Laut Baltik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Laut Baltik
Peta Laut Baltik
LetakEropa
Koordinat58°N 20°E / 58°N 20°E / 58; 20Koordinat: 58°N 20°E / 58°N 20°E / 58; 20
Jenis perairanLaut
Aliran masuk utamaDaugava, Kemijoki, Neman, Neva, Oder, Vistula, Lule, Narva, Torne
Aliran keluar utamaSelat Denmark
Wilayah tangkapan air1.641.650 km2 (633.840 sq mi)
Terletak di negaraCoastal: Denmark, Estonia, Finland, Germany, Latvia, Lithuania, Poland, Rusia, Sweden
Non-coastal: Belarus, Republik Czech, Norway, Slovakia, Ukraine[1]
Panjang maksimal1.601 km (995 mi)
Lebar maksimal193 km (120 mi)
Area permukaan377.000 km2 (146.000 sq mi)
Kedalaman rata-rata55 m (180 ft)
Kedalaman maksimal459 m (1.506 ft)
Volume air21.700 km3 ([convert: unit tak dikenal])
Masa tinggal25 years
Keliling18.000 km (5.000 mi)
KepulauanAbruka, Aegna, Pulau Laut Kepulauan (Kepulauan Åland), Bornholm, Dänholm, Ertholmene, Falster, Fårö, Fehmarn, Gotland, Hailuoto, Hiddensee, Hiiumaa, Holmöarna, Kassari, Kesselaid, Kihnu, Kimitoön, Kõinastu, Kotlin, Laajasalo, Lauttasaari, Lidingö, Ljusterö, Lolland, Manilaid, Mohni, Møn, Muhu, Poel, Prangli, Osmussaar, Öland, Replot, Ruhnu, Rügen, Saaremaa, Stora Karlsö, Suomenlinna, Suur-Pakri and Väike-Pakri, Ummanz, Usedom/Uznam, Väddö, Värmdö, Vilsandi, Vormsi, Wolin
PermukimanCopenhagen, Gdańsk, Gdynia, Helsinki, Kaliningrad, Kiel, Klaipėda, Lübeck, Luleå, Oulu, Riga, Rostock, Saint Petersburg, Stockholm, Tallinn, Turku
Referensi[2]
1 Perkiraan.

Laut Baltik terletak di sebelah timur laut benua Eropa. Laut ini dibatasi oleh semenanjung Skandinavia, tanah daratan Eropa Tengah dan Timur serta Denmark. Perairannya mengalir ke Kattegat dan Laut Utara melewati Öresund, Sabuk Besar dan Sabuk Kecil. Selain itu laut Baltik dihubungkan ke Laut Utara dengan terusan Kiel dan dengan Laut Putih dengan terusan Laut Putih.

Dalam bahasa Jerman, laut ini disebut Ostsee yang sebenarnya berarti "laut Timur".

Sub-bagian[sunting | sunting sumber]

Bagian utara Laut Baltik dikenal sebagai Teluk Bothnia. Berikutnya ke selatan adalah Laut Åland. Teluk Finlandia menghubungkan Laut Baltik dengan St. Petersburg. Laut Baltik Utara terletak antara Stockholm, Finlandia barat daya, dan Estonia. Gotland Basin Barat dan Timur membentuk bagian utama dari Laut Baltik Tengah. Teluk Riga terletak antara Riga dan Saaremaa. Teluk Gdańsk terletak di timur Semenanjung Hel di pesisir Polandia dan barat Sambia di Oblast Kaliningrad. Teluk Pomerania terletak di utara pula Usedom dan Wolin, timur Rügen. Basin Bornholm adalah wilayah di timur Bornholm dan Basin Arkona meluas dari Bornholm ke pulau Denmark Falster dan Zealand. Antara Falster dan pesisir Jerman terletak Teluk Mecklenburg dan Teluk Lübeck. Bagian paling barat dari Laut Baltik adalah Teluk Kiel. Ketiga Selat Denmark, Sabuk Besar, Sabuk Kecil dan Öresund menghubungkan Laut Baltik dengan teluk Kattegat dan selat Skagerrak di Laut Utara. Tempat pertemuan kedua laut ini di Skagen di ujung utara Denmark adalah sebuah tempat dengan pemandangan indah dikunjungi oleh banyak wisatawan setiap tahun.

Termasuk seluruh sub bagiannya, luas total dari Laut Baltik adalah 370.000 km² dan dengan isi sekitar 21.000 km³. [1] Diarsipkan 2006-04-21 di Wayback Machine.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


  1. ^ "Coalition Clean Baltic". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-06-02. Diakses tanggal 5 July 2013. 
  2. ^ Data oseanografi