Lituania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Republik Lithuania

Lietuvos Respublika (Lithuania)
Bendera Lithuania
Bendera
{{{coat_alt}}}
Lambang
SemboyanTautos jėga vienybėje!
("Kekuatan bangsa dalam persatuan!")
Lagu kebangsaan
Tautiška giesmė Lietuvos
("Himne Nasional Lithuania")
Lokasi  Lituania  (hijau gelap)

– di Eropa  (hijau & abu-abu)
– di Uni Eropa  (hijau)

Lokasi Lithuania
Ibu kota
Vilnius
54°41′N 25°19′E / 54.683°N 25.317°E / 54.683; 25.317
Bahasa resmiLithuania
Kelompok etnik
(sensus 2011[1])
DemonimLithuanian
PemerintahanKesatuan semi-presidensial republik konstitusional
• Presiden
Gitanas Nausėda
Ingrida Šimonytė
LegislatifSeimas
Pembentukan
• Penyebutan "Lithuania" untuk pertama kali
9 Maret 1009
1236
• Penobatan Raja Mindaugas
6 Juli 1253
2 Februari 1386
1 Juli 1569
24 Oktober 1795
16 Februari 1918
15 Juni 1940
22 Juni 1941
Juli 1944
11 Maret 1990
• Bergabung dengan PBB
17 September 1991
• Konstitusi saat ini
25 Oktober 1992
• Bergabung dengan NATO
29 Maret 2004
• Bergabung dengan Uni Eropa
1 Mei 2004
Luas
 - Total
65.300 km2 (ke-121)
 - Perairan (%)
1,35
Populasi
 - Perkiraan 2022
Kenaikan 2.835.988[2] (137)
43/km2 (138)
PDB (KKB)2022
 - Total
Kenaikan $129 miliar[3] (87)
Kenaikan $46.479[3] (37)
PDB (nominal)2022
 - Total
Kenaikan $69 miliar[3] (81)
Kenaikan $25.015[4] (52)
Gini (2020)Steady 35,1[5]
sedang
IPM (2019)Kenaikan 0,882[6]
sangat tinggi · ke-35
Mata uangEuro (€)
(EUR)
Zona waktuEET
(UTC+2)
 - Musim panas (DST)
UTC+3 (EEST)
Format tanggaltttt-bb-hh
Lajur kemudikanan
Kode telepon+370
Ranah Internet.lt¹
Situs web resmi
www.lietuva.lt
  1. Juga .eu, berbagi dengan negara-negara anggota Uni Eropa lainnya.
Sunting kotak info
Sunting kotak info • Lihat • Bicara
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Lithuania, dengan nama resmi Republik Lithuania (bahasa Lithuania: Lietuvos Respublika, Lietuva) adalah sebuah negara di Eropa Utara. Lithuania merupakan salah satu dari tiga negara Baltik yang dekat dengan Laut Baltik. Negara ini berbatasan dengan Latvia di sebelah utara, Belarus di tenggara, Polandia di selatan, dan Oblast Kaliningrad milik Rusia di barat daya dan berbatasan dengan Laut Baltik dengan Swedia.

Sejak 2004, Lithuania merupakan salah satu negara Uni Eropa yang memasuki kawasan Schengen, yang tidak memiliki kontrol perbatasan. Sejak 2015 negara milik kawasan euro. Lithuania adalah ekonomi maju dengan pendapatan tinggi, setelah mencapai standar hidup yang tinggi, tingkat kebebasan sipil Lithuania, kebebasan media, kebebasan internet dan demokrasi sangat dihargai. Lithuania adalah anggota Uni Eropa (sejak 2004), Dewan Eropa, NATO dan OECD.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Penduduk pertama pindah ke wilayah sekarang Lituania setelah zaman es terakhir 11-13 ribu tahun yang lalu. Penduduk Paleolitik termasuk dalam kelompok budaya Svidras dan Baltik Madlen. Penduduk Mesolitikum termasuk dalam budaya Nemunas dan Kunda. Penduduk pertama adalah perantau, tidak membuat pemukiman permanen. VIII ribu pr. m. e. iklim memanas, hutan meluas. Penduduk mulai jarang berkeliaran, terlibat dalam perburuan lokal, memancing, mengumpulkan. Pertanian mencapai wilayah Lituania saat ini di seribu ketiga. pr. m. e. Di wilayah Neolitik, budaya Pomeranian yang termasuk dalam kelompok budaya gerabah tali yang dianggap Baltik menyebar. Pada abad-abad pertama era kita, persatuan suku Baltik, termasuk Samogit dan Lithuania, sudah dibedakan.

Suku-suku Baltik tidak mempertahankan kontak budaya atau politik yang erat dengan Kekaisaran Romawi [13], tetapi berdagang dengan Roma (lihat Jalan Amber). Sekitar 97 m.e.m. Dalam karyanya "Jerman", Tacitus menggambarkan Aistian (Aesti), yang tinggal di pantai tenggara Laut Baltik dan biasanya berhubungan dengan orang kulit putih barat. Orang kulit putih Barat dibedakan menjadi suku-suku lebih awal dari yang lain, dan pengetahuan tentang mereka mencapai penulis sejarah negara lain paling awal. Claudius Ptolemy II c. sudah mengenal Galindia dan Jotvingian, dan kronik awal abad pertengahan menyebutkan Prusia, Curon, dan Semigallian.

