Proyek Gutenberg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Project Gutenberg)
Proyek Gutenberg
Didirikan12 Januari 1971 (1971-01-12)
(Dokumen pertama diposting)[1]
Collection
UkuranLebih dari 42.000 dokumen
Situs webgutenberg.org

Proyek Gutenberg, sering disingkat PG, adalah suatu upaya sukarela untuk melakukan digitalisasi, pengarsipan, dan distribusi karya-karya budaya agar dapat mendorong pembuatan dan pendistribusian ebooks atau Buku elektronik.[2] Didirikan pada 1971 oleh Michael S. Hart dan merupakan perpustakaan digital tertua. Sebagian besar koleksinya adalah naskah lengkap buku-buku domain umum. Proyek ini berupaya menyediakan semua koleksinya sebebas mungkin, dalam format yang tahan lama dan terbuka serta dapat digunakan di hampir semua komputer. Pada bulan Maret 2013, Proyek Gutenberg menyatakan bahwa mereka memiliki 42.000 judul buku dalam koleksi mereka.

Koleksi buku yang mereka distribusikan terhadap publik tersedia dalam bentuk Berkas naskah, tetapi juga tersedia dalam bentuk lain seperti HTML, PDF, EPUB, MOBI, dan Plucker. Koleksi yang mereka keluarkan bukan hanya dalam bahasa Inggris, tetapi juga dalam beberapa bahasa lainnya. Terdapat beberapa proyek yang berafiliasi dengan dengan Proyek Gutenberg. Kegiatan yang dilakukan oleh proyek-proyek ini adalah menyediakan bahan (buku) tambahan, termasuk di antaranya karya yang berasal dari daerah atau menggunakan bahasa tertentu. Proyek Gutenberg juga memiliki afiliasi dengan Distributed Proofreaders, sebuah komunitas Internet yang mengkoreksi hasil pemindaian dari sebuah buku.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hart, Michael S. "United States Declaration of Independence by United States". Project Gutenberg. Diakses tanggal 17 Februari 2007. 
  2. ^ Hart, Michael S. (23 October 2004). "Gutenberg Mission Statement by Michael Hart". Project Gutenberg. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-11-02. Diakses tanggal 15 August 2007. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]