Kepulauan Canaria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kepulauan Canaria
Canary Islands

Islas Canarias
—  Negara Bagian Federal  —
Gunung Teide (Tenerife), gunung tertinggi di Spanyol. Merupakan Taman Nasioanl yang paling dikunjungi di Spanyol, Eropa dan kedua di dunia.[1][2][3][4]
Bendera
Bendera
Lambang
Lambang
Lokasi Kepulauan Canaria
Negara  Spanyol
Ibukota
Escudo de armas de Santa Cruz de Tenerife.svg
Santa Cruz de Tenerife
and
Escudolaspalmasgc.png
Las Palmas de Gran Canaria[5]
Pemerintahan
 • Presiden Paulino Rivero (CC)
Luas(1.5% dari Spanyol; Peringkat ke-13)
 • Total 7.447 km2 (2,875 mil²)
Populasi (2009)[6]
 • Total 2.098.593
 • Kepadatan Bad rounding here280/km2 (Bad rounding here730/sq mi)
 • Pop. rank ke-8
 • Ethnic groups 85,7% Spanish. (Canarian
and Peninsulares). 14,3%
foreign nationals
ISO 3166-2 ES-CN
Anthem Hymn of the Canaries
Bahasa resmi Spanyol (resmi)
Inggris (sebagian)
Status Otonomi 16 Agustus 1982
Parlemen Cortes Generales
Kursi Kongres 15 (dari 350)
Kursi Senat 13 (dari 264)
Situs web Gobierno de Canarias

Kepulauan Canaria terdiri dari tujuh pulau vulkanik yang terletak di Samudra Atlantik, sebelah barat laut pesisir Afrika (Maroko dan Sahara Barat). Kepulauan ini termasuk dalam wilayah Spanyol dan merupakan salah satu komunitas otonomi negara itu. Kepulauan Canaria juga diklaim oleh Maroko.

Geografi alam[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah daftar ketujuh pulau beserta ibu kotanya dalam tanda kurung:

Pulau terdekat berjarak 108 km dari sebelah utara pesisir Afrika.

Kepulauan Canaria membentuk kawasan ekologi Macaronesia bersama dengan Azores, Tanjung Verde, Madeira dan Pulau Savage. Gunung berapi Teide di pulau Tenerife adalah gunung tertinggi di Spanyol. Menurut letak kepulauan berkenaan dengan angin pasat, cuacanya sejuk dan basah atau sangat kering. Beberapa spesies asli dilindungi, seperti pohon drago Dracaena draco dan hutan Laurisilva.

Kepulauan Canaria, dengan empat dari 13 taman nasional di Spanyol, mempunyai taman nasional yang terbanyak di antara komunitas otonomi lainnya:

Administratif[sunting | sunting sumber]

Komunitas Otonomi Kepulauan Canaria terdiri dari dua provinsi: Las Palmas dan Santa Cruz de Tenerife, yang ibu kotanya (Santa Cruz de Tenerife dan Las Palmas de Gran Canaria) merupakan ibu kota bersama komunitas otonomi ini. Setiap tujuh pulau utama Kepulauan Canaria dipimpin oleh sebuah majelis cabildo insular.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Peta Kepulauan Canaria

Kepulauan Canaria dipercayai melahirkan mitos Yunani Taman Hesperides.

Kepulauan ini dinamakan "Canaria" (dari bahasa Latin canis yang bermakna 'anjing') karena banyaknya anjing liar yang berkelana, pertama kali dilaporkan oleh sarjana Romawi Pliny. Burung kenari dinamakan berdasarkan kepulauan ini. Kepulauan yang dahulu kala dikuasai oleh petualang asal Norman dan Portugis ini akhirnya dikuasai oleh Kastilia pada akhir abad ke-15. Penduduk setempat (mungkin suku Berber) —dinamakan guanches— kemudian berkurang jumlah penduduknya hingga mereka punah atau berbaur dengan para pendatang. Nama burung kenari berasal dari sini.

Kepulauan Canaria pertama kali ditemukan oleh pelaut Yunani kuno dan Romawi, namun baru pada awal 1400-an manusia mulai ingin menjajah Canaria.

Pada 1402, penjelajah Perancis Jean de Bethencourt memimpin sebuah ekspedisi menuju Canaria. Mereka mendarat di sisi utara Lanzarote. Dari situ, beliau menguasai Fuerteventura dan Hierro. Bethencourt mendapat gelar Raja Kepulauan Canaria namun ia mengakui Raja Enrique III dari Kastilia, yang membantunya selama penguasaan, sebagai maharaja.

Bethencourt juga membangun sebuah pangkalan di pulau Gomera, tetapi dia membutuhkan beberapa tahun sebelum pulau itu benar-benar dikuasai. Penduduk Gomera, Gran Canaria, Tenerife, dan La Palma melawan para penjajah Spanyol selama hampir seabad.

Hingga 1495, Canaria telah jatuh ke tangan Spanyol. Kota Santa Cruz, di La Palma, menjadi titik perhentian bagi penjajah, pedagang dan pewarta Injil asal Spanyol yang akan menuju Dunia Baru.

Kepulauan Canaria menjadi kaya sehingga menarik minat pedagang dan petualang dari belahan Eropa. Berbagai istana dan gereja megah dibangun di La Palma selama masa kejayaan yang sibuk ini. Obyek wisata yang terkenal ialah Gereja El Salvador, salah satu contoh arsitektur terindah yang dibangun tahun 1500-an.

Pada 1977, 583 orang tewas akibat kecelakaan penerbangan dashyat yang dikenal dengan Bencana Tenerife.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Sumber ekonomi Canaria ialah dari sektor pariwisata dan pertanian tropis (pisang, tembakau) yang diekspor ke Eropa dan Amerika. 10 juta turis mengunjungi kepulauan ini setiap tahun. Para ahli ekologi prihatin sumber alam, terutama di pulau yang agak kering, terlalu dieksploitasi.

Dengan kombinasi pegunungan di Eropa yang tinggi dan langit yang cerah, puncak gunung Roque de los Muchachos (di pulau La Palma) cocok bagi teleskop untuk diletakkan di sana.

Kepulauan Canaria berada di luar kawasan bea cukai Uni Eropa, walaupun secara politik termasuk dalam UE. Barang-barang yang tunduk kepada bea cukai Spanyol, pajak dan PPN, seperti tembakau atau barang elektronik, harganya sangat murah di Canaria. Kepulauan ini tidak mempunyai kode internet khusus seperti layaknya wilayah Spanyol lainnya.

Zona waktu Kepulauan Canaria adalah GMT, kurang satu jam dari daratan Spanyol dan sama seperti waktu London.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]