Deklarasi Schuman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Robert Schuman menyampaikan pidatonya pada tahun 1950

Deklarasi Schuman adalah sebuah proposal pemerintah oleh Menteri Luar Negeri Perancis Robert Schuman untuk meletakkan industri batubara dan besi di Perancis dan Jerman Barat dibawah suatu Otoritas Tinggi. Realisasi proposal ini membawa pada pembentukan Komunitas Batubara dan Besi Eropa (ECSC), asal mula Uni Eropa (UE). Pembentukan in dirayakan setiap tahun oleh UE sebagai Hari Eropa dan Schuman sendiri dianggap sebagai salah seorang Pendiri Uni Eropa.

Tujuan dan perencanaan[sunting | sunting sumber]

The Quai d'Orsay, tempat Kementerian Luar Negeri Perancis dimana pidato disampaikan

Deklarasi ini pertama dicanangkan Paul Reuter, sahabat Schuman dan pengacara di kementerian luar negeri dan disunting oleh Jean Monnet dan lainnya termasuk chef de Cabinet Schuman, Bernard Clappier. Kemudian menjadi kebijakan pemerintah Perancis setelah dua diskusi Kabinet disetujui pada 9 Mei 1950.

Tujuan deklarasi ini diperuntukkan pada negara Perancis, Italia, Jerman Barat, dan Beneluks untuk berbagi sumber daya strategis yang bertujuan untuk 'menjadikan perang tidak hanya tak terpikirkan tapi secara material tidak mungkin' dan membuat perdamaian di Eropa. Inisiatif ini terlaksana pada 18 April 1951, yaitu pembentukan Komunitas Batubara dan Besi Eropa (ECSC), pertama dari Komunitas Eropa dan pendahulu Uni Eropa.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  • Schuman, Robert. Pour l'Europe. Paris 1963
  • Judt, Tony. Große Illusion Europa. München: Hanser, 1994.
  • McDougall, Walter. "Political Economy versus National Sovereignty: French Structures for German Economic Integration after Versailles." The Journal of Modern History 51, no. 1. (Mar., 1979): 4-23.
  • Shore, Cris. "Inventing the 'People's Europe': Critical Approaches to European Community 'Cultural Policy.'" Man 28, no. 4. (Dec., 1993): 779-800.
  • Shore, Cris and Annabel Black. "The European Communities and the Construction of Europe." Anthropology Today 8, no. 3. (Jun., 1992): 10-11.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]