Prefektur Akita

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Prefektur {{{Name}}}
Transkripsi Jepang
 • Rōmaji Akita-ken

Lambang Prefektur Akita
negara Jepang
Kode ISO 3166 JP-05
Munisipalitas 25

Prefektur Akita (秋田県 Akita-ken?) terletak di wilayah Tohoku, bagian utara dari Jepang. Ibu kota dari Prefektur Akita adalah Kota Akita.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Penyair waka dari Periode Heian, Ono no Komachi, dikatakan telah lahir di sini (tetapi tempat lahir sebenarnya tidak ada yang tahu).

Geografi[sunting | sunting sumber]

Terletak di bagian utara Pulau Honshu, Prefektur Akita menghadap Laut Jepang di bagian barat dan berbatasan dengan Prefektur Aomori di utara, Prefektur Iwate di timur, Prefektur Miyagi di tenggara, dan Prefektur Yamagata di selatan.

Wilayah dari Prefektur Akita berbentuk empat persegi panjang, secara kasar 181 km dari utara ke selatan dan 111 km dari barat ke timur. Pegunungan Ou menjadi perbatasan di timur, dan Pegunungan Dewa yang lebih tinggi berderet melewati bagian tengah dari prefektur ini. Seperti kebanyakan wilayah utara di Jepang, Prefektur ini memiliku musim dingin yang sangat dingin, terutama daerah yang jauh dari laut.

Kota-kota[sunting | sunting sumber]


Rumah samurai di Kakunodate
Sebuah istana kekaisaran di Prefektur Akita.

Kota kecil dan desa[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah kota kecil dan desa di setiap distrik.

Penggabungan[sunting | sunting sumber]

Distrik kesembilan, Kawabe termasuk kota Kawabe dan kota Yuwa, bergabung ke Akita pada 11 Januari 2005.

Kota Misato di Distrik Senboku dibentuk pada 1 November 2004 dari hasil gabungan desa Sennan dan kota-kota kecil Rokugou dan Senhata.

Pada 22 Maret 2005, kota Omagari bergabung dengan kota-kota kecil Kamioka, Nishisenboku, Nakasen, Kyowa, Senboku, Ota, dan desa Nangai dari Senboku District untuk membentuk kota baru bernama Daisen

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Seperti kebanyakan perefektur di wilayah Tohoku, perekonomian di Akita masih didominasi oleh industri tradisional, seperti pertanian, perikanan, dan kehutanan. Hal ini telah mendorong para pemuda di Akita untuk bermigrasi ke Tokyo dan kota-kota besar lainnya.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Kebudayaan[sunting | sunting sumber]

Akita memiliki festival istana es yang diselenggarakan pada akhir musim dingin, sekitar bulan Februari.

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Gerbang Depan Honmaru, Istana Kubota di Kota Akita, ibu kota Prefektur Akita.

Di dekat Danau Tazawa, ada cukup banyak pemandian air panas (onsen), yang didatangi oleh pelancong dari seluruh Jepang. Selain itu, ada banyak pula matsuri yang menawarkan kebudayaan yang telah berlangsung dari Jepang kuno.

Kakunodate adalah kota kecil yang nyaman, yang memiliku banyak rumah samurai. Rumah Aoyagi dahulunya adalah tempat tinggal dari Odano Naotake, orang yang pertama kali mengilustrasikan anatomi tubuh manusia di Jepang. Rumah itu sekarang menjadi musium dan galeri dari ilustrasi medis dan barang-barang tradisional.

Topik-topik lainnya[sunting | sunting sumber]

Prefektur Akita terkenal dengan Akita bijin, yang secara harfiah berarti "wanita cantik dari Akita". Hal ini dikatakan telah dibuktikan melalui penelitian ilmiah dan terbukti melanin dari wanita Akita sedikit berbeda dengan wanita dari wilayah lain di Jepang.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]