Prefektur Wakayama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Prefektur {{{Name}}}
Logo resmi Prefektur {{{Name}}}
Lambang Prefektur Wakayama
Lokasi Prefektur {{{Name}}}
negara Jepang
Peringkat luas {{{AreaRank}}}
ISO 3166 JP-30
Munisipalitas 30

Prefektur Wakayama adalah sebuah prefektur di Jepang yang berada di sebelah barat Semenanjung Kii. Ibu kota di Wakayama.

Dalam pembagian provinsi zaman dulu di Jepang, prefektur ini disebut Provinsi Kii, dan sebagian besar wilayah Prefektur Wakayama adalah wilayah Provinsi Kii. Pada zaman Edo, wilayah ini disebut Domain Kishū yang dikuasai oleh salah satu dari tiga keluarga Tokugawa yang disebut keluarga Tokugawa Kishū.

Sejak zaman kuno, Wakayama disebut "negeri pohon" karena daerah ini dipenuhi hutan dan gunung (sekitar 70% merupakan kawasan pegunungan). Lembah dan pegunungan Prefektur Wakayama merupakan lokasi kuil-kuil Buddha dan Shinto yang penting, termasuk Gunung Kōya dan Tiga Kuil Shinto Kumano. Gunung Kōya adalah pusat agama Buddha sekte Shingon

Prefektur Wakayama bagian utara yang berpusat di Kota Wakayama termasuk ke dalam Kawasan Industri Hanshin. Di bagian pesisir merupakan pusat industri berat seperti pabrik baja dan kilang minyak. Bagian tengah Prefektur Wakayama banyak terdapat kebun jeruk manis (Citrus unshiu atau mikan). Produk pertanian terkenal lainnya yang terkenal dari Wakayama adalah jeruk hassaku (Citrus hassaku), buah Prunus mume, dan kesemek. Perkebunan Prunus mume (ume) terutama berada di sekitar Tanabe.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Lokasi Prefektur Wakayama

Prefektur Wakayama termasuk wilayah Kinki. Prefektur ini berbatasan dengan Prefektur Osaka, Prefektur Nara, Prefektur Mie, Prefektur Hyogo, dan Prefektur Tokushima. Tanjung Shionomisaki adalah titik paling selatan dari Pulau Honshu.

Sekitar 81% (3.832 km²) dari luas wilayah 4.726 km² adalah kawasan pegunungan. Bagian tengah kawasan Pegunungan Kii, dari utara ke selatan disebut Pegunungan Ōmine. Di perbatasan dengan Prefektur Nara terdapat Pegunungan Kiwa dengan puncak-puncak yang terdiri dari Jingamine (1.106 m), Gunung Gomadan (1.372 m), Gunung Ando (1.184 m). Di sebelah selatan terdapat Gunung Ōtō (1.112 m).

Jalur Utama Kisei (Jalur Kinokuni) yang melayani sepanjang pesisir Prefektur Wakayama dioperasikan oleh JR West, dimulai dari Kota Wakayama hingga Stasiun Shingū. Jalur sambungannya adalah Jalur Wakayama yang sejajar dengan Sungai Kinokawa dari Stasiun Shingū hingga Stasiun Kameyama di Prefektur Mie dioperasikan oleh JR Central.

Kinokawa adalah sungai terbesar dan terpanjang, dan alirannya berada di dataran rendah Wakayama. Sungai-sungai lainnya, Sungai Arida, Sungai Hidaka, Sungai Tonda, Sungai Hiki, Sungai Koza, dan Sungai Kumano mengalir di kawasan pegunungan, dan memiliki aliran yang sangat berkelok-kelok.

Iklim[sunting | sunting sumber]

Prefektur Wakayama bagian selatan beriklim pesisir Samudra Pasifik; bagian utara beriklim Laut Pedalaman Jepang. Prefektur Wakayama selatan bagian timur memiliki curah hujan tahunan yang tinggi, sebesar 4.000 mm. Daerah yang bercurah hujan tinggi merupakan kawasan berhutan lebat, sebagian sudah banyak ditebang dan sekarang merupakan hutan buatan. Di hutan dapat ditemui rusa, dan rakun banyak ditemui di desa pertanian.

Taman nasional[sunting | sunting sumber]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Zaman kuno[sunting | sunting sumber]

Kimano Nachi Taisha yang awalnya didirikan di dekat Air Terjun Nachi dipindahkan ke lokasi yang sekarang pada tahun 317. Gugusan makam kuno Iwasesenzuka yang berada di Kota Wakayama diperkirakan dibangun pada abad ke-5 hingga abad ke-7.

