Kyushu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pulau Kyushu, Jepang

Kyūshū (九州, harfiah: "sembilan provinsi") adalah pulau terbesar ketiga di Jepang dan yang paling selatan dan barat dari keempat pulau utama Jepang. Nama kuna Kyushu adalah Saikaido. Ia dikenal sebagai tempat lahirnya kaum Jepang.

Populasi: 13,44 juta (1995). Wilayah: 35.640 km².

Kyushu sangat bergunung; gunung berapi aktif terbesar di Jepang, Gunung Aso (1592 m) terletak di Kyushu. Ada banyak tanda aktivitas tektonik lainnya, termasuk banyak daerah pemandian air panas. Yang paling terkenal dari semuanya ada di Beppu, di timur laut, dan Aso, di Kyushu tengah.

Daerah Kyushu mempunyai tujuh prefektur di pulau Kyushu - Fukuoka, Kagoshima, Kumamoto, Miyazaki, Nagasaki, Oita, dan Saga - bersama dengan satu lainnya di pulau yang terpisah Okinawa.

Kota utama di pulau ini adalah Fukuoka - sebuah pelabuhan dan pusat utama industri berat. Kitakyushu dan Omuta juga adalah pusat industri. Pelabuhan utama terletak di Nagasaki.

Kyushu mempunyai banyak kota besar - yang terbesar adalah Fukuoka, kota terbesar kedelapan di Jepang. Berikutnya adalaha Kitakyushu, kota terpadat kesembilan di Jepang, dan juga Nagasaki, tempat jatuhnya bom atom yang mengakhiri Perang Dunia II pada 1945.

Kyushu juga adalah tempat tinggal manusia tertua di dunia, Kamato Hongo dan juga pria tertua Yukichi Chuganji.