Nama Lithuania pertama kali disebutkan dalam Quedlinburg Annals ketika menggambarkan kematian Uskup Bruno Brverfurt di perbatasan Prusia-Lituania pada tanggal 14 Februari atau 9 Maret 1009. X - XI a. Kronik Rusia menyebut Lituania sebagai salah satu negeri yang memberikan penghormatan kepada Rusia di Kiev, kronik menyebutkan pawai militer Yaroslav the Wise ke Lituania. Dari abad ke-12. Di pertengahan abad ke-19, orang Lituania mulai menyerang tanah Rusia. 1183 Tanah Polotsk dan Pskov yang hancur, bahkan hingga Republik Novgorod yang perkasa pada abad ke-12. Pada akhir abad ke-19, pasukan Lituania berulang kali diancam. Ketika kekayaan yang dibawa dari pawai penjarahan dan para tahanan menjadi properti yang lebih terdiferensiasi, para pangeran yang bertanggung jawab atas tentara pecah dan mulai mengkonsolidasikan kekuasaan di tangan mereka. Penyatuan kadipaten yang dibuat oleh beberapa suku kulit putih yang berbeda di Lituania menjadi satu negara konfederasi atau federal Lituania mungkin dimulai pada abad ke-10, tetapi menurut konsep historiografis yang berlaku, proses pembentukan negara hanya berakhir pada abad ke-13. Pada kuartal kedua, ketika Grand Duchy of Lithuania didirikan atas dasar hipotetis tanah Lituania atau Kadipaten Lithuania.

13 c. Mindaugas menjadi penguasa pertama negara bagian Lituania pada tahun 1930-an, dan ia dibaptis pada tahun 1253. dimahkotai sebagai raja pada bulan Juli. Dia kemudian meninggalkan baptisan, dan pada 1263. terbunuh. Pagan Lithuania menjadi sasaran pawai konstan oleh Teuton dan Ordo Livonia. Meskipun perjuangan yang sulit dan terus-menerus dengan Ordo, Grand Duchy of Lithuania berkembang pesat dengan aksesi Kadipaten Rusia. 13 c. Dinasti Gediminas dibentuk pada akhir abad ke-19 (penguasa dinasti pertama yang terkenal adalah Vytenis dan Gediminas).

Pangeran Gediminas secara signifikan memperluas wilayah Lituania ke timur dengan cara diplomatik (kebanyakan dengan menikahi putri-putrinya). Putranya, Algirdas, melanjutkan perkembangannya melalui sarana militer, yang juga disumbangkan oleh saudaranya Kęstutis. 1362 Algirdas meraih kemenangan penting melawan Gerombolan Emas dalam Pertempuran Perairan Biru dan menempatkan dirinya di Rusia selatan - Kiev, Podolsk, dan Dykra yang berpenduduk jarang. Setelah menduduki Kiev, Grand Duchy of Lithuania menjadi tetangga langsung dan saingan Grand Duchy of Moscow.

14 c. Pada akhir abad ke-19, Lituania mencapai perluasan teritorial terbesar - di selatan perbatasannya bahkan mencapai Laut Hitam, negara mencakup wilayah yang sekarang Lituania, Belarusia, bagian dari Ukraina, Rusia, dan Polandia. Pada saat yang sama sejak abad ke-13. Negara Lituania terus-menerus berperang dengan Ordo Jerman. Situasi geopolitik antara Timur dan Barat menentukan bahwa Grand Duchy of Lithuania adalah negara multikultural dan multi-pengakuan. Elit yang berkuasa mengikuti toleransi beragama, dengan bahasa klerikal Latin dan Slavia kuno digunakan dalam dokumen resmi.

1385 Adipati Agung Lituania Jogaila menikah dengan Jadvyga, pewaris takhta Polandia, dan pada tahun 1386 dimahkotai sebagai Raja Polandia. Inilah bagaimana persatuan pribadi Lituania dan Polandia dibentuk. Menurut Krėva Act, Jogaila berjanji untuk membaptis Lituania pada tahun 1387. Sesampainya di Lituania, ia sendiri ikut serta dalam kampanye pembaptisan, dan keuskupan Vilnius didirikan.

Setelah dua perang saudara pada tahun 1392. Grand Duke Vytautas memantapkan dirinya di Lituania. Di bawah Vytautas, Lituania mencapai perluasan wilayah terbesar, negara mulai tersentralisasi, dan para bangsawan terlibat dalam kebijakan negara. 1399 Kekuatan Vytautas dan Hanoi Khan Tochtamys dikalahkan oleh pasukan Golden Horde di tepi Sungai Vorskla. Kekalahan ini mengakibatkan Vytautas gagal memperoleh status independen sepenuhnya. 1410 Selama pawai militer gabungan Lituania-Polandia, Ordo Teutonik dikalahkan di Pertempuran Grunwald. Kemenangan ini akhirnya mengarah pada penghapusan ancaman Ordo Teutonik yang berusia berabad-abad.

1429 Pada bulan Januari, di Kongres Lutsk, dengan dukungan Kaisar Kekaisaran Romawi Suci Zigmantas, Vytautas menerima gelar raja, di musim gugur dihentikan oleh bangsawan Polandia. Mahkota lain dikirim, tetapi tanpa menerima penobatan, Vytautas meninggal dan dimakamkan di Katedral Vilnius.

Adipati Agung Lituania Kazimieras, yang juga terpilih sebagai Raja Polandia, memperluas pengaruh orang Jagiellonia di Eropa. Prusia menjadi pengikut Polandia, dan putra Casimir menduduki takhta Ceko dan Hungaria. 1492-1526 Di Eropa Tengah, ada sistem negara-negara Jagiellonian, yang meliputi Polandia (dengan pengikut Prusia dan Moldova), Lituania, Republik Ceko, dan Hungaria.

Republik Dua Bangsa

Jagiellonia tidak menyatukan Lituania dan Polandia menjadi satu negara - hubungan antara negara-negara ini pada abad ke-15. - abad ke 16 Pada awal abad ke-19, Lituania sering kali tidak berubah - Lituania sering kali memiliki penguasa terpisah dari dinasti Gediminas, yang dipilih secara terpisah dari Polandia. XV a. Pada akhir abad ke-19, Grand Duchy of Moscow menguat di sekitar Grand Duchy of Lithuania, yang mulai menguasai semua tanah Rusia. Sepanjang abad ke-15. konflik busuk dengan Moskow pada abad ke-15. berubah menjadi perang pada akhir abad ke-19. [27] Perang selama puluhan tahun telah menguras negara, berdampak buruk pada keuangannya, dan negara telah kehilangan sebagian besar wilayahnya. Tentara Lithuania juga berhasil meraih kemenangan yang signifikan. 1514 8 September Dalam Pertempuran Orsha, 30.000 pasukan Lituania dan Polandia yang dipimpin oleh hetman besar Konstantin Ostrogiskis mengalahkan sekitar 80.000 tentara Moskow, merebut kamp mereka dan menawan komandan mereka serta banyak tentara.

