Juli 2006

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
< Juli 2006 >
M S S R K J S
1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31

Anda dapat membantu Wikipedia memperbarui peristiwa terkini dengan bergabung ke ProyekWiki Peristiwa Terkini.

Jika Anda berniat menambahkan berita, gunakan format berikut:

{{Berita
| tgl = 
| ber = 
| HU  = 
| gbr = 
| cap = 
| wid = 
| u1  = 
| n1  = 
| u2  = 
| n2  = 
| u3  = 
| n3  = 
| u4  = 
| n4  = 
| u5  = 
| n5  = 
}}

Senin, 31 Juli 2006[sunting | sunting sumber]

31 Juli - Presiden Kuba, Fidel Castro yang usianya hampir 80 tahun, untuk sementara menyerahkan kekuasaan kepresidenannya kepada adiknya, Raul Castro karena sakit. (AP)

31 - Pasukan-pasukan Korea Utara dan Selatan melakukan tembak-menembak di perbatasan kedua negara. Saat ini hubungan kedua negara itu memburuk, terutama karena uji coba rudal Korea Utara baru-baru ini. (Reuters)

Minggu, 30 Juli 2006[sunting | sunting sumber]

30 - Israel setuju untuk menghentikan serangan udara di Libanon Selatan selama 48 jam. (AP)

30 - Israel menyerang gedung tempat pengungsi berlindung di kota Qana, Lebanon, menewaskan lebih dari 60 orang, sebagian besar di antaranya masih anak-anak. Lebih dari 600 warga sipil Lebanon telah tewas akibat serangan Israel dalam 18 hari terakhir. (Reuters)

30 - Pemilihan umum bebas pertama di Republik Demokratik Kongo sejak 40 tahun berlangsung. BBC

Jumat, 28 Juli 2006[sunting | sunting sumber]

28 - Sebuah reruntuhan kapal yang ditemukan di Laut Baltik dipastikan adalah bangkai satu-satunya kapal induk yang dimiliki Jerman Nazi, Graf Zeppelin. Yahoo!

Kamis, 27 Juli 2006[sunting | sunting sumber]

27 - 20 anggota pemerintahan sementara di Somalia mengundurkan diri, membuat keadaan negara ini tidak stabil. Chron

27 - 3 kelompok milisi utama di Republik Demokratik Kongo sepakat untuk bergabung dengan tentara pemerintah dan memulai proses perdamaian. BBC

27 - Dewan Keamanan PBB gagal mengeluarkan resolusi untuk mengutuk serangan militer Israel terhadap pos PBB di Khiam, Lebanon Selatan yang menewaskan 4 pengamat keamanan PBB. Amerika Serikat memveto setiap upaya yang mengkritik Israel atas serangannya terhadap Lebanon. (kompas)

27 - Selama dua hari terakhir, badai salju yang disertai hujan bongkahan es menerpa sebagian wilayah Argentina. Badai salju itu pertama kali menghantam Buenos Aires, Rabu petang, 26 Juli. Jatuhnya es sebesar bola golf mengakibatkan kerusakan parah, sekitar 2.500 rumah dan kendaraan rusak. Empat belas orang dilarikan ke rumah sakit terdekat karena tertimpa es di kepala. (liputan6.com)

27 - Rusia menandatangani kontrak penjualan 24 pesawat terbang militer dan 53 helikopter dengan Venezuela dalam suatu perjanjian senilai US$3 miliar. (AP)

27 - Juara balap sepeda Tour de France tahun ini, Floyd Landis, dicurigai melakukan doping karena ia tidak lulus tes doping. Dalam tubuhnya terdapat testosteron dalam jumlah yang tinggi selama pertandingan, demikian diungkapkan oleh timnya. (AP)

Rabu, 26 Juli 2006[sunting | sunting sumber]

26 - Stadion Menteng yang didirikan pada 1921 dan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jakarta Tahun 1975 telah ditetapkan sebagai salah satu kawasan cagar budaya yang harus dilindungi, dirobohkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

