Laut Irlandia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Laut Irlandia
IrishSeaReliefMap.jpg
Laut Irlandia dilihat dari udara.

Laut Irlandia (Irlandia dan Gaelik Skotlandia: Muir Éireann/Muir Mhanann, Manx: Mooir Vannin, Wales: Iwerddon Mayor, Skotlandia: Erse Sea), disebut juga Laut Mann atau Laut Manx, memisahkan pulau Irlandia dan Inggris. Laut ini terhubung ke Samudra Atlantik di sebelah selatan oleh Channel St.George, dan di utara dengan Channel Utara. Anglesey adalah pulau terbesar di Laut Irlandia, diikuti oleh Pulau Man.

Ekonomi laut yang signifikan untuk daerah, pengiriman perdagangan dan transportasi, perikanan, dan pembangkit listrik dalam bentuk tenaga angin dan nuklir. Tahunan pulau lalu lintas antara dua berjumlah lebih dari 12 juta dan 17 juta Penumpang ton barang yang diperdagangkan.

Luas[sunting | sunting sumber]

Organisasi Hidrografi Internasional mendefinisikan Batas Laut Irlandia (dengan Channel St.George) sebagai berikut:

Di Utara. Batas Selatan Laut Skotlandia [atau Laut inti dari Pantai Barat Skotlandia, didefinisikan sebagai "garis yang menghubungkan Extreme Selatan dari Galloway (54°38'N) di Skotlandia dan Ballyquintin Point (54°20'N ) di Irlandia "].

Di Selatan. Sebuah garis yang menghubungkan St.David's Head (51°54′LU 5°19′BT / 51,9°LU 5,317°BB / 51.900; -5.317) Carnsore Point (52°10′LU 6°22′BT / 52,167°LU 6,367°BB / 52.167; -6.367).

Pelayaran[sunting | sunting sumber]

Tidak seperti Inggris, Irlandia tidak memiliki terowongan atau jembatan ke daratan Eropa. Mayoritas besar perdagangan barang berat dilakukan oleh laut. Pelabuhan Irlandia Utara menangani 10 juta ton barang perdagangan dengan Britania Raya setiap tahun, sementara pelabuhan di Republik Irlandia menangani 7,6 juta ton, yang mewakili 50% dan 40% masing-masing dari total perdagangan berat.

Pelabuhan Liverpool menangani 32 juta ton kargo dan 734.000 penumpang per tahun. Pelabuhan Holyhead menangani sebagian besar lalu lintas penumpang dari Pelabuhan Dublin dan Laoghaire Dun, dari 3,3 juta ton baik dari Freight.

Pelabuhan di Republik Irlandia menangani 3.600.000 pelancong melintasi tahun kuda laut, sebesar 92% dari semua perjalanan Laut Irlandia . Ini telah mantap menjatuhkan Ditjen selama beberapa tahun (20% sejak 1999), mungkin dari hasil biaya rendah Airlines .

Ferry dari Inggris ke Irlandia di Laut Irlandia sertakan rute dari Swansea ke Cork, Fishguard dan Pembroke untuk Rosslare, Holyhead untuk Dun Laoghaire, Holyhead ke Dublin, Stranraer ke Belfast dan Larne, dan Cairnryan untuk Larne. Juga ada koneksi Antara Liverpool dan Belfast melalui Isle of Man atau Direct dari Birkenhead. Mobil Terbesar Dunia Ferry, Ulysses, dioperasikan oleh Feri Irlandia pada rute Dublin Port-Holyhead; Stena Line mengoperasikan Juga Antara Inggris dan Irlandia. Pelabuhan Barrow-in-Furness, meskipun Menjadi salah satu Pusat Terbesar Inggris galangan kapal dan Menjadi rumah bagi kompleks Inggris Submarine-bangunan, hanya pelabuhan kecil.