Dalam pertempuran melawan Moskow, dan terutama dengan pecahnya Perang Livonia, para bangsawan dan bangsawan Lithuania mengharapkan dukungan dari Polandia, yang berusaha untuk memantapkan dirinya di Livonia dan menuntut penguatan persatuan. Selain itu, ada kekhawatiran akan kepunahan dinasti Jagiellonian dan ketidakpastian terkait penguasa baru. Dalam konteks inilah Union of Lublin dibentuk (1569). Dengan tindakannya, persatuan pribadi Lituania dan Polandia diubah menjadi apa yang disebut Republik Dua Bangsa, yang memiliki penguasa yang sama dan Seimas yang sama, tetapi mempertahankan perbatasan, adat istiadat, tentara, hukum, kantor negara, dan lembaga yang terpisah. Statuta Lituania tetap berlaku di Lituania.

Perang Livonia berakhir dengan gencatan senjata sepuluh tahun untuknya pada tahun 1582. 15 Januari Menurut mereka, Republik Dua Bangsa mendapatkan kembali Livonia, Polotsk dan Velez, tetapi mengembalikan Great Luke kepada Tsar Rusia. Gencatan senjata pada tahun 1600 diperpanjang selama dua puluh tahun lagi selama misi diplomatik Lev Sapieha ke Boris Godunov. sebenarnya, gencatan senjata berakhir pada 1605. setelah bangsawan Polandia mulai mendukung klaim Dmitry sebagai penipu takhta Moskow dan dimulai pada 1605-1618. karui.

abad ke 16 vid. - XVII c. vid. di bawah pengaruh Renaisans dan Reformasi Protestan berkembang budaya, seni dan pendidikan. Setelah kepunahan Dinasti Gediminas, penguasa Polandia dan Lituania mulai dipilih dari semua calon bangsawan yang bersedia. Penguasa terpilih harus mengkonfirmasi semua hak yang sebelumnya diperoleh oleh bangsawan. Pengaruh bangsawan dan bangsawan di negara bagian sangat diperkuat, pada prinsipnya tidak ada keputusan yang lebih serius yang dapat dibuat tanpa persetujuan dari para bangsawan Seimas. Seimas sering berakhir tanpa mengambil keputusan apa pun, yang difasilitasi oleh hak liberum veto, yang secara teori memungkinkan satu perwakilan untuk menolak keputusan apa pun. Republik Dua Bangsa mencapai kemakmurannya pada abad ke-17. pada awalnya. Para Seimas didominasi oleh bangsawan yang tidak ingin terlibat dalam Perang Tiga Puluh Tahun. Netralitas dalam perang ini telah menyelamatkan negara dari konflik politik dan agama yang melanda sebagian besar Eropa. Republik Dua Bangsa berperang melawan Swedia, Rusia, dan pengikut Kekaisaran Ottoman dan bahkan melancarkan perang ekspansif melawan tetangganya. Selama kekacauan besar di Moskow, tentara Republik Dua Bangsa memasuki Rusia beberapa kali dan menduduki Moskow, yang telah dipegangnya sejak 1610. 27 September sampai 1612 pada tanggal 4 November, ketika mereka diusir setelah pengepungan. [33]

17 c. pada akhir abad ke-18. Pada awal abad ke-19, negara bagian Lituania-Polandia pindah ke matahari terbenamnya sendiri. 1655 untuk pertama kalinya dalam sejarah Lituania, ibukotanya Vilnius diduduki oleh tentara musuh. [34] Tentara Rusia merusak kota, gereja dan istananya. 8-10 ribu tewas. penduduk, kota terbakar selama 17 hari. Tentara Rusia menganggap sebagian besar Lituania diduduki hingga 1661. Pada saat itu, banyak peninggalan sejarah dan budaya hilang, sebagian besar Metrik Lituania dari arsip negara hilang atau dibawa ke Moskow. Bagian dari negara yang tidak diduduki oleh Rusia diduduki dan dihancurkan oleh Swedia kiri selama banjir Swedia.

18 c. Perang Utara di awal abad ke-19 menunjukkan kelemahan negara dan sangat menguras tanah, yang terus-menerus dihancurkan oleh pasukannya sendiri dan asing. Sejak 1717. Republik Dua Bangsa dari Seimas yang "diam" jelas berada di bawah pengaruh Rusia. 18 c. Berbagai upaya telah dilakukan untuk menerapkan reformasi pemerintahan pada akhir abad ke-19, tetapi tidak berhasil, karena tentangan Rusia. Kadipaten Agung Lituania mempertahankan tingkat otonomi, tetapi menurut 1791 3 Mei Konstitusi sebenarnya sudah dicabut.

Setelah 1795. Sebagian besar Lituania saat ini dianeksasi oleh Rusia setelah pembagian ketiga Republik Dua Bangsa pada tahun 2006. 1807 Napoleon Bonaparte dari Prusia

Negara bagian Lituania yang merdeka pada tahun 1918-1940

Menentang rencana pencaplokan Jerman pada tahun 1918. Pada bulan Juli, Dewan Lituania memilih Adipati Wilhelm von Urach dari Württemberg sebagai Raja Lituania Mindaugas II. 1918 2 November resolusi itu dibatalkan, gagasan tentang monarki ditinggalkan, menyerahkan masalah sistem kepada Konstituante Seimas. 1918 11 November Konstitusi Sementara Lituania pertama dibuat pada tahun 2006. Pada saat yang sama, tentara mulai diorganisir, pemerintah pertama dan lembaga negara lainnya dibentuk. 1919 Setelah jabatan Presiden diperkenalkan, Antanas Smetona terpilih sebagai Presiden Negara.

