Madagaskar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Republique de Madagascar
Repoblikan'i Madagasikara
Bendera
MottoTanindrazana, Fahafahana, Fandrosoana
(Malagasi: "Tanah Air, Kebebasan, Keadilan")
Lagu kebangsaanRy Tanindraza nay malala ô
Ibu kota
(dan kota terbesar)
Antananarivo
Bahasa resmi Malagasi, Perancis
Pemerintahan Republik
 -  Presiden Hery Rajaonarimampianina
 -  Perdana Menteri Omer Beriziky
Kemerdekaan
 -   - Dari Perancis
26 Juni 1960 
Luas
 -  Total 587,041 km2 (47)
 -  Perairan (%) 0,9%
Penduduk
 -  Perkiraan 2012 22.005.222 (53)
 -  Sensus 1993 ~ 12.238.914 
 -  Kepadatan 35,2/km2 (174)
PDB (KKB) Perkiraan 2011
 -  Total US$20.400 miliar 
 -  Per kapita US$933 
Mata uang Ariary (MGA)
Zona waktu (UTC+3)
 -  Musim panas (DST)  (UTC+3)
Ranah Internet .mg
Kode telepon 261
Madagascar

Republik Madagaskar, dalam bahasa Malagasy Repoblikan'i Madagasikara, adalah sebuah negara pulau di Samudra Hindia, lepas pesisir timur Afrika. Pulau Madagaskar adalah pulau terbesar keempat di dunia. Selain pulau utama, beberapa pulau kecil di sekitarnya juga menjadi klaim republik ini, yaitu Pulau Juan de Nova, Pulau Europa, Kepulauan Glorioso, Pulau Tromelin Island, dan Bassas da India. Walaupun secara geografis berdekatan dengan Afrika, sejarah geologi, biologi, dan demografi Madagaskar berbeda dengan wilayah daratan utama benua itu.

Untuk menyebut bahasa dan bangsanya dipakai nama "Malagasy".

Secara geologi, Madagaskar berada pada lempeng yang terpisah dari benua utama Afrika. Pertama kali terpisah dari anak benua India, pulau ini bergerak makin mendekati benua itu. Pulau ini adalah daratan tua, sama seperti Australia, sehingga tanahnya kahat bahan mineral akibat tidak adanya aktivitas vulkanik. Kebanyakan tanahnya berwarna merah, menunjukkan keadaan tanah yang telah melapuk.

Akibat isolasi ratusan juta tahun tersebut, flora dan fauna Madagaskar sangat khas dan banyak spesies endemik ditemukan di sana. Keadaan ini mirip dengan yang terjadi pada Pulau Sulawesi.

Manusia pertama yang menghuni Madagaskar berasal dari Nusantara, dan diperkirakan akibat hubungan dagang masyarakat Nusantara ke pantai timur Afrika pada awal-awal abad Masehi. Berdasarkan bukti leksikostatistika dan linguistika, bahasa Malagasi masih termasuk paling dekat dengan bahasa Maanyan, dan tergolong rumpun bahasa Austronesia. Etnis pribumi sendiri seperti Merina dan Betsileo adalah penutur bahasa Austronesia dengan fenotipe yang sering serupa dengan penduduk Indonesia dan Filipina. Seiring dengan peningkatan perdagangan, masyarakat dari pantai timur Afrika bermigrasi ke pulau ini. Penduduk Madagaskar sekarang adalah campuran dari kedua kelompok tersebut dengan berbagai derajat. Walaupun berbeda asal-usul, semua warga berbicara dengan bahasa yang sama, walaupun berbeda dialek.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Dalam Bahasa Malagasi, pulau Madagaskar disebut Madagasikara dan orang-orangnya disebut Malagasi. Sebutan pulau ini "Madagaskar" tidak berasal dari lokal melainkan dipopulerkan pada Abad Pertengahan oleh Orang Eropa.

Provinsi[sunting | sunting sumber]

Madagaskar terbagi menjadi 6 provinsi (faritany mizakatena) otonomi:

Pranala luar[sunting | sunting sumber]