Uni Eropa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Circle of 12 gold stars on a blue background.
MottoUnited in diversity[1][2][3]
LaguOde to Joy
An orthographic projection of the world, highlighting the European Union and its Member States (green).
Political centres Brussels
Luxembourg
Strasbourg
Bahasa resmi [4]
Anggota negara
Pemimpin
 -  Dewan Eropa Herman Van Rompuy
 -  Komisi Eropa José Manuel Barroso
 -  Parlemen Eropa Jerzy Buzek
 -  Dewan Uni Eropa Helle Thorning-Schmidt (Denmark)
Legislatif Legislatif Uni Eropa
 -  Majelis Tinggi Dewan Uni Eropa
 -  Majelis Rendah Parlemen Eropa
Pendirian
 -  Perjanjian Paris 23 Juli 1952 
 -  Perjanjian Roma 1 Januari 1958 
 -  Perjanjian Maastricht 1 November 1993 
 -  Perjanjian Lisbon 1 Desember 2009 
Luas
 -  Total 4.324.782 km2 
 -  Perairan (%) 3.08
Penduduk
 -  Perkiraan 2011 502,486,499 [5] 
 -  Kepadatan 116.2/km2 
PDB (KKB) Perkiraan 2010 (IMF)
 -  Total $15,203 trillion 
 -  Per kapita $30,455 
PDB (nominal) Perkiraan 2010 (IMF)
 -  Total $16,242 trillion 
 -  Per kapita $32,537 
Gini (2009) 30.7 (EU25)[6]
IPM (2010) 0.835 (very high
Mata uang
Zona waktu (UTC+0 to +2)
 -  Musim panas (DST)  (UTC+1 to +3[7])
Ranah Internet .eu[8]
Situs web resmi
europa.eu
Kode telepon See list

Uni Eropa (disingkat UE) adalah organisasi antar-pemerintahan dan supra-nasional, yang beranggotakan negara-negara Eropa. Sejak 1 Juli 2013 telah memiliki 28 negara anggota. Persatuan ini didirikan atas nama tersebut di bawah Perjanjian Uni Eropa (yang lebih dikenal dengan Perjanjian Maastricht) pada 1992. Namun, banyak aspek dari EU timbul sebelum tanggal tersebut melalui organisasi sebelumnya, kembali ke tahun 1950-an.

Organisasi internasional ini bekerja melalui gabungan sistem supranasional dan antarpemerintahan. Di beberapa bidang, keputusan-keputusan ditetapkan melalui musyawarah dan mufakat di antara negara-negara anggota, dan di bidang-bidang lainnya lembaga-lembaga organ yang bersifat supranasional menjalankan tanggung jawabnya tanpa perlu persetujuan anggota-anggotanya. Lembaga organ penting di dalam UE adalah Komisi Eropa, Dewan Uni Eropa, Dewan Eropa, Mahkamah Eropa, dan Bank Sentral Eropa. Di samping itu, terdapat pula Parlemen Eropa yang anggota-anggotanya dipilih langsung oleh warga negara anggota.

Pada tanggal 12 Oktober 2012, Uni Eropa ditetapkan sebagai penerima Penghargaan Perdamaian Nobel tahun 2012.

Anggota[sunting | sunting sumber]

Uni Eropa memiliki 28 negara anggota, yaitu

Negara Tanggal bergabung
Belanda sejak permulaan
Belgia
Italia
Jerman
Luksemburg
Perancis
Britania Raya 1 Januari 1973
Denmark
Irlandia
Yunani 1 Januari 1981
Portugal 1 Januari 1986
Spanyol
Austria 1 Januari 1995
Finlandia
Swedia
Republik Ceko 1 Mei 2004
Estonia
Hongaria
Latvia
Lituania
Malta
Polandia
Siprus
Slovenia
Slowakia
Bulgaria 1 Januari 2007
Rumania
Kroasia 1 Juli 2013

Parlemen Eropa berunding di Brusel, Belgia dan (beberapa kali setahun) di Strasbourg (Perancis).
Parlemen Eropa dipilih secara langsung oleh penduduknya.