Perang Dunia II dan pendudukan Lituania pada tahun 1940-1990

Setelah ultimatum tahun 1940. 15 Juni Uni Soviet menduduki wilayah negara. Sovietisasi dimulai secara tak terduga. Nasionalisasi properti dan deportasi penduduk telah dilakukan. Oposisi, persnya, organisasi, hubungan luar negeri dilarang. Pemilihan paksa untuk People's Seimas diorganisir dan hasilnya dipalsukan. Republik Sosialis Soviet Soviet Lituania diproklamasikan, yang kemudian dimasukkan ke dalam Uni Soviet. Aneksasi Lituania tidak diakui oleh semua negara bagian. 1940 23 Juli Deklarasi Welles yang dikeluarkan di AS memperingatkan Uni Soviet bahwa aneksasi Lituania tidak akan diakui.

Bersamaan dengan dimulainya perang antara Uni Soviet dan Jerman pada tahun 1941. 22 Juni Pemberontakan terjadi di Lituania dan Pemerintah Sementara dibentuk. Yang terakhir mengharapkan pengakuan Jerman, tetapi Nazi menghentikan aktivitasnya dan memasukkan Lituania ke dalam Komisariat Ostland Reich Jerman sebagai wilayah umum Lituania yang diatur oleh pemerintahan sipil. Periode pendudukan baru dimulai. Properti yang dinasionalisasi tidak dikembalikan kepada penduduk. Warga Yahudi dipenjara di ghetto dan secara bertahap dimusnahkan dengan ditembak atau dikirim ke kamp konsentrasi. [47] 1941-1944 80-85 persen tewas. Yahudi Lituania (130.000 - 140.000). [48] [49]

1944 Juli-Oktober Selama operasi "Bagration", Uni Soviet kembali menduduki Lituania. Pendudukan Soviet kedua dimulai [50]. Represi politik dilanjutkan, dan deportasi massal ke Siberia terjadi sampai kematian Stalin pada 1953. Simbol kebangsaan apa pun dilarang. Orang-orang dianiaya karena penggunaannya. Penduduk dihancurkan dengan kejam oleh ideologi komunis dan ateisme.

Dengan dalih pemulihan ekonomi Lituania, otoritas Moskow mendorong migrasi pekerja dan penduduk lainnya ke Lituania; ini dimaksudkan untuk lebih mengintegrasikan Lituania ke dalam Uni Soviet dan untuk mengembangkan industri. Pada saat yang sama, penduduk yang mampu di Lituania tertarik untuk bekerja di kedalaman Uni Soviet, menjanjikan semua jenis keuntungan untuk menetap di tempat baru.

Setelah ultimatum tahun 1940. 15 Juni Uni Soviet menduduki wilayah negara. Sovietisasi dimulai secara tak terduga. Nasionalisasi properti dan deportasi penduduk telah dilakukan. Oposisi, persnya, organisasi, hubungan luar negeri dilarang. Pemilihan paksa untuk People's Seimas diorganisir dan hasilnya dipalsukan. Republik Sosialis Soviet Soviet Lituania diproklamasikan, yang kemudian dimasukkan ke dalam Uni Soviet. Aneksasi Lituania tidak diakui oleh semua negara bagian. 1940 23 Juli Deklarasi Welles yang dikeluarkan di AS memperingatkan Uni Soviet bahwa aneksasi Lituania tidak akan diakui.

Bersamaan dengan dimulainya perang antara Uni Soviet dan Jerman pada tahun 1941. 22 Juni Pemberontakan terjadi di Lituania dan Pemerintah Sementara dibentuk. Yang terakhir mengharapkan pengakuan Jerman, tetapi Nazi menghentikan aktivitasnya dan memasukkan Lituania ke dalam Komisariat Ostland Reich Jerman sebagai wilayah umum Lituania yang diatur oleh pemerintahan sipil. Periode pendudukan baru dimulai. Properti yang dinasionalisasi tidak dikembalikan kepada penduduk. Warga Yahudi dipenjara di ghetto dan secara bertahap dimusnahkan dengan ditembak atau dikirim ke kamp konsentrasi. [47] 1941-1944 80-85 persen tewas. Yahudi Lituania (130.000 - 140.000). [48] [49]

1944 Juli-Oktober Selama operasi "Bagration", Uni Soviet kembali menduduki Lituania. Pendudukan Soviet kedua dimulai [50]. Represi politik dilanjutkan, dan deportasi massal ke Siberia terjadi sampai kematian Stalin pada 1953. Simbol kebangsaan apa pun dilarang. Orang-orang dianiaya karena penggunaannya. Penduduk dihancurkan dengan kejam oleh ideologi komunis dan ateisme.

Dengan dalih pemulihan ekonomi Lituania, otoritas Moskow mendorong migrasi pekerja dan penduduk lainnya ke Lituania; ini dimaksudkan untuk lebih mengintegrasikan Lituania ke dalam Uni Soviet dan untuk mengembangkan industri. Pada saat yang sama, penduduk yang mampu di Lituania tertarik untuk bekerja di kedalaman Uni Soviet, menjanjikan semua jenis keuntungan untuk menetap di tempat baru.

Pemulihan kemerdekaan pada tuhan 1990 dan Lituania saat ini

1986 Dengan munculnya kebijakan glasnost di Uni Soviet, kehidupan publik diliberalisasi. 1988 3 Juni Sąjūdis Restrukturisasi Lituania didirikan pada tahun 1941, dan mereka yang mendukung gagasan Sąjūdis membentuk kelompok pendukung LPS di seluruh Lituania. 1988 23 Agustus Sebuah rapat umum besar terjadi di Taman Vilnius Vingis. Hadir sekitar 250 ribu. orang-orang. Setahun kemudian, pada tanggal 23 Agustus 1989, sebuah kampanye "Jalan Baltik" diselenggarakan untuk menandai peringatan 50 tahun Pakta Molotov-Ribbentrop dan untuk menarik perhatian dunia pada pendudukan Negara-negara Baltik. [56] Jalan Baltik, yang diorganisir oleh Gerakan Restrukturisasi Lituania, adalah rantai orang-orang yang terhubung sepanjang sekitar 600 km, berhenti untuk menghubungkan ibu kota tiga Negara Baltik - Vilnius, Riga, dan Tallinn. Ini menunjukkan aspirasi rakyat Lituania, Latvia, dan Estonia untuk memisahkan diri dari Uni Soviet [57].

