Laut Jepang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Laut Jepang
Sea of Japan Map en.png
Nama dalam Bahasa Korea (Korea Utara)
Hanja 朝鮮東海
Hangul 조선동해
Revised Romanization Joseon Donghae
McCune-Reischauer Chosŏn Tonghae
Nama dalam bahasa Korea (Korea Selatan)
Hanja 東海
Hangul 동해
Revised Romanization Donghae
McCune-Reischauer Tonghae
Nama dalam Bahasa Jepang
Kanji 日本海
Hiragana にほんかい
Romanisasi Hepburn Nihonkai
Nama dalam bahasa Rusia
Bahasa Rusia Япо́нское мо́ре
Romanisasi Yaponskoye more

Laut Jepang atau Laut Timur adalah laut tepi di sebelah barat Samudra Pasifik yang mempunyai ombak sedikit karena dikelilingi oleh daratan.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Laut Jepang dikelilingi oleh daratan Rusia dan pulau Sakhalin di sebelah utara, Korea Utara dan Korea Selatan di sebelah barat, dan di sebelah timur oleh kepulauan Jepang yang terdiri dari pulau Hokkaido, Honshu dan Kyushu.

Laut Jepang dihubungkan dengan laut-laut di sekitarnya oleh 5 selat dangkal: Selat Tartary antara daratan Asia dan Sakhalin, Selat La Perouse antara pulau-pulau Sakhalin dan Hokkaido, Selat Tsugaru antara Hokkaido dan Honshu, Selat Kanmon antara pulau Honshu dan Kyushu, dan Selat Korea antara Semenanjung Korea dan pulau Kyushu. Selat Korea terdiri dari Kanal Barat dan Selat Tsushima yang ada di kedua belah sisi pulau Tsushima.

  • Titik terdalam: 3.742 meter dibawah permukaan laut
  • Kedalaman rata-rata: 1.752 meter
  • Luas permukaan: sekitar 978.000 km²

Laut Jepang memiliki 3 palung utama: Palung Yamato di sebelah tenggara, Palung Jepang di sebelah timur, dan Palung Ulleung di sebelah barat daya. Titik terdalam Laut Jepang terletak di Palung Jepang, sedangkan titik terdangkal terletak di Palung Tsushima.

Arus hangat Tsushima, cabang dari Arus Kuroshio, mengalir ke arah utara menuju Selat Korea sepanjang garis pantai Jepang. Arus dingin Liman mengalir ke selatan melalui Selat Tartary sepanjang garis pantai Rusia.

Laut Jepang merupakan laut yang terkepung daratan ketika seluruh daratan Asia Timur masih bersatu. [1].

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Daerah utara dan tenggara Laut Jepang kaya dengan hasil laut. Laut Jepang juga kemungkinan mempunyai deposit gas alam dan minyak bumi.

Penamaan[sunting | sunting sumber]

Walaupun Laut Jepang atau Sea of Japan adalah istilah yang umum digunakan di dunia internasional, Korea Utara dan Korea Selatan secara terus menerus mengusulkan nama baru sebagai pengganti nama Laut Jepang. Korea Selatan berpendapat Laut Jepang harus dinamakan Laut Timur (East Sea), sedangkan Korea Utara menginginkan nama Laut Timur Korea (East Sea of Korea).