Awal dan sejarah[sunting | sunting sumber]

Acara penandatanganan Perjanjian Roma, 1957

Percobaan untuk menyatukan negara Eropa telah dimulai sebelum terbentuknya negara-negara modern; mereka telah terjadi beberapa kali dalam sejarah Eropa. Tiga ribu tahun lalu, Eropa didominasi oleh bangsa Celt, dan kemudian ditaklukan dan diperintah Kekaisaran Roma yang berpusat di Mediterania. Awal penyatuan ini diciptakan dengan cara paksa. Kekaisaran Franks dari Charlemagne dan Kekaisaran Suci Roma menyatukan wilayah yang luas di bawah administrasi yang longgar selama beberapa ratus tahun. Belakangan pada 1800-an customs union di bawah Napoleon I Prancis dan penaklukan pada 1940-an oleh Nazi Jerman hanya terjadi sementara saja.

Dikarenakan koleksi bahasa Eropa dan budayanya, percobaan penyatuan ini biasanya melibatkan pendudukan dari negara yang tidak bersedia, menciptakan ketidakstabilan. Salah satu percobaan penyatuan secara damai melalui kerjasama dan persamaan anggota dibuat oleh pasifis Victor Hugo pada 1851. Setelah Perang Dunia I dan Perang Dunia II, keinginan untuk mendirikan Uni Eropa semakin meningkat, didorong oleh keinginan untuk membangun kembali Eropa dan menghilangkan kemungkinan perang lainnya. Oleh karena itu dibentuklah European Coal and Steel Community oleh Jerman, Perancis, Italia, dan negara-negara Benelux. Hal ini terjadi oleh Perjanjian Paris (1951), ditandatangani pada April 1951 dan dimulai pada Juli 1952.

Setelah itu terbentuk juga European Economic Community didirikan oleh Perjanjian Roma pada 1957 dan diimplementasikan pada 1 Januari 1958. Kemudian komunitas tersebut berubah menjadi Masyarakat Eropa yang merupakan 'pilar pertama' dari Uni Eropa. Uni Eropa telah ber-evolusi dari sebuah badan perdagangan menjadi sebuah kerja sama ekonomi dan politik.

Kebijakan utama[sunting | sunting sumber]

Peta negara-negara anggota UE (ISO 3166)

Dari pergantian namanya dari "Masyarakat Ekonomi Eropa" ke "Masyarakat Eropa" hingga ke "Uni Eropa" menandakan bahwa organisasi ini telah berubah dari sebuah kesatuan ekonomi menjadi sebuah kesatuan politik. Kecenderungan ini ditandai dengan meningkatnya jumlah kebijakan dalam UE.

Gambaran peningkatan pemusatan ini diimbangi oleh dua faktor.

Pertama, beberapa negara anggota memiliki beberapa tradisi domestik pemerintahan regional yang kuat. Hal ini menyebabkan peningkatan fokus tentang kebijakan regional dan wilayah Eropa. Sebuah Committee of the Regions didirikan sebagai bagian dari Perjanjian Maastricht.

Kedua, kebijakan UE mencakup sejumlah kerja sama yang berbeda.

Ketegangan antara UE dan kompetensi nasional (atau sub-nasional) bertahan lama dalam perkembangan Uni Eropa. (Lihat pula Antar-pemerintahanisme vs. Supra-nasionasisme (atas), Eroskeptisisme.)

Semua negara calon anggota harus memberlakukan undang-undang agar selaras dengan kerangka hukum Eropa bersama, yang dikenal sebagai Acquis Communautaire. (Lihat pula Perhimpunan Perdagangan Bebas Eropa (EFTA), Wilayah Ekonomi Eropa (EEA) and Langit Tunggal Eropa.) Lihat tabel negara yang ikut serta dalam sejumlah inisiatif.