1990 11 Maret The Restorative Seimas mengumumkan pemulihan kemerdekaan Lituania. Pimpinan Soviet bereaksi terhadap tindakan "sepihak" Lituania melalui blokade ekonomi. 1990 18 April Uni Soviet menangguhkan pasokan bahan mentah (terutama minyak) ke Lituania. Tidak hanya industri dalam negeri, tetapi juga penduduknya mulai kekurangan bahan bakar, kebutuhan pokok, bahkan air panas. Blokade ekonomi berlangsung selama 76 hari, tetapi Lituania tidak menarik deklarasi kemerdekaannya [58]. Secara bertahap, hubungan ekonomi mulai dipulihkan. Ketegangan memuncak pada tahun 1991. Di Januari. Pada saat itu, upaya dilakukan untuk melakukan kudeta dengan menggunakan angkatan bersenjata Uni Soviet, tentara internal Kementerian Dalam Negeri, dan Komite Keamanan Negara Uni Soviet. Karena situasi ekonomi yang buruk, penduduk diharapkan mendukung kudeta, tetapi orang-orang dari seluruh Lituania berbondong-bondong ke Vilnius untuk mempertahankan pemerintahan dan kemerdekaan yang dipilih secara sah. Upaya kudeta berakhir dengan korban jiwa yang damai dan menyebabkan kerusakan material yang signifikan. Tidak ada kasus senjata yang digunakan oleh penduduk yang damai dan pembela lembaga negara, hanya tentara Soviet yang menembak. Penggunaan senjata tersebut menewaskan 14 orang dan melukai ratusan lainnya. Tak lama setelah kemerdekaan pertama Lituania pada tahun 1991. 11 Februari diakui oleh Islandia. Lituania memperoleh pengakuan internasional yang luas setelah Agustus yang gagal. kudeta di Moskow. 17 September di tahun yang sama. Lituania diterima di Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Republik Dua Bangsa

Geografi[sunting | sunting sumber]

Peta fisik dan subdivisi geomorfologi Lituania.

Lituania terletak di wilayah Baltik Eropa[a] dan mencakup area seluas 65.300 km2 (25.200 sq mi).[7] Itu terletak di antara garis lintang 53° dan 57° N, dan sebagian besar di antara garis bujur 21° dan 27° E (bagian dari Ludah Curonian terletak di barat 21°). Ini memiliki sekitar 99 kilometer (61,5 mi) garis pantai berpasir, hanya sekitar 38 kilometer (24 mi) yang menghadap ke Laut Baltik terbuka, kurang dari dua negara Laut Baltik lainnya. Sisa pantai terlindung oleh semenanjung pasir Curonian. pelabuhan air hangat utama Lituania, Klaipėda, terletak di celah sempit Lagoon Curonian (bahasa Lituania: Kuršių marios), sebuah laguna dangkal yang memanjang ke selatan hingga Kaliningrad. Sungai utama dan terbesar di negara itu, Sungai Nemunas, dan beberapa anak sungainya membawa pelayaran internasional.

Lituania terletak di tepi Dataran Eropa Utara. Lanskapnya dihaluskan oleh gletser zaman es terakhir, dan merupakan kombinasi dataran rendah dan dataran tinggi sedang. Titik tertingginya adalah Bukit Aukštojas di 294 meter (965 ft) di bagian timur negara itu. Medannya memiliki banyak danau (Danau Vištytis, misalnya) dan lahan basah, dan zona hutan campuran mencakup lebih dari 33% negara. Drūkšiai adalah yang terbesar, Tauragnas adalah yang terdalam dan Asveja adalah danau terpanjang di Lituania.

Setelah perkiraan ulang batas-batas benua Eropa pada tahun 1989, Jean-George Affholder, seorang ilmuwan di Institut Géographique National (Prancis), menetapkan bahwa pusat geografis Eropa berada di Lituania, di 54°54′N 25°19′E / 54.900°N 25.317°E / 54.900; 25.317 (Purnuškės (pusat gravitasi)), 26 kilometer (16 mi) utara ibu kota Lituania Vilnius.[8] Pemegang saham menyelesaikan ini dengan menghitung pusat gravitasi dari gambar geometris dari Eropa.

Iklim[sunting | sunting sumber]

Lituania memiliki iklim sedang dengan pengaruh maritim dan kontinental. Ini didefinisikan sebagai kontinen lembab (Dfb) di bawah klasifikasi iklim Köppen (tetapi dekat dengan samudera di zona pesisir yang sempit).

Suhu rata-rata di pantai adalah −25 °C (−13 °F) pada bulan Januari dan 16 °C (61 °F) pada bulan Juli. Di Vilnius, suhu rata-rata adalah −6 °C (21 °F) pada bulan Januari dan 17 °C (63 °F) pada bulan Juli. Selama musim panas, 20 °C (68 °F) biasa terjadi di siang hari sedangkan 14 °C (57 °F) umum di malam hari; di masa lalu, suhu telah mencapai 30 atau 35 °C (86 atau 95 °F). Beberapa musim dingin bisa sangat dingin. −20 °C (−4 °F) terjadi hampir setiap musim dingin. Musim dingin yang ekstrem adalah −34 °C (−29 °F) di daerah pesisir dan −43 °C (−45 °F) di timur Lituania.

Curah hujan tahunan rata-rata adalah 800 mm (31,5 in) di pantai, 900 mm (35,4 in) di dataran tinggi Samogitia dan 600 mm (23,6 in) di bagian timur negara itu. Salju terjadi setiap tahun, dapat turun salju dari Oktober hingga April. Dalam beberapa tahun hujan es bisa turun pada bulan September atau Mei. Musim tanam berlangsung 202 hari di bagian barat negara itu dan 169 hari di bagian timur. Badai hebat jarang terjadi di bagian timur Lituania tetapi sering terjadi di daerah pesisir.

