Wangsa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Wangsa atau dinasti berarti kelanjutan kekuasaan pemerintahan yang dipegang oleh satu garis keturunan. Dalam sejarah Indonesia banyak kerajaan di bumi nusantara yang rajanya berasal dari satu silsilah yang sama, misalnya Wangsa Sailendra pada Kerajaan Mataram Kuno, Wangsa Bendahara pada Kesultanan Johor dan Kesultanan Riau-Lingga.

Wangsa bisa jadi memerintah di lebih dari satu negara. Dewasa ini Wangsa Windsor bertahta tidak hanya di Britania Raya tetapi juga di negara-negara persemakmuran seperti Kanada, Australia, dan Selandia Baru. Meskipun dikepalai oleh raja-raja dari wangsa yang sama negara-negara seperti ini tidak selalu berbagi satu raja. Misalnya Spanyol dan Prancis pernah diperintah oleh raja-raja dari Wangsa Bourbon, tetapi tetap merupakan kerajaan terpisah dengan raja-raja yang berbeda pula. Di Nusantara ini terjadi pada Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dengan Kasunanan Surakarta yang berasal dari satu wangsa, tetapi berbeda raja. Hal yang sama terjadi pada Kesultanan Johor dan Kesultanan Riau-Lingga.

Negara yang berhasil mempertahankan dinasti yang sama untuk berabad-abad lamanya adalah Jepang, yang saat ini dipegang di bawah lambang kenegaraan Kaisar dengan urutan keturunan yang ke 126 (yaitu Kaisar Naruhito yang mulai dinobatkan pada 2019). Kekaisaran Jepang ini sudah berlangsung lebih dari 2500 tahun, karena Kekaisaran Jepang dimulai sejak 660SM dengan kaisar pertamanya yaitu Kaisar Jimmu.

Daftar wangsa[sunting | sunting sumber]

Wangsa yang masih bertahta (hingga saat ini)

Wangsa terkenal lain dalam sejarah

Lihat pula[sunting | sunting sumber]