Kebijakan eksternal[sunting | sunting sumber]

  • Suatu tarif eksternal bersama bea cukai, dan posisi yang sama dalam perundingan-perundingan perdagangan internasional.
  • Pendanaan untuk program-program di negara-negara calon anggota dan negara-negara Eropa Timur lainnya, serta bantuan ke banyak negara berkembang melalui program Phare and Tacis-nya.
  • Pembentukan sebuah pasar tunggal Masyarakat Energi Eropa melalui Perjanjian Komunitas Energi Eropa Tenggara

Kerjasama dan harmonisasi di wilayah-wilayah lain[sunting | sunting sumber]

Politik[sunting | sunting sumber]

Uni Eropa memiliki kompetensi yang didasarkan pada Perjanjian-perjanjian Uni Eropa dan prinsip subsidiaritas yang menyatakan bahwa aksi Uni Eropa hanya bisa diambil saat suatu tujuan tidak dapat diraih secara memadai oleh hanya sebuah negara anggota. Hukum yang dicanangkan oleh institusi Uni Eropa dikeluarkan dalam beberapa cara, secara umum hukum tersebut dapat diklasifikasikan ke dalam dua kelompok: hukum yang mulai berlaku tanpa kebutuhan untuk mengukur implementasi skala nasional, dan hukum yang berlaku dengan kebutuhan tersebut.

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Uni Eropa memiliki tujuh institusi: Parlemen Eropa, Dewan Uni Eropa, Komisi Eropa, Dewan Eropa, Bank Sentral Eropa, Mahkamah Eropa, dan Mahkamah Audit Eropa. Wewenang untuk meneliti dan mengamandemen legislasi dibagi antara Parlemen Eropa dan Dewan Uni Eropa, sementara tugas eksekutif ditangani oleh Komisi Eropa dan, secara terbatas, oleh Dewan Eropa (tidak boleh disamadengankan dengan Dewan Uni Eropa yang disebut terlebih dahulu). Kebijakan moneter eurozone diatur oleh Bank Sentral Eropa. Penafsiran dan penerapan hukum Uni Eropa dan perjanjian-perjanjian dipastikan oleh Mahkamah Eropa. Disamping itu, terdapat juga badan-badan tambahan yang bertugas untuk memberikan saran bagi Uni Eropa atau beroperasi dalam area yang spesifik.

Komisi Eropa[sunting | sunting sumber]

Komisi Eropa bertindak memegang fungsi eksekutif dan bertanggung jawab untuk memprakarsa legislasi dan kepemimpinan harian Uni Eropa. Komisi juga menjadi motor integrasi Eropa. Komisi bekerja sebagai kabinet pemerintahan, dengan 27 Komisaris yang bekerja dalam area kebijakan yang berbeda-beda, satu orang dari setiap negara anggota, namun Komisaris terikat pada komitmen untuk mewakili kepentingan Uni Eropa sebagai keselurahan, bukan kepentingan negara masing-masing.

Salah satu dari 27 anggota kabinet menjabat sebagai Presiden Komisi (saat ini José Manuel Durão Barroso), ditunjuk oleh Dewan Eropa. Dua puluh enam Komisaris lainnya kemudian ditunjuk oleh Dewan Uni Eropa dengan persutujuan presiden yang dinominasikan. Setelah itu. Parlemen Eropa menyelenggarakan pemilihan untuk persetujuan atas ke-27 Komisaris sebagai satu badan. Setelah Presiden Komisi, Komisaris yang paling menonjol adalah Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Kebijakan Luar Negeri dan Keamanan, ex officio Wakil Presiden Komisi.

Dewan Eropa[sunting | sunting sumber]

Dewan Eropa memberikan pengarahan kepada Uni Eropa, dan mengadakan sidang sedikitnya empat kali setahun. Dewan Eropa terdiri dari Presiden Dewan Eropa, Presiden Komisi Eropa dan satu wakil per negara anggota; baik kepala negara atau kepala pemerintahan. Dewan Eropa digambarkan oleh beberapa pihak sebagai "otoritas politik tertinggi" Uni Eropa. Dewan Eropa aktif terlibat dalam negosiasi perubahan perjanjian dan mendefinisikan agenda dan strategi kebijakan Uni Eropa.

Dewan Eropa menggunakan peran kepemimpinannya untuk menyelesaikan perselisihan antara negara-negara anggota dan institusi-institusi Uni Eropa, serta untuk menyelesaikan krisis politik dan perbedaan pendapat atas masalah dan kebijakan kontroversial. Secara eksternal, Dewan Eropa berfungsi sebagai "Kepala Negara kolektif" dan meratifikasi dokumen penting (misalnya perjanjian dan persetujuan internasional).