Catatan suhu terukur terpanjang di wilayah Baltik mencakup sekitar 250 tahun. Data menunjukkan periode hangat selama paruh kedua abad ke-18, dan bahwa abad ke-19 adalah periode yang relatif dingin. Pemanasan awal abad ke-20 mencapai puncaknya pada tahun 1930-an, diikuti oleh pendinginan yang lebih kecil yang berlangsung hingga tahun 1960-an. Tren pemanasan terus berlanjut sejak saat itu.[9]

Lituania mengalami kekeringan pada tahun 2002, menyebabkan kebakaran hutan dan gambut rawa.[10]

Lingkungan[sunting | sunting sumber]

Dataran datar khas Lithuania dengan danau, rawa, dan hutan. Ribuan berbagai danau terletak di Lituania dan menciptakan pemandangan indah dari pandangan mata burung.
Bukit pasir Curonian Spit di dekat Nida, yang merupakan bukit pasir melayang tertinggi di Eropa (Situs Warisan Dunia UNESCO).[11]

Setelah pemulihan kemerdekaan Lituania pada tahun 1990, "Aplinkos apsaugos statymas" (Undang-undang Perlindungan Lingkungan) diadopsi pada tahun 1992. Undang-undang tersebut memberikan dasar untuk mengatur hubungan sosial di bidang perlindungan lingkungan, menetapkan hak dan kewajiban dasar hukum dan perorangan dalam melestarikan keanekaragaman hayati yang melekat di Lituania, sistem ekologi dan lanskap.[12] Lituania setuju untuk mengurangi emisi karbon setidaknya 20% dari tingkat tahun 1990 pada tahun 2020 dan setidaknya 40% pada tahun 2030, bersama dengan semua anggota Uni Eropa. Selain itu, pada tahun 2020 setidaknya 20% (27% pada tahun 2030) dari total konsumsi energi negara harus berasal dari sumber energi terbarukan.[13] Pada tahun 2016, Lituania memperkenalkan undang-undang penyimpanan kontainer yang sangat efektif, yang menghasilkan pengumpulan 92% dari semua kemasan pada tahun 2017.[14]

Lithuania tidak memiliki pegunungan tinggi dan lanskapnya didominasi oleh padang rumput yang mekar, hutan lebat, dan ladang sereal yang subur. Namun itu menonjol dengan banyaknya benteng bukit, yang sebelumnya memiliki kastil tempat orang Lituania kuno membakar altar untuk dewa pagan.[15] Lituania adalah wilayah yang sangat berair dengan lebih dari 3.000 danau, sebagian besar di timur laut. Negara ini juga dialiri oleh banyak sungai, terutama yang terpanjang Nemunas.[15] Lituania adalah rumah bagi dua ekoregion darat: Hutan campuran Eropa Tengah dan Hutan campuran sarmatik.[16]

Keanekaragaman hayati[sunting | sunting sumber]

Bangau putih adalah burung nasional Lituania[17] yang memiliki populasi bangau dengan kepadatan tertinggi di Eropa.[18]

Ekosistem Lituania meliputi ekosistem alami dan semi-alami (hutan, rawa, lahan basah dan padang rumput), dan ekosistem antropogenik (agraria dan perkotaan). Di antara ekosistem alami, hutan sangat penting bagi Lituania, mencakup 33% wilayah negara. Lahan basah (rawa, rawa, rawa peralihan, dll.) mencakup 7,9% negara, dengan 70% lahan basah telah hilang karena drainase dan ekstraksi gambut antara tahun 1960 dan 1980. Perubahan komunitas tanaman lahan basah mengakibatkan penggantian lumut dan komunitas rerumputan oleh pohon dan semak belukar, dan rawa yang tidak terkena dampak langsung reklamasi lahan menjadi lebih kering sebagai akibat dari penurunan muka air tanah. Ada 29.000 sungai dengan total panjang 64.000 km di Lituania, cekungan Sungai Neman menempati 74% wilayah negara. Karena pembangunan bendungan, sekitar 70% tempat pemijahan spesies ikan berpotensi catadromous telah hilang. Dalam beberapa kasus, ekosistem sungai dan danau terus dipengaruhi oleh eutrofikasi antropogenik.[19]

Lahan pertanian terdiri dari 54% wilayah Lituania (kira-kira 70% adalah lahan subur dan 30% padang rumput dan padang rumput), sekitar 400.000 ha lahan pertanian tidak bertani, dan bertindak sebagai relung ekologi untuk gulma dan spesies tanaman invasif. Kerusakan habitat terjadi di daerah dengan lahan yang sangat produktif dan mahal seiring dengan perluasan areal tanaman. Saat ini, 18,9% dari semua spesies tanaman, termasuk 1,87% dari semua spesies jamur yang diketahui dan 31% dari semua spesies lumut yang diketahui, terdaftar di Buku Data Merah Lituania. Daftar ini juga berisi 8% dari semua spesies ikan.[19]

Populasi satwa liar telah pulih karena perburuan menjadi lebih terbatas dan urbanisasi memungkinkan penanaman kembali hutan (hutan sudah tiga kali lipat ukurannya sejak terendah). Saat ini, Lithuania memiliki sekitar 250.000 hewan liar yang lebih besar atau 5 per setiap kilometer persegi. Hewan liar besar yang paling produktif di setiap bagian Lituania adalah rusa roe, dengan 120.000 di antaranya. Mereka diikuti oleh babis (55.000). Hewan berkuku lainnya adalah rusa (~22.000), rusa bera (~21.000) dan yang terbesar: rusa (~7.000). Di antara pemangsa Lituania, rubah adalah yang paling umum (~27.000). Serigala, bagaimanapun, lebih mendarah daging ke dalam mitologi karena hanya ada 800 di Lithuania. Bahkan lebih jarang adalah lynxes (~200). Hewan besar yang disebutkan di atas tidak termasuk kelinci, ~200.000 di antaranya mungkin hidup di hutan Lituania.[20]

Politik[sunting | sunting sumber]

Lituania adalah republik parlementer multi-partai. Hukum dasar negara adalah melalui referendum pada tahun 1992. Menurutnya, kekuasaan dijalankan oleh Seimas, Presiden, Pemerintah dan Pengadilan.