Pada tahun 701, Kaisar Mommu memerintahkan untuk membangun kuil Dōjō-ji. Gunung Kōya diberikan kepada Kōbōdaishi Kūkai pada tahun 816 dari Kaisar Saga yang memerintahkannya membangun kuil. Pada tahun 1000, Kaisar Ichijō memerintahkan pembangunan kuil Chōhō-ji. Setelah turun tahta, Kaisar Go-Shirakawa (1127-1192) sering melakukan perjalanan ziarah ke Kumano.

Di Kota Iwade, didirikan kuil Negoro-ji pada tahun 1130.

Zaman Sengoku hingga zaman Edo[sunting | sunting sumber]

Setelah orang Jepang mengenal senapan, Tsuda Kazunaga mengajarkan cara membuat senapan kepada prajurit biksu di Negoro-ji, dan produksi massal dimulai pada 23 September 1543.

Pada tahun 1585, Hashiba Hidenaga menerima perintah dari kakak tirinya, Hashiba Hideyoshi untuk membangun Istana Wakayama. Hideyoshi memberi nama daerah ini sebagai Wakayama untuk menandingi Wakanoura yang sejak zaman dulu terkenal sebagai tempat pemandangan indah.

Saikazaki, Wakanoura

Dalam Pertempuran Sekigahara tahun 1600, Asano Yoshinaga memihak kepada klan Tokugawa. Setelah klan Tokugawa berkuasa, Yoshinaga menerima Istana Wakayama dan diangkat sebagai penguasa Provinsi Kii yang bernilai 300 ribu koku.

Tokugawa Yorinobu mulai berkuasa di Istana Wakayama pada 19 Juli 1618. Yorinobu mendirikan keluarga Tokugawa Kishū. Pada 28 September 1716, penguasa Domain Kishū Togukawa Yoshimune diangkat sebagai Sei-i Taishōgun, dan memulai kebijakan ekonomi yang disebut Reformasi Kyōhō. Sebuah taman Jepang selesai dibangun di Kota Wakayama pada tahun 1826 dan diberi nam Taman Yōsui.

Zaman modern[sunting | sunting sumber]

Setelah adanya kebijakan penghapusan sistem domain, Prefektur Wakayama secara resmi dibentuk pada 29 Agustus 1871.

Kapal barang bertenaga uap Normanton milik Inggris sedang dalam pelayaran rutin dari Yokohama ke Kobe ketika menabrak karang dan tenggelam di lepas pantai Wakayama pada 24 Oktober 1886. Musibah ini dikenal sebagai Peristiwa Normanton. Semua orang Eropa dalam kapal—termasuk nakhoda dan awak kapal—berhasil menyelamatkan diri dengan sekoci, namun 25 penumpang Jepang di atas kapal tewas tenggelam.

Pada 16 September 1890, kapal fregat Turki Ertuğrul karam akibat dilanda taifun di lepas pantai Prefektur Wakayama. Kapal sedang dalam pelayaran pulang ke Turki setelah melakukan kunjungan persahabatan di Jepang, 533 pelaut tewas. Pada tahun 1974 dibuka Museum Persahabatan Turki di Kushimoto untuk memperingati musibah fregat Ertuğrul.

Banjir besar yang terjadi di Wakayama pada 18 Juli 1953 mengakibatkan 615 orang tewas dan 431 orang hilang. Bandar udara di selatan Prefektur Wakayama, Bandar Udara Nanki-Shirahama dibuka pada April 1968.

Dari 8 Januari 1995 hingga 10 Desember 1995, NHK menayangkan taiga drama Hachidai Shōgun Yoshimune. Serial drama ini mengisahkan Shogun Tokugawa Yoshimune yang berasal Wakayama.

Situs Suci dan Rute Ziarah di Pegunungan Kii dan Gunung Kōya ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 7 Juli 2004.

Tujuan wisata[sunting | sunting sumber]

Danjōgaran di Gunung Kōya.

Tujuan wisata utama di Wakayama adalah Kota Wakayama, Shirahama, dan Nachikatsuura. Pantai-pantai Wakayama dijadikan tempat berenang dan rekreasi pantai selama musim panas.

Kuil-kuil Buddha dan Shinto di Wakayama merupakan tujuan wisata ziarah yang populer, di antaranya: Tiga Kuil Kumano, Gunung Kōya, dan Seiganto-ji serta Kimiidera yang masing-masing adalah perhentian pertama dan kedua dalam Rute Ziarah Kwan Im Kansai. Gunung Kōya ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 7 Juli 2004.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Kereta api[sunting | sunting sumber]

Bus[sunting | sunting sumber]

Bandar udara[sunting | sunting sumber]

Kota[sunting | sunting sumber]

Kota kecil dan desa[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]