatasan Maroko, ditambah Alboran, Kepulauan Chafarinas, Alhucemas, Vélez de la Gomera dan pulau kecil lainnya termasuk Perejil. Selain itu, kota Llívia adalah eksklave Spanyol terletak di dalam wilayah Prancis. Dengan luas 505.992 kilometer persegi (195.365 mil persegi), Spanyol adalah negara terbesar kedua di Eropa Barat dan Uni Eropa dan negara terbesar kelima di Eropa.

Manusia modern pertama kali tiba di Semenanjung Iberia sekitar 35.000 tahun yang lalu. Ini berada di bawah kekuasaan Romawi sekitar 200 SM, setelah wilayah itu bernama Hispania. Pada Abad Pertengahan itu ditaklukkan oleh suku-suku Jermanik dan kemudian oleh bangsa Moor ke selatan. Spanyol muncul sebagai negara bersatu di abad ke-15, menyusul pernikahan Monarki Katolik dan penyelesaian penaklukan selama berabad-abad, atau Reconquista, semenanjung dari Moor pada 1492. Spanyol menjadi imperium global berpengaruh pada periode modern awal, menjadi salah satu negara pertama yang menjajah Dunia Baru dan meninggalkan warisan lebih dari 500 juta penutur Spanyol hari ini, sehingga kedua yang paling diucapkan bahasa pertama di dunia.

Spanyol adalah negara demokrasi yang diselenggarakan dalam bentuk pemerintahan parlementer di bawah monarki konstitusional. Ia adalah negara maju dengan ekonomi terbesar ketiga belas di dunia dengan PDB nominal. Spanyol juga memiliki standar hidup yang tinggi dengan kualitas kehidupan kesepuluh tertinggi peringkat indeks di dunia pada 2005. Ini adalah anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa, NATO, OECD, dan WTO.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Asal-usul nama Romawi dari Hispania, dari mana nama modern España berasal, tidak pasti dan mungkin tidak diketahui karena bukti tidak memadai. Hispania mungkin berasal dari penggunaan puitis istilah Hesperia, mencerminkan persepsi Yunani dari Italia sebagai "tanah Barat" atau "tanah matahari terbenam" (Hesperia, Ἑσπερία dalam bahasa Yunani) dan Spanyol, yang masih lebih jauh ke barat, seperti Hesperia ultima .[1]

Ini juga mungkin derivasi dari Punisia I-Shpania (אי שפניא), yang berarti "pulau kelinci", "tanah kelinci" atau "ujung", sebuah referensi untuk lokasi Spanyol pada akhir Mediterania, koin Romawi melanda di wilayah dari pemerintahan Hadrian menunjukkan sosok perempuan dengan kelinci di kakinya. [2] Ada juga mengklaim bahwa Hispania berasal dari Basque kata Ezpanna berarti "ujung" atau "perbatasan", referensi lain untuk fakta bahwa semenanjung Iberia merupakan barat daya dari benua Eropa.[1]

Sarjana Renaisans Antonio de Nebrija mengusulkan bahwa kata Hispania berevolusi dari kata Hispalis Iberia, yang berarti "kota dunia barat". Jesús Luis Cunchillos berpendapat bahwa akar rentang jangka adalah mata-mata kata Phoenecian, yang berarti "untuk menempa logam". Oleh karena itu i-spn-ya berarti "tanah di mana logam yang dipalsukan". [3]

Geografi[sunting | sunting sumber]

Wilayah Spanyol dibatasi oleh Portugal di barat, serta Gibraltar dan Maroko di selatan. Spanyol berbatasan dengan Perancis dan Andorra di timur laut melalui Pegunungan Pirenia. Batas lautnya adalah Samudra Atlantik di barat dan Teluk Biscay di utara serta Laut Tengah di timur, di mana Spanyol memiliki wilayah Kepulauan Balearik. Di selatan, terdapat Selat Gibraltar. Kota-kota di Spanyol dengan jumlah penduduk terbanyak ialah Madrid, Barcelona, Valencia, Sevilla, dan Málaga.

Lansekap Spanyol didominasi oleh dataran tinggi dan pegunungan, seperti Pirenia dan Sierra Nevada. Dari tempat-tempat tersebut, mengalirlah berbagai sungai.

Iklim Spanyol terbagi menjadi empat bagian:

  • Mediterania
  • Daerah dalam
  • Pesisir utara
  • Canary

Pembagian administratif[sunting | sunting sumber]

Spanyol dibagi menjadi 50 provinsi, dikelompokkan dalam 17 wilayah otonomi dan 2 kota otonom yang mempunyai otonomi yang luas.