Kekuasaan yudisial dijalankan oleh pengadilan. Tujuan utamanya adalah penyelenggaraan peradilan dalam kasus pidana, perdata dan administrasi. Seperti tipikal republik demokratis, kekuasaan di suatu negara dipilih melalui pemilihan. Di Republik Lituania, ada empat jenis: perwakilan Seimas, Presiden, dewan kota - walikota dan perwakilan Parlemen Eropa.

Presiden[sunting | sunting sumber]

Presiden dipilih untuk masa jabatan 5 tahun tidak lebih dari dua kali. Salah satu fungsi utama presiden adalah pembentukan politik luar negeri. Presiden juga mengangkat Menteri, Perdana Menteri dan Hakim, dan Panglima Angkatan Bersenjata. Presiden Republik saat ini, Gitanas Nausėda, terpilih pada 2019.

Pemerintah[sunting | sunting sumber]

Eksekutif ada di tangan Pemerintah. Terdiri dari Perdana Menteri dan menteri yang memimpin 14 kementerian di Lithuania. Perdana Menteri saat ini adalah Ingrida Šimonytė, terpilih pada tahun 2020 untuk memimpin partai politik TS-LKD.

Seimas[sunting | sunting sumber]

Badan legislatif adalah parlemen unikameral, Seimas. Terdiri dari 141 anggota Seimas yang dipilih untuk masa jabatan 4 tahun oleh sistem pemilihan campuran (71 anggota dipilih oleh mayoritas absolut, dan 70 - oleh perwakilan proporsional dengan kemungkinan untuk menentukan peringkat daftar partai). Setiap orang yang berusia di atas 18 tahun berhak memilih Seimas. warga negara yang akan dipilih sebagai anggota Seimas - dari usia 25 tahun.

TS-LKD (Tėvynės sąjunga – Lietuvos krikščionys demokratai) memenangkan pemilihan Seimas 2020.

Pembagian administratif[sunting | sunting sumber]

Peta pembagian administratif tingkat pertama dan kedua Lituania

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Demografi[sunting | sunting sumber]

Budaya[sunting | sunting sumber]

Bahasa Lituania[sunting | sunting sumber]

Seorang imam, leksikografer Konstantinas Sirvydas – penikmat bahasa Lituania pada abad ke-17.
Jonas Jablonskis adalah bapak bahasa Lituania standar.

literatur[sunting | sunting sumber]

Buku cetak Lituania pertama Katekismus Martynas Mažvydas (1547, Königsberg)
Halaman judul Radivilias (1592, Vilnius). Puisi yang merayakan komandan Mikalojus Radvila Rudasis (1512–1584) dan menceritakan kemenangan terkenal Angkatan Bersenjata Lituania atas pasukan Moskow (1564).[21]

Ada banyak literatur Lituania yang ditulis dalam Latin, bahasa ilmiah utama Abad Pertengahan. Dekrit Raja Lituania Mindaugas adalah contoh utama dari literatur semacam ini. Surat Gediminas adalah warisan penting lainnya dari tulisan Latin Lituania.

Salah satu penulis Lituania pertama yang menulis dalam bahasa Latin adalah Nicolaus Hussovianus (sekitar 1480 – setelah 1533). Puisinya Carmen de statura, feritate ac venatione bisontis (A Song about the Appearance, Savagery and Hunting of the Bison), diterbitkan pada tahun 1523, menggambarkan lanskap Lithuania, cara hidup dan adat istiadat, menyentuh beberapa masalah politik yang sebenarnya, dan mencerminkan bentrokan paganisme dan Kristen. Seseorang dengan nama samaran Michalo Lituanus [lt] (sekitar 1490 – 1560) menulis sebuah risalah De moribus tartarorum, lituanorum et moscorum (Tentang Bea Cukai Tatar, Lithuania dan Moskow) pada pertengahan abad ke-16, tetapi baru diterbitkan pada tahun 1615. Seorang tokoh luar biasa dalam kehidupan budaya Lituania pada abad ke-16 adalah pengacara dan penyair asal Spanyol Petrus Roysius Maurus Alcagnicensis (sekitar tahun 1505 – 1571 ). Humas, pengacara, dan walikota Vilnius, Augustinus Rotundus (sekitar 1520 -1582) menulis sejarah Lituania yang sudah tidak ada lagi dalam bahasa Latin sekitar tahun 1560. loannes Radvanus, penyair humanis paruh kedua abad ke-16 abad, menulis puisi epik meniru Aeneid dari Vergil. Radivilias miliknya, yang dimaksudkan untuk menjadi epik nasional Lituania, diterbitkan di Vilnius pada tahun 1588.[22]

Cendekiawan Lituania abad ke-17 juga menulis dalam bahasa Latin – Kazimieras Kojelavičius-Vijūkas, Žygimantas Liauksminas dikenal karena tulisan Latin mereka dalam bidang teologi, retorika, dan musik. Albertas Kojalavičius-Vijūkas menulis sejarah Lituania pertama yang dicetak "Historia Lituania".

Karya sastra Lituania dalam bahasa Lituania mulai diterbitkan pertama kali pada abad ke-16. Pada tahun 1547 Martynas Mažvydas menyusun dan menerbitkan buku Lituania cetakan pertama Katekizmo prasti odžiai (Kata-Kata Katekismus Sederhana), yang menandai permulaan sastra, dicetak dalam bahasa Lituania. Dia diikuti oleh Mikalojus Daukša dengan Katechizmas. Pada abad ke-16 dan ke-17, seperti di seluruh Eropa Kristen, sastra Lituania terutama bersifat religius.

