Abkhazia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Абхазия/Аҧсны
Abkhazia/Apkhazeti/Apsny
Bendera
Peta Abkhazia
Ibu kota Sukhum
Bahasa resmi Abkhaz, Rusia
Pemerintahan Republik
 -  Presiden1
Perdana Menteri1
Ketua Dewan Tertinggi2
Ketua Menteri Kabinet2
Sergei Bagapsh
Alexander Ankvab
Temur Mzhavia
Irakli Alasania
Kemerdekaan
 -  Dideklarasikan
Diakui3
Dari Georgia
23 Juli 1992
26 Agustus 2008 (oleh Rusia
Luas
 -  Total 8,600 km2 
 -  Perairan (%) Dapat dihiraukan
Penduduk
 -  Perkiraan 2000 250.000 
 -  Kepadatan 29/km2 
Mata uang Rubel (RUB)
Zona waktu (UTC+3)
Ranah Internet Belum ada
1. Pemerintahan separatis.
2. Pemerintahan pro-Georgia dalam pengasingan.
3. Kemerdekaan hanya diakui oleh Rusia.

Abkhazia (bahasa Abkhaz: Аҧсны/Apsny, bahasa Georgia: აფხაზეთი/Apkhazeti, bahasa Rusia: Абха́зия/Abkhazia) adalah sebuah negara republik yang secara de facto merdeka, seluas 8.600 km², terletak di Kaukasus. Georgia mengklaim Abkhazia sebagai wilayah kedaulatannya. Kedaulatan republik ini tidak diakui secara internasional, kecuali Rusia yang mengakuinya pada 26 Agustus 2008 bersamaan dengan pengakuan kedaulatan Ossetia Selatan.[1] Abkhazia terletak di pantai timur Laut Hitam, berbatasan dengan Federasi Rusia di utara. Dengan Georgia, perbatasannya pada daerah Samegrelo-Zemo Svaneti di sebelah timur.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Abkhazia (abu-abu) di dalam Georgia
Danau Ritsal

Abkhazia meliputi wilayah sekitar 8.600 km2 di ujung barat Georgia.Pegunungan Kaukasus di utara dan timur laut membagi Abkhazia dengan Federasi Rusia. Di sebelah timur dan tenggara, Abkhazia berbatasan dengan Region Samegrelo-Zemo Svaneti di wilayah Georgia, dan di selatan dan barat daya berbatasan dengan Laut Hitam. gua terdalam terkenal di dunia, Krubera (Voronja) Cave, terletak di Abkhazia di barat pegunungan kaukasus. Survei terbaru (per September 2006) telah mengukur tingkat vertikal dari sistem gua sebagai 2.158 meter (7,080 ft) antara tertinggi dan terendah poin dieksplorasi.

Abkhazia kaya irigasi oleh sungai-sungai kecil yang berasal dari Pegunungan Kaukasus. antara lain adalah: Kodori , Bzyb , Ghalidzga , dan Gumista . Sungai Psou memisahkan wilayah tersebut dari Rusia, dan Inguri berfungsi sebagai batas antara Abkhazia dan Georgia. Ada beberapa kawah danau di pegunungan Abkhazia. Danau Ritsa adalah yang paling penting di Abkhazia.

Karena kedekatannya Abkhazia ke Laut Hitam dan perisai dari Pegunungan Kaukasus, iklim di wilayah ini sangat ringan. Daerah pesisir Abkhazia memiliki iklim subtropis, dimana suhu tahunan rata-rata di sebagian besar daerah adalah sekitar 15 ° C (59 ° F). Iklim pada ketinggian yang lebih tinggi bervariasi dari maritim ke pegunungan dingin dan summerless. Abkhazia menerima jumlah tinggi curah hujan, namun unik iklim mikro (transisi dari subtropis ke gunung) bersama sebagian besar pantainya menyebabkan tingkat yang lebih rendah dari kelembaban. Curah hujan tahunan keputusan tegas dari 1,100-1,500 mm (43,3-59,1 dalam) sepanjang mm 1,700-3,500 pantai (66,9-137,8 di) di daerah pegunungan yang lebih tinggi. Pegunungan Abkhazia menerima sejumlah besar salju.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Pitsunda

Menurut sensus terakhir tahun 2011 Abkhazia memiliki 240.705 penduduk.

Jumlah yang tepat dari populasi Abkhazia tidak jelas. Menurut sensus yang dilakukan pada tahun 2003 diperkirakan 215.972 orang, tapi ini diperebutkan oleh otoritas Georgia. Departemen Statistik Georgia memperkirakan populasi Abkhazia sekitar 179.000 pada tahun 2003, dan 178.000 pada tahun 2005 (tahun lalu ketika perkiraan tersebut diterbitkan di Georgia). Encyclopædia Britannica memperkirakan populasi pada tahun 2007 180.000 dan International Crisis Group memperkirakan jumlah penduduk Abkhazia pada tahun 2006 antara 157.000 dan 190.000 (atau antara 180.000 dan 220.000 yang diperkirakan oleh UNDP pada tahun 1998).

Etnis[sunting | sunting sumber]

parade bendera Abkhazia

Populasi etnis Abkhazia masih sangat beragam, bahkan setelah Perang 1992-1993. Saat ini populasi Abkhazia terutama terdiri dari etnis Abkhazia , Georgia (kebanyakan Mingrelians ), Hamshemin Armenia , dan Rusia . Bangsa lain termasuk Ukraina , Belarusia , Yunani , Ossetia , Tatar , Turki , dan Roma . Sebelum perang, etnis georgia terdiri 45,7% dari populasi Abkhazia, pada tahun 1993, sebagian besar etnis Georgia dan beberapa Rusia dan Armenia telah melarikan diri dari Abkhazia.

Selama Uni Soviet, penduduk, Rusia Armenia dan Georgia berkembang pesat Abkhazia, karena migrasi besar-besaran diberlakukan terutama di bawah pemerintahan Joseph Stalin dan Lavrenty Beria .

Agama[sunting | sunting sumber]

Kebanyakan penduduk Abkhazia adalah penganut Kristen ( Ortodoks Timur dan Armenia Apostolik ), Muslim Sunni atau tidak beragama , tetapi hanya sedikit orang yang menyatakan dirinya Kristen atau Muslim menghadiri layanan keagamaan. Agama tradisional Abkhazia telah mengalami kebangkitan yang kuat dalam beberapa dekade terakhir. Ada jumlah yang sangat kecil penganut Yudaisme, Saksi-Saksi Yehuwa dan gerakan-gerakan keagamaan baru . Organisasi Saksi Yehuwa telah resmi dilarang sejak tahun 1995, meskipun keputusan tersebut saat ini tidak ditegakkan.

Menurut konstitusi dari Abkhazia dan Georgia, para penganut semua agama (serta ateis) memiliki hak yang sama di depan hukum.

Menurut survei yang diadakan pada tahun 2003, 60% dari responden mengidentifikasi diri mereka sebagai orang Kristen, 16% sebagai Muslim, 8% sebagai atheis atau tidak beragama, 8% sebagai berpegang pada agama Abkhazia tradisional atau sebagai Pagan, 2% sebagai pengikut agama-agama lain dan 6% sebagai ragu-ragu.


Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rusia Akui Kemerdekaan Ossetia Selatan dan Abkhazia, MediaIndonesia.com, 26 Agustus 2008

Pranala luar[sunting | sunting sumber]