Wilayah otonomi[sunting | sunting sumber]

Spanyol terdiri dari 17 wilayah otonomi (comunidades autónomas) dan dua kota otonom (ciudades autónomas; Ceuta dan Melilla).

Provinsi[sunting | sunting sumber]

Wilayah otonomi Spanyol

Kerajaan Spanyol juga dibagi kepada 50 provinsi (provincias). Wilayah otonomi mengelompokkan beberapa provinsi (Extremadura, contohnya, terdiri dari dua provinsi: Cáceres dan Badajoz). Wilayah otonomi Asturias, Kepulauan Baleares, Cantabria, La Rioja, Navarre, Murcia, dan Madrid masing-masing terdiri dari satu provinsi. Secara tradisional, provinsi-provinsi tersebut dibagi lagi kepada wilayah bersejarah (comarcas).

Wilayah kedaulatan[sunting | sunting sumber]

Terdapat lima enklave (plazas de soberanía) di lepas pesisir Afrika: kota Ceuta dan Melilla diperintah sebagai kota-kota otonom, sebuah status yang berada di antara kota dan wilayah otonomi; kepulauan Islas Chafarinas, Peñón de Alhucemas, dan Peñón de Vélez de la Gomera berada di bawah pemerintahan langsung Spanyol.

Ceuta dan Melilla, meskipun bukan merupakan wilayah bersejarah secara resmi, juga mempunyai status istimewa.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Sekilas[sunting | sunting sumber]

Ekonomi kapitalis Spanyol berada pada posisi ke-14 terbesar di dunia dan ke-5 terbesar di Uni Eropa.

Pemerintahan terpusat dari mantan perdana menteri José María Aznar sukses dalam membuat negara ini meluncurkan mata uang bersama euro tahun 1999. Pengangguran berada pada angka 7,6% bulan Oktober 2006, tingkat yang rendah apabila dibandingkan dengan negara-negara tetangganya. Titik kelemahannya adalah inflasi tinggi,[4] ekonomi bawah tanah besar,[5] dan sistem pendidikan yang paling buruk diantara negara-negara maju, menurut laporan OECD.[6]

Sejak tahun 1990-an, beberapa perusahaan asal Spanyol memperoleh status multinasional. Mereka mengembangkan ke pasar Amerika Latin yang dekat secara kultur. Spanyol merupakan investor asing terbesar kedua di kawasan itu setelah Amerika Serikat. Di Asia, perusahaan-perusahaan Spanyol mencari pasar di Tiongkok dan India.[7] Perusahaan-perusahaan ini kompetitif untuk bersaing dengan perusahaan lain di Eropa. Selain itu, juga disebabkan karena meningkatnya ketertarikan terhadap budaya dan bahasa Spanyol.

Perusahaan Spanyol berinvestasi di banyak bidang, seperti komersialisasi energi terbaharui (Iberdrola adalah operator energi terbarui terbesar sedunia[8]), perusahaan teknologi seperti Telefónica, Abengoa, Mondragon Corporation, Movistar, Hisdesat, Indra, produsen kereta api seperti CAF, Talgo, perusahaan tekstil seperti Inditex, perusahaan minyak seperti Repsol, serta firma konstruksi transportasi seperti Ferrovial, Acciona, ACS, OHL dan FCC.[9]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Anthon, Charles (1850). A system of ancient and mediæval geography for the use of schools and colleges. New York: Harper & Brothers. hlm. 14. 
  2. ^ Burke, Ulick Ralph (2nd edition, 2008). A History of Spain from the Earliest Times to the Death of Ferdinand the Catholic, Volume 1. London: Longmans, Green & Co. hlm. 14. ISBN 978-1-4437-4054-8. 
  3. ^ # ↑ Linch, John (director), Fernández Castro, María Cruz (del segundo tomo), Historia de España, El País, volumen II, La península Ibérica en época prerromana, pg. 40. Dossier. La etimología de España; ¿tierra de conejos?, ISBN 978-84-9815-764-2
  4. ^ "Spain's Economy: Closing the Gap". OECD Observer. May 2005. Diakses 15 August 2008. 
  5. ^ "Going Underground: America's Shadow Economy". FrontPage magazine. January 2005. Diakses 15 August 2008. [pranala nonaktif]
  6. ^ "OECD report for 2006" (PDF). OECD. Diakses 9 August 2008. 
  7. ^ "A good bet?". The Economist. Business (Madrid). 30 April 2009. Diakses 14 May 2009. 
  8. ^ "Spain's Iberdrola signs investment accord with Gulf group Taqa". Forbes. 25 May 2008. [pranala nonaktif]
  9. ^ "Big in America?". The Economist. Business (Madrid). 8 April 2009. Diakses 14 May 2009. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]