Portal:Lituania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Portal Lituania

Republik Lituania (bahasa Lituania: Lietuvos Respublika) adalah sebuah negara di Eropa bagian timur laut. Lituania merupakan salah satu dari tiga Negara Baltik yang dekat dengan Laut Baltik. Negara ini berbatasan dengan Latvia di sebelah utara, Belarus di tenggara, Polandia di selatan, dan Oblast Kaliningrad milik Rusia di barat daya.

'
Topik: Sejarah · Kota · Ekonomi · Bangunan dan struktur · Transportasi · Tokoh · >>

Artikel pilihan

Gurun Pasir Tanjung Curonian.
Gurun Pasir Tanjung Curonian.

Tanjung Curonian adalah sebuah bukit pasir panjang, kurus, dan berliku sepanjang 98 km yang memisahkan Laguna Curonian dari Laut Baltik. Pada penghujung abad ke-18, penduduk di sebuah desa nelayan merasakan bahwa desa mereka di ambang kehancuran. Selama bertahun-tahun , sebuah bukit pasir raksasa telah merayap menuju desa mereka. Dengan sia-sia mereka mencoba mengalihkan jalur bukit pasir itu dengan membangun perintang kayu berbentuk segitiga. Akan tetapi, pada tahun 1797, bukit pasir itu benar-benar menelan desa mereka. Itulah salah satu babak dari drama 80 tahun sewaktu bukit-bukit pasir menelan lebih dari selusin desa dan mengubah tanjung Curonian menjadi gurun, sebidang kawasan sepanjang 100 kilometer yang menjorok dari pesisir Baltik di tempat yang sekarang adalah Rusia dan Lithuania.

(Selengkapnya...)

'

Gambar pilihan

Tokoh pilihan

Algirdas Mykolas Brazauskas adalah mantan Presiden Lithuania dan mantan Perdana Menteri. Peralihan pemerintahannya pada 31 Mei 2006 setelah Partai Buruh kiri dapat membentuk koalisi. Ia lahir di Rokiškis (Lithuania) dan menempuh pendirikan di Kaunas Polytechnic Institute pada 1956 untuk meraih gelar dalam bidang teknik sipil. Ia menjabat banyak posisi di pemerintahan Republik Sosialis Lituania Soviet dan Partai Komunis Lituania sejak 1965.

(Selengkapnya...)

'

Tahukah anda...

  • ...bahwa Lituania merupakan pusat geografi Eropa? Menurut penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Prancis tahun 1989, pusat geografi Eropa terletak hanya 26 kilometer sebelah utara Vilnius, ibukotanya...
  • ...bahwa Lituania adalah negara terakhir di Eropa yang mengubah agamanya menjadi Kekristenan?
  • ...bahwa Kadipaten Agung Lituania pernah terbentang dari laut Baltik sampai laut Hitam?
'

Kategori