Sastra Lituania abad ke-20 diwakili oleh Juozas Tumas-Vaižgantas, Antanas Vienuolis, Bernardas Brazdžionis, Antanas kėma, Balys Sruoga, [[Vytautas Mačernis] ] dan Justinas Marcinkevičius.

Pada abad ke-21 debut Kristina Sabaliauskait, Renata erelyt, Valdas Papievis, Laura Sintija erniauskait, Rūta epetys.

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Katedral Vilnius oleh Laurynas Gucevičius

Beberapa arsitek terkenal yang berhubungan dengan Lituania terkenal karena prestasi mereka di bidang arsitektur. Johann Christoph Glaubitz, Marcin Knackfus, Laurynas Gucevičius dan Karol Podczaszyński berperan penting dalam memperkenalkan Baroque dan neoklasik arsitektur pergerakan ke arsitektur Lituania selama abad ketujuh belas hingga kesembilan belas.[23] Vilnius dianggap sebagai ibu kota Barok Eropa Timur.[24] Kota Tua Vilnius yang penuh dengan gereja-gereja Barok yang menakjubkan dan bangunan lainnya adalah Situs Warisan Dunia UNESCO.[25]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Ethnicity, mother tongue and religion". Official Statistics Portal. Statistics Lithuania. 15 Maret 2013. Diakses tanggal 15 Desember 2018. 
  2. ^ "Pradžia – Oficialiosios statistikos portalas". osp.stat.gov.lt. 
  3. ^ a b c "World Economic Outlook Database, October 2021". imf.org. International Monetary Fund. Diakses tanggal 25 February 2022. 
  4. ^ "World Economic Outlook Database". International Monetary Fund (IMF). Diakses tanggal 2022-02-07. 
  5. ^ "Gini coefficient of equivalised disposable income – EU-SILC survey". ec.europa.eu. Eurostat. Diakses tanggal 7 Maret 2019. 
  6. ^ "2017 Human Development Report". United Nations Development Programme. 2015. Diakses tanggal 24 Maret 2017. 
  7. ^ "Lithuania". Kanada. ca. Diakses tanggal 18 Juni 2020. 
  8. ^ Jan S. Krogh. "Tempat Menarik Lainnya : Eropa Tengah". Diakses tanggal 31 Desember 2011. 
  9. ^ "Assessment of Climate Change for the Baltic Sea Cekungan – Proyek BACC – 22–23 Mei 2006, Göteborg, Swedia" (PDF). Diakses tanggal 25 April 2010. 
  10. ^ ouvertes.fr/hal-00304792/file/hess-7-423-2003.pdf "Catatan Penelitian Pengaruh kekeringan dan kebakaran terhadap kualitas air di sungai Lituania" Periksa nilai |url= (bantuan) (PDF). Ilmu Hidrologi dan Sistem Bumi. 7 (3): 423–427. 2003. Bibcode:2003HESS....7..423S. doi:10.5194/hess-7-423-2003alt=Dapat diakses gratis. 
  11. ^ "Nida and The Curonian Spit, The Insider's Guide to Visiting". VanLife Tribe. 23 September 2016. Diakses tanggal 3 January 2019. 
  12. ^ /legalAct/TAR.E2780B68DE62/vsPTFQpUEB "Aplinkos apsaugos statymas" Periksa nilai |url= (bantuan). e-tar.lt. Diakses tanggal 27 April 2018. 
  13. ^ "EU climate action". European Commission. 23 November 2016. Diakses tanggal 27 April 2018. 
  14. ^ /aktualu/lietuva/europa-suskubo-paskui-lietuva-kuo-skiriasi-saliu-uzstato-sistemos-56-968940 "Europa suskubo paskui Lietuvą: kuo skiriasi alių užstato sistemos?" Periksa nilai |url= (bantuan). 15min.lt. Diakses tanggal 9 Mei 2018. [pranala nonaktif permanen]
  15. ^ a b "Gamta". lithuania.travel (dalam bahasa Lituavi). Archived from the original on 2018-09-15. Diakses tanggal 7 Desember 2018. 
  16. ^ Dinerstein, Eric; et al. (2017). "An Ecoregion-Based Approach to Protecting Half the Terrestrial Realm". BioScience. 67 (6): 534–545. doi:10.1093/biosci/bix014. ISSN 0006-3568. PMC 5451287alt=Dapat diakses gratis. PMID 28608869. 
  17. ^ Klimka, Libertas (26 March 2015). "Kodėl gandras – nacionalinis paukštis?". LRT (dalam bahasa Lituavi). Diakses tanggal 26 March 2015. 
  18. ^ "Storks". Lonelyplanet.com. Diakses tanggal 5 May 2018. 
  19. ^ a b profile/default.shtml?country=lt#facts "Lithuania – Biodiversity Facts" Periksa nilai |url= (bantuan). cbd.int. Diakses tanggal 24 Februari 2018. 
  20. ^ tag/fauna-of-lithuania "Fauna of Lithuania" Periksa nilai |url= (bantuan). TrueLithuania.com. Diakses tanggal 24 Februari 2018. 
  21. ^ Radvanas, Jonas. "Radivilias, sive De vita, et rebus praeclarissime gestis immortalis memoriae". theeuropeanlibrary.org. ex officina Ioannis Kartzani. Diakses tanggal 14 July 2018. 
  22. ^ Dambrauskaitė, Ramunė (1995). A Latin Funeral Oration From Vilnius (1594). Leuven: Leuven University Press, Humanistica Lovaniensia. hlm. 253. ISBN 978-90-6186-680-0. Diakses tanggal 13 Juli 2018. 
  23. ^ "Lithuanian Baroque architecture" (PDF). kpd.lt. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 8 August 2019. Diakses tanggal 20 February 2018. 
  24. ^ "Vilniaus barokas". iVilnius.lt. Diakses tanggal 20 February 2018. 
  25. ^ "Vilnius Historic Centre". whc.unesco.org. Diakses tanggal 20 February 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "lower-alpha", tapi tidak ditemukan tag <references group="lower-alpha"/> yang berkaitan