Pada tanggal 19 November 2009, Herman Van Rompuy terpilih sebagai Presiden permanen pertama Dewan Eropa. Pada tanggal 1 Desember 2009, Perjanjian Lisboa diberlakukan dan Van Rompuy mulai menjabat. Memastikan representasi eksternal Uni Eropa, menggerakan konsensus dan menyelesaikan perbedaan antar anggota merupakan tugas Presiden, baik selama konvokasi Dewan Eropa dan pada periode waktu antara dua konvokasi. Dewan Eropa (European Council) merupakan institusi yang berbeda dengan Majelis Eropa (Council of Europe), organisasi internasional yang lepas dari Uni Eropa.

Parlemen[sunting | sunting sumber]

Parlemen Eropa membentuk setengah badan legislatif Uni Eropa (setengah lainnya adalah Dewan Uni Eropa, lihat di bawah). Sebanyak 736 (akan segera menjadi 751) Anggota Parlemen Eropa (Inggris: MEP) secara langsung dipilih oleh warga negara Uni Eropa setiap lima tahun berdasarkan perwakilan proporsional suara yang dikumpulkan oleh masing-masing partai politik. Meskipun Parlemen Eropa dipilih secara nasional, para anggota duduk menurut fraksi politik, dan bukan berdasarkan kewarganegaraan mereka. Setiap negara memiliki sejumlah jatah kursi yang kemudian dibagi menjadi konstituen sub-nasional dimana hal ini tidak mempengaruhi sifat proporsional dari sistem suara.

Parlemen Eropa dan Dewan Uni Eropa meluluskan undang-undang secara bersama-sama di hampir semua wilayah di bawah prosedur legislatif biasa. Hal ini juga berlaku untuk masalah anggaran Uni Eropa. Pada akhirnya, Komisi bertanggung jawab kepada Parlemen, memerlukan persetujuan Parlemen untuk menjabat, dan harus melaporkan kembali kepada Parlemen serta tunduk pada kritik atau pertidakserujuan dari Parlemen. Presiden Parlemen Eropa melaksanakan peran pembicara (speaker) dalam parlemen dan mewakili Parlemen secara eksternal. Presiden PE dan Wakil Presiden dipilih oleh Parlemen Eropa setiap dua setengah tahun.

Pengadilan Eropa[sunting | sunting sumber]

Dewan Uni Eropa[sunting | sunting sumber]

Dewan Uni Eropa, atau yang seringkali disebut sebagai Dewan, dan terkadang sebagai Dewan Menteri, membentuk setengah bagian lain dari lembaga legislatif UE, mendampingi Parlemen. Dewan terdiri dari seorang menteri dari setiap negara anggota. Komposisi Dewan dapat berubah-ubah dan bergantung pada bidang kebijakan yang ditangani. Meskipun komposisi yang berbeda, Dewan tetap dianggap sebagai satu tubuh. Selain fungsi legislasi, Dewan juga melakukan fungsi eksekutif dalam Kebijakan Bersama Luar Negeri dan Keamanan.

Anggaran[sunting | sunting sumber]

Keduapuluh tujuh negara anggota Uni Eropa memiliki anggaran yang disepakati sebesar € 120,7 milyar untuk tahun 2007 dan € 864,3 milyar untuk periode 2007-2013. Anggaran tersebut merupakan 1,10% dan 1,05% dari perkiraan PDB negara-negara anggota Uni Eropa untuk periode masing-masing. Sebagai perbandingan, pengeluaran Inggris untuk tahun 2004 diperkirakan akan € 759 milyar, dan Perancis diperkirakan telah menghabiskan € 801 milyar. Pada tahun 1960, anggaran dari Komunitas Ekonomi Eropa adalah sebesar 0,03% dari PDB.

Dalam anggaran 2010 sebesar € 141,5 miliar, item pengeluaran terbesar adalah kohesi & daya saing, yaitu sekitar 45% dari total anggaran, disusul oleh pertanian dengan sekitar 31% dari total anggaran. Pembangunan pedesaan, lingkungan, dan perikanan memakan sekitar 11% anggaran, administrasi sekitar 6%, Uni Eropa sebagai mitra global dan kewarganegaraan, kebebasan, keamanan dan keadilan menjadi juru kunci, dengan hanya sekitar 6% dan 1% dari seluruh anggaran Uni Eropa dipergunakan untung masing-masing ihwal.

