Nankai Electric Railway

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
南海電気鉄道株式会社
Nankai Electric Railway Co., Ltd.
Jenis Terbuka (TYO: 9044, OSE: 9044, NSE: 9044)
Industri/jasa Transportasi darat
Pendahulu Nankai Railway Co., Ltd. (perusahaan induk, didirikan 16 Juni 1884)
Didirikan 28 Maret 1925 di Kudoyama, Prefektur Wakayama, Jepang (sebagai Koyasan Electric Railway Co., Ltd.)
Kantor pusat 1-60, Namba 5-chōme, Chūō-ku, Osaka, Jepang
Jasa Kereta api
Taman bermain
Realestat
Pusat perbelanjaan
Anak perusahaan Hankai Tramway Co., Ltd.
Nankai Bus Co., Ltd.
Wakayama Bus Co., Ltd.
Kansai Airport Transport Enterprise Co., Ltd.
Nankai Rinkan Bus Co., Ltd.
Nankai Ferry Co., Ltd.
Nankai Urban Development Co., Ltd.
Nankai Fudosan Co., Ltd.
Situs web http://www.nankai.co.jp

Nankai Electric Railway Co., Ltd. (南海電気鉄道株式会社 Nankai Denki Tetsudō?) adalah perusahaan kereta api swasta Jepang yang berkantor pusat di Namba, Osaka. Nankai memiliki jalur kereta api sepanjang 154 km dan 704 unit kereta.

Kereta api Nankai sebagian besar beroperasi dari Stasiun Namba di Osaka ke selatan Prefektur Osaka dan bagian utara Prefektur Wakayama (Kota Wakayama, Bandar Udara Internasional Kansai, dan Gunung Kōya).

Di antara perusahaan kereta api yang didirikan dengan modal sepenuhnya dari swasta, Nankai adalah perusahaan kereta api swasta tertua di Jepang yang masih beroperasi hingga kini. Nama perusahaan Nankai berasal dari Nankaidō (jalan laut selatan) yang menghubungkan ibu kota Provinsi Kii, Provinsi Awaji, dan Shikoku.

Nankai hingga 1988 memiliki tim bisbol profesional Nankai Hawks (kemudian dibeli Daiei dan diganti nama menjadi Daiei Hawks, dan sekarang Fukuoka Softbank Hawks). Stadion kandang Nankai Hawks dulunya bernama Stadion Osaka dan Lapangan Bisbol Nankai Nakamozu (keduanya sudah dibongkar).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pendirian[sunting | sunting sumber]

Pada 16 Juni 1884, kelompok usahawan Kansai yang dipimpin Denzaburō Fujita, Jūtarō Matsumoto, Ichibei Tanaka, Jūzō Toyama mendirikan perusahaan bernama Ōsaka Sakai-kan Tetsudō (大阪堺間鉄道?). Setelah berganti nama menjadi Hankai Tetsudō (阪堺鉄道?), kereta api Hankai mulai beroperasi pada 27 Desember 1885 melayani jalur Namba–Yamatogawa (7,6 km). Pada Mei 1888, jalur Hankai diperpanjang hingga Azumabashi di Sakai hingga terwujud rencana membuat jalur kereta api OsakaSakai.

Hankai Tetsudō didirikan sebagai perusahaan kereta api swasta ketiga paling awal di Jepang setelah Nippon Tetsudō (setengah swasta, setengah pemerintah) dan Tōkyō Basha Tetsudō. Modal pendirian berasal perusahaan kereta api angkutan bijih Kamaishi Kōzan Tetsudō yang ditutup tahun 1883.

Nankai Tetsudō[sunting | sunting sumber]

Pada 1889, Kisen Tetsudō membuka jalur Sakai–Wakayama. Kisen Tetsudō lalu merger dengan Kihan Tetsudō yang didirikan tahun 1891. Merger menghasilkan perusahaan kereta api Nankai Tetsudō yang didirikan 25 Agustus 1895, dan mulai melayani rute Sakai-Izumisano sejak Oktober 1897.

Pada 1 Oktober 1898, Nankai Tetsudō mengakuisisi Hankai Tetsudō, dan sepenuhnya membuka jalur Namba–Wakayama pada 21 Maret 1903. Pada 24 Desember 1909, Nankai merger dengan Naniwa Densha Kidō, dan kemudian dengan Hankai Denki Kidō pada 1915. Selanjutnya pada 1922, Nankai merger dengan Ōsaka Kōya Tetsudō (dulunya milik Kaichirō Nezu) dan Kōya Daishi Tetsudō yang memiliki Jalur Kōya.

Kōyasan Denki Tetsudō didirikan pada 28 Maret 1925 dengan tujuan membangun rute KōyasanshitaKōyasan. Pada 