European Space Agency

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Badan Antariksa Eropa (Bahasa Inggris: European Space Agency disingkat ESA), adalah organisasi antar pemerintahan yang didedikasikan untuk eksplorasi luar angkasa, didirikan pada 1975, saat ini beranggotakan 18 negara. Berkantor pusat di Paris, ESA memiliki sebuah dewan dengan hampir 2.000 anggota, dan budget tahunan sekitar €3,6 miliar pada 2009.

Pelabuhan angkasa utama ESA adalah Pusat Antariksa Guyana di Kourou, sebuah tempat yang dimungkinkan oleh Perancis. Tempat tersebut dekat dengan khatulistiwa, sehingga orbit-orbit komersial penting mudah untuk diakses. ESA menjadi pemimpin pasar peluncuran antariksa komersial pada dekade 90-an. Tahun-tahun belakangan ini, ESA juga mebangun dirinya sebagai pemain besar dalam eksplorasi luar angkasa.

Misi-misi ilmiah ESA dipusatkan pada ESTEC di Noordwijk, Belanda, misi pengamatan Bumi pada ESRIN di Frascati, Italia, kontrol misi pada European Space Operations Centre (ESOC) di Darmstadt, Jerman, dan European Astronaut Centre (EAC), yang melatih astronot untuk misi-misi mendatang berlokasi di Cologne, Jerman.