Prefektur Tottori

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Prefektur {{{Name}}}
Logo resmi Prefektur {{{Name}}}
Lambang Prefektur Tottori
Lokasi Prefektur {{{Name}}}
negara Jepang
Peringkat luas {{{AreaRank}}}
ISO 3166 JP-31
Munisipalitas 19
Guguk pasir Tottori

Prefektur Tottori (鳥取県 Tottori-ken?) adalah prefektur Jepang yang terletak di bagian timur laut wilayah Chugoku, tepatnya sebelah timur daerah San-in di pulau Honshu. Prefektur Tottori mempunyai jumlah penduduk yang paling sedikit di antara semua prefektur di Jepang. Ibu kota di kota Tottori yang dulunya berkembang dari kota sekeliling Istana Tottori

Produk pertanian kebanggaan Prefektur Tottori adalah buah pir Nijisseiki yang terkenal di seluruh Jepang karena rasanya yang sangat enak. Produk pertanian lain yang terkenal seperti buah pir jenis Kōsui, nagaimo, lokyo, daun bawang dan semangka.

Guguk pasir Tottori merupakan objek wisata paling terkenal di Prefektur Tottori.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Prefektur Tottori bagian barat berbatasan dengan Prefektur Shimane, di bagian timur berbatasan dengan Prefektur Hyogo dan bagian selatan dengan Prefektur Hiroshima, Prefektur Okayama, dan Prefektur Hyogo.

Prefektur Tottori memiliki garis pantai dengan Laut Jepang (Laut Timur) dan memiliki dataran tinggi di daerah pegunungan Chugoku.

Secara garis besar wilayah dibagi menjadi tiga bagian, daerah bagian barat dengan pusat di kota Yonago dan kota Sakaiminato, daerah bagian tengah dengan pusat di kota Kurayoshi, dan daerah bagian timur dengan pusat di kota Tottori.

Prefektur Tottori memiliki daerah pertanian yang luas di dataran rendah Tottori, dataran rendah Kurayoshi dan dataran rendah Yonago. Gunung Daisen (1.729 m) merupakan gunung tertinggi di Prefektur Tottori, diikuti Gunung Hyōnosen (1.509,6 m) dan Gunung Nagi (1.255 m).

Aliran sungai semuanya bermuara di Laut Jepang, kota Tottori dilewati sungai Sendai, kota Kurayoshi dilewati sungai Tenjin, dan kota Yonago dilewati sungai Hino.

Di sebelah barat daya kota Tottori terdapat Danau Koyamaike yang merupakan danau yang terbentuk dari genangan air laut yang terperangkap dan membentuk "kolam" (ike) sehingga dinamakan Koyamaike (kolam Koyama).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Asal-usul nama[sunting | sunting sumber]

Totorinomiyatsuko dan Totoribe yang merupakan asal usul kata "Tottori" (鳥取?, tangkap burung) yang sudah digunakan dalam literatur klasik Kojiki dan Nihon Shoki.

Catatan sejarah Nihon Shoki mengenai tahun ke-23 bulan 9-bulan 11 era Kaisar Suinin mengisahkan Pangeran Homutsuwakenomiko yang sejak kecil mempunyai kesulitan berbicara. Ketika kaisar sedang sedih, tiba-tiba sang pangeran menunjuk ke arah burung angsa yang sedang terbang dan berkata "Lihat, itu burung apa!" Kaisar sangat gembira mengetahui pangeran bisa berbicara dan memerintahkan pengawalnya untuk menangkap burung angsa. Salah seorang pengawal yang bernama Amanoyukawatana harus mengejar-ngejar burung angsa ke berbagai tempat di seluruh negeri sebelum akhirnya berhasil ditangkap di tempat bernama Izumo. Berkat keberhasilannya menangkap angsa, kaisar menganugerahkan gelar Torinomiyatsuko kepada Amanoyukawatana.

Pembentukan prefektur[sunting | sunting sumber]

  • 1871 - Prefektur Tottori dibentuk dari penggabungan 8 distrik bekas provinsi Inaba, 6 distrik bekas provinsi Hōki dan 3 distrik provinsi Harima sesuai dengan kebijakan penghapusan sistem han. Masih pada tahun yang sama, 3 distrik bekas provinsi Harima dilepas untuk bergabung menjadi Prefektur Himeji dan bekas wilayah provinsi Oki bergabung dengan Prefektur Shimane.
  • 21 Agustus 1876 - Prefektur Tottori digabung dengan prefektur Shimane.
  • 12 September 1881 - Prefektur Tottori melepaskan diri dari prefektur Shimane dan membentuk pemerintahan mandiri yang terdiri dari 8 distrik bekas provinsi Inaba dan 6 distrik bekas provinsi Hōki.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Bandar udara[sunting | sunting sumber]

Prefektur Tottori memiliki dua bandara domestik, Bandara Tottori di kota Tottori dan Bandara Miho (Bandara Yonago) di kota Yonago.

Jaringan kereta api[sunting | sunting sumber]

JR-West[sunting | sunting sumber]

Chizu Express[sunting | sunting sumber]

Wakasa Railway[sunting | sunting sumber]

Kereta lokal di distrik Yazu antara kota Yazu dan kota Wakasa.

Budaya[sunting | sunting sumber]

Festival[sunting | sunting sumber]

Objek wisata[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

35°27′LU 133°46′BT / 35,45°LU 133,767°BT / 35.450; 133.767