Lembaga kelima Uni Eropa, Mahkamah Audit Eropa memastikan bahwa anggaran Uni Eropa dipertanggungjawabkan dengan benar. Mahkamah menyediakan laporan audit untuk setiap tahun buku kepada Dewan dan Parlemen. Parlemen menggunakan laporan audit untuk memutuskan antara menyetujui atau menolak penanganan anggaran Komisi. Mahkamah juga memberikan pendapat dan usulan undang-undang keuangan dan tindakan anti-penipuan.

Pengadilan Auditor secara hukum berkewajiban memberikan Parlemen Eropa dan Dewan Eropa "pernyataan keyakinan atas keandalan rekening dan legalitas serta keteraturan transaksi yang mendasarinya". Mahkamah belum pernah memberikan persetujuan absolut terhadap rekening UE sejak tahun 1993.

Gambaran kedudukan Eropa[sunting | sunting sumber]

Legislatif Eksekutif Yudikatif
Dewan Eropa Komisi Eropa Pengadilan Eropa
Dewan Uni Eropa Parlemen Eropa

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Penduduk dan PDB per kapita negara-negara anggota dan kandidat Uni Eropa

Bila dianggap sebaga satu kesatuan, Uni Eropa memiliki ekonomi terbesar di dunia dengan GDP 2004 11.723.816 PPP. Ekonomi UE diharapkan tumbuh lebih jauh dalam dekade berikutnya sejalan dengan lebih banyak negara bergabung dalam persatuan ini - dan terlebih lagi negara-negara baru ini biasanya lebih miskin dari rata-rata UE, dan oleh karena itu diharapkan pertumbuhan GDP yang cepat akan membantu dinamika Uni Eropa. Meskipun begitu UE hanya akan tumbuh sekitar 0,3% pada kuarter 2 2005 1, sedangkan negara industri lainnya seperti Amerika Serikat diperkirakan akan tumbuh sekitar 3,2%.

Standar hidup[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah sebuah tabel dan tiga graf menunjukkan GDP (PPP) per kapita dan GDP nominal per kapita untuk Uni Eropa dan anggotanya. Data ini untuk perkiraan tahun 2005 dan grafnya dari tahun 2004.

GDP (PPP) per kapita 2004 menunjukkan negara-negara di atas dan bawah rata-rata UE
GDP (PPP), 2004
GDP (PPP) per kapita, 2004
Negara
anggota
PDB (PPP)
juta
dolar int.
PDB (PPP)
per kapita
dolar int.
PDB (nominal)
per kapita
dolar int.
Uni Eropa 12.329.110 26.900 29.203
 Luksemburg 30.674 66.821 73.147
 Irlandia 164.190 40.003 48.753
 Denmark 187.721 34.718 46.691
 Austria 267.053 32.802 37.688
 Belgia 324.299 31.159 35.068
 Finlandia 161.099 30.818 36.522
 Belanda 498.703 30.574 38.180
 Britania Raya 1.825.837 30.227 36.429
 Jerman 2.498.471 30.150 33.785
 Swedia 267.427 29.537 39.101
 Italia 1.694.706 29.218 29.635
 Perancis 1.811.561 29.019 33.855
 Spanyol 1.026.340 24.803 27.175
 Slovenia 43.260 21.695 18.527
 Yunani 236.311 21.529 20.006
 Siprus 16.745 20.669 20.866
 Malta 7.909 20.015 13.742
 Ceko 198.976 19.488 11.929
 Portugal 203.947 19.388 16.525
 Hongaria 162.289 16.627 11.059
 Estonia 22.239 16.461 9.424
 Slowakia 87.129 16.110 8.549
 Lituania 49.106 14.338 7.268
 Polandia 512.890 13.440 7.487
 Latvia 30.227 13.059 6.793
 Bulgaria 71,381 9,205 3.328
 Rumania 183,162 8,258 3.603
 Kroasia 55.638 12.364 8.416
Negara
Kandidat
GDP (PPP)
juta
dolar int.
GDP (PPP)
per kapita
dolar int.
GDP (nominal)
per kapita
dolar int.
 Turki 570.748 7.958 4.925

Sumber: CIA World Factbook [2]
All other figures, source: IMF web site (2005 GDP PPP, 2005 per capita GDP PPP, 2005 per capita GDP, current prices).

Perbandingan dengan blok-blok/negara-negara lain[sunting | sunting sumber]

Blok Luas
km²
Penduduk GDP (PPP)
juta $US
GDP (PPP)
per kapita

$US
Negara
anggota
Uni Eropa 4,422,773 456.285.839 11.064.752 24.249 25
ASEAN 4.400.000 553.900.000 2.172.000 4.044 10
CSN 17.715.335 366.669.975 2.635.349 7.187 12
NAFTA 21.588.638 430.495.039 12.889.900 29.942 3
AU 29.797.500 850.000.000 1.515.000 1.896 53
Negara
besar
Pembagian
politik
India 3.287.590 1.102.600.000 3.433.000 3.100 35
Republik Rakyat Tiongkok 9.596.960 1.306.847.624 7.249.000 5.200 33
AS1 9.631.418 296.900.571 11.190.000 39.100 50
Kanada1 9.984.670 32.507.874 958.700 29.800 13
Rusia 17.075.200 143.782.338 1.282.000 8.900 89

Pada tahun 2003. Warna cyan untuk angka terbesar, hijau untuk yang terkecil.
Sumber: CIA World Factbook 2004, IMF
1 Anggota NAFTA

Nama Uni Eropa dalam bahasa-bahasa Eropa[sunting | sunting sumber]

Berikut merupakan nama "Uni Eropa" dalam 24 bahasa resmi yang digunakan di Uni Eropa.[9]

  1. Evropská unie (Bahasa Ceko)
  2. Unión Europea (Bahasa Spanyol)
  3. Europæiske Union (Bahasa Denmark)
  4. Europäische Union (Bahasa Jerman)
  5. Euroopa Liit (Bahasa Esti)
  6. An tAontas Eorpach (Bahasa Irlandia)
  7. Ευρωπαϊκή Ένωση (Bahasa Yunani)
  8. European Union (Bahasa Inggris)
  9. Union Européenne (Bahasa Perancis)
  10. Európai Unió (Bahasa Hongaria)
  11. Unione Europea (Bahasa Italia)
  12. Eiropas Savienība (Bahasa Latvi)
  13. Europos Sąjunga (Bahasa Lituavi)
  14. L-Unjoni Ewropea (Bahasa Malta)
  15. Europese Unie (Bahasa Belanda)
  16. Unia Europejska (Bahasa Polski)
  17. União Europeia (Bahasa Portugis)
  18. Euroopan unioni (Bahasa Finlandia)
  19. Evropska unija (Bahasa Slovenia)
  20. Európska únia (Bahasa Slowakia)
  21. Europeiska Unionen (Bahasa Swedia)
  22. Uniunea Europeană (Bahasa Romania)
  23. Европейски съюз (Bahasa Bulgaria)
  24. Europska unija (Bahasa Kroasia)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Barnard, Catherine (August 2007). The Substantive Law of the EU: The four freedoms (ed. 2). Oxford University Press. hlm. 447. ISBN 9780199290352. 
  2. ^ a b "United in diversity". Europa (web portal). European Commission. Diakses 20 January 2010. "'United in diversity' is the motto of the European Union. The motto means that, via the EU, Europeans are united in working together for peace and prosperity, and that the many different cultures, traditions and languages in Europe are a positive asset for the continent." 
  3. ^ "European Parliament: The Legislative Observatory". Europa (web portal). European Commission. Diakses 20 January 2010. "the motto 'United in diversity' shall be reproduced on Parliament's official documents;" 
  4. ^ The New Oxford American Dictionary, Second Edn., Erin McKean (editor), 2051 pages, May 2005, Oxford University Press, ISBN 0-19-517077-6.
  5. ^ "Total population as of 1 January". Eurostat. Diakses 23 October 2010. 
  6. ^ European Foundation for the Improvement of Living and Working Conditions [1]
  7. ^ Not including overseas territories
  8. ^ .eu is representative of the whole of the EU, member states also have their own TLDs
  9. ^ http://ec.europa.eu/education/languages/languages-of-europe/doc135_en.htm

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]