26 - Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad menyerukan diadakannya gencatan senjata di Lebanon. Ia juga mengkritik kebijakan Amerika Serikat di Timur Tengah dan menyebutkan Washington ingin "mengukir kembali peta" daerah itu dengan bantuan Israel. (AP)

26 - Bentrokan bersenjata terjadi antara tentara Georgia melawan pemberontak Monadire di lembah Kodori. Itar-Tass

26 - Siti Maemunah binti Muhtar Bisri, tenaga kerja Indonesia (TKI) tewas di Lebanon akibat rudal yang diluncurkan Israel pada 11 Juli lalu. (Kompas)

Selasa, 25 Juli 2006[sunting | sunting sumber]

25 - Taifun Kaemi menghantam Taiwan dengan korban luka-luka 4 orang. Longsor di Jinjiang, Fujian 4 jam kemudian membuat lebih dari 500.000 penduduk harus mengungsi dari Zhejiang, di mana taifun Bilis menelan 612 korban jiwa. (Xinhua)

25 - Sebuah pos pengamat PBB dihantam serangan udara Israel di selatan Lebanon, mengakibatkan tewasnya empat anggota pasukan penjaga erdamaian PBB. (AP)

25 - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Condoleezza Rice dipuji Israel untuk kunjungannya ke sejumlah kota di Timur Tengah, namun negara-negara Arab tidak menganggapnya bermanfaat karena tidak memberikan solusi jelas untuk mengakhiri pertempuran antara Israel dan Hizbullah atau perdamaian jangka panjang. (AP)

Senin, 24 Juli 2006[sunting | sunting sumber]

24 - Zuleyka Rivera Mendoza terpilih sebagai Miss Universe setelah mengalahkan lebih dari 85 kontestan dari seluruh dunia, sedangkan Miss Indonesia Nadine Chandrawinata yang diunggulkan sebagian kalangan tak mampu menembus peringkat 20 besar.

24 - Gempa bumi dengan kekuatan 6,6 SR menghantam selatan Gorontalo pada pukul 16.22 WITA. Gempa tersebut tidak menimbulkan tsunami walaupun sempat diduga berpotensi sebaliknya oleh BMG. (Jakarta Post)(Elshinta)

Minggu, 23 Juli 2006[sunting | sunting sumber]

23 - Pemain Tiger Woods memenangkan Open Championship untuk ketiga kalinya. OPENGOLF

23 - Data jumlah korban tsunami di Jawa Barat dan Jawa Tengah mencapai 668 orang tewas, 287 hilang dan 74.100 orang kehilangan tempat tinggalnya. (Jakarta Post)

23 - Pembalap sepeda Floyd Landis dari Amerika Serikat memenangi Tour de France. letour.fr

Kamis, 20 Juli 2006[sunting | sunting sumber]

20 - Hiroshi Ishiguro, peneliti Jepang, dikabarkan telah menciptakan android yang merupakan duplikat dari dirinya sendiri. Wired News

Rabu, 19 Juli 2006[sunting | sunting sumber]

19 - Para arkeolog menemukan sebuah rumah yang dipercayai sebagai tempat lahir kaisar Romawi pertama, Augustus, di Bukit Palatium. AP

Selasa, 18 Juli 2006[sunting | sunting sumber]

18 - Sekjen PBB, Kofi Annan menyerukan dibentuknya sebuah pasukan internasional di Lebanon untuk mengakhiri krisis yang melanda kawasan Timur Tengah. (AP)

18 - Data jumlah korban gempa dan gelombang tsunami di pantai selatan Jawa Barat dan Tengah meningkat menjadi 368 meninggal ditambah lebih dari 200 orang hilang dan 601 luka-luka. (AP) (Reuters)

18 - Perdana Menteri Makedonia Vlado Bučkovski telah digantikan posisinya oleh Nikola Gruevski dari VMRO-DPMNE.

Senin, 17 Juli 2006[sunting | sunting sumber]

17 - Pasukan terakhir Jepang ditarik dari Irak, mengakhiri keterlibatan yang terbesar dan paling berbahaya dari negara ini sejak Perang Dunia II. AP

17 - Tsunami setinggi sekitar 4 meter melanda pantai selatan pulau Jawa (terutama bagian barat Jawa Tengah dan bagian timur Jawa Barat), menyusul gempa bumi berkekuatan 7,7 SR; sedikitnya 226 orang tewas. (Pikiran Rakyat) (Media Indonesia) (Kompas) (AP)

Minggu, 16 Juli 2006[sunting | sunting sumber]

16 - Para pemimpin negara-negara G-8 mengeluarkan pernyataan keras atas krisis yang kian meningkat antara Israel dan Lebanon. Mengatasi perbedaan-perbedaan di antara mereka sebelumnya, mereka mengutuk keras kelompok militan Hizbullah dan sekaligus mendesak Israel agar menahan diri dalam aksi-aksi militernya terhadap Lebanon. (AP)

Sabtu, 15 Juli 2006[sunting | sunting sumber]

15 - PM Lebanon Fouad Siniora menyerukan diadakannya gencatan senjata di bawah pengawasan PBB, sementara pesawat-pesawat tempur Israel menyerang kawasan Beirut tengah. Sebagai balasan, roket-roket Hizbullah menghujani Israel. Sebuah kapal perang Israel dirusakkan oleh serangan Hizbullah. (AP)

15 - Menteri-menteri luar negeri Liga Arab mengadakan rapat darurat di Kairo untuk mencegah merebaknya krisis Timur Tengah yang mengancam wilayah itu akibat serangan-serangan Israel di Lebanon. (AFP)

15 - Raksasa sepak bola Italia, Juventus, Lazio, dan Fiorentina dinyatakan bersalah dalam kasus pengaturan skor pertandingan, dan dijatuhkan hukuman degradasi ke Seri B. Sementara AC Milan dikenai hukuman pengurangan poin. (Channel 4)

Jumat, 14 Juli 2006[sunting | sunting sumber]

14 - Kecaman atas serangan-serangan Israel di Lebanon memuncak. Berbagai pemimpin Eropa, Timur Tengah, dan Paus Benediktus XVI menyatakan keprihatinannya atas meningkatnya ketegangan di Lebanon. (Reuters)

14 - Pesawat-pesawat tempur Israel menghancurkan gedung markas besar gerilyawan Hizbullah di selatan Beirut. Tak diketahui apakah ada korban yang jatuh. Hizbullah dituduh sebagai pelaku penyerangan dan penculikan terhadap pasukan-pasukan Israel. [3]

Kamis, 13 Juli 2006[sunting | sunting sumber]

13 - Ketegangan di Timur Tengah semakin meningkat setelah Israel menyerang Lebanon. Israel mengebom satu-satunya bandar udara internasional di Lebanon, Bandara Internasional Rafik Hariri dan juga sebuah stasiun televisi. (AP)

13 - Gelombang kriminalitas yang melanda kota São Paulo, Brasil memasuki hari ketiga. Geng-geng membakari bus-bus, menyerang bank, dan stasiun polisi. (AP)

13 - Pemerintah India menyebutkan nama dua orang yang dicurigai sebagai pelaku pengeboman stasiun kereta api di Mumbai, yaitu Sayyad Zabiuddin dan Zulfeqar Fayyaz. Kebangsaan mereka tidak disebutkan. (AP)

13 - Tujuh orang tewas dan tiga orang luka berat akibat carok massal di Desa Bujur Tengah, Kecamatan Batumarmar, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Jumlah korban diduga masih akan bertambah, karena banyak korban yang melarikan diri meskipun dalam keadaan luka. (Media Indonesia)

Selasa, 11 Juli 2006[sunting | sunting sumber]

11 - Delapan bom menghantam jaringan kereta api Mumbai, India pada jam-jam sibuk di hari Selasa malam. Akibatnya, lebih dari 190 orang meninggal dunia dan lebih dari 400 orang luka-luka. Pelakunya diduga para teroris Kashmir, namun hal ini disangkal mereka sehari kemudian, yang menggambarkan serangan tersebut sebagai tindakan "barbar" dan "membangkitkan amarah." Pemerintah Pakistan dengan segera mengecam pengeboman ini. (Reuters) (AP) (Reuters)

11 - UU Kewarganegaraan dan UU Pemerintahan Aceh disetujui DPR.

11 - Kantor Presiden Palestina telah menerima US$50 juta dari Liga Arab. Ini adalah bantuan internasional terbesar yang diberikan kepada negara itu sejak Hamas memenangkan pemilu pada Januari lalu, yang menyebabkan Palestina diboikot oleh negara-negara Eropa dan Amerika Serikat. (AP)

Senin, 10 Juli 2006[sunting | sunting sumber]

10 - Shamil Basayev, pemimpin Chechnya, tokoh penyandraan Beslan dan otak berbagai serangan dan teror di Rusia, terbunuh ketika truk yang penuh dengan dinamit dalam konvoinya meledak. (Brandon Sun)

10 - Mundurnya Perdana Menteri Kazimierz Marcinkiewicz membuat Polandia dipimpin oleh si kembar, Lech Kaczyński sebagai Presiden dan Jarosław Kaczyński sebagai Perdana Menteri Polandia.

Minggu, 9 Juli 2006[sunting | sunting sumber]

9 - Italia menjadi juara Piala Dunia FIFA 2006 setelah mengalahkan Perancis dalam adu tendangan penalti, 5-3 (1-1). Sehari sebelumnya, Jerman menang 3-1 melawan Portugal dalam perebutan posisi juara ketiga.

Sabtu, 8 Juli 2006[sunting | sunting sumber]

8 - Pemenang Nobel Perdamaian Jose Ramos Horta dinyatakan sebagai perdana menteri baru Timor Leste, seperti yang diumumkan presiden Xanana Gusmao.(BBC Indonesia)

Kamis, 6 Juli 2006[sunting | sunting sumber]

6 - Kandidat Felipe Calderón dari Partai Aksi Nasional (PAN) menang dalam pemilu presiden 2006 Meksiko, namun Andrés Manuel López Obrador menolak mengakuinya dan menyatakan akan tetap menantang hasil tersebut di pengadilan. (AP)

Rabu, 5 Juli 2006[sunting | sunting sumber]

5 - Korea Utara melakukan uji coba peluncuran rudal. Hal ini langsung dikecam berbagai negara, termasuk Amerika Serikat, Jepang, Tiongkok, dan Korea Selatan.

Selasa, 4 Juli 2006[sunting | sunting sumber]

4 - NASA tetap meluncurkan pesawat angkasa luar Discovery, meskipun sebelumnya timbul kekhawatiran karena munculnya gangguan teknis pada tubuh pesawat. (AP)

Senin, 3 Juli 2006[sunting | sunting sumber]

3 - Sedikitnya 42 orang tewas dalam kecelakaan kereta api metro di Valencia, Spanyol timur. Dua gerbong rangkaian kereta api itu tergelincir dari rel di terowongan stasiun Jesus, di dekat pusat kota Valencia. (BBC Indonesia)

3 - Seorang demonstran dan seorang polisi tewas dan lebih dari 100 orang lainya luka-luka dalam bentrokan di Bangladesh sementara partai-partai oposisi menghentikan layanan angkutan umum di seluruh negeri. (VOA Indonesia)

Minggu, 2 Juli 2006[sunting | sunting sumber]

2 - Perdana Menteri Israel, Ehud Olmert, mengatakan dia memerintahkan tentara dan pasukan keamanan untuk mempergencar serangan di Gaza. Langkah itu diambil sebagai reaksi terhadap penyanderaan seorang serdadu Israel oleh para militan Palestina sepekan lalu. (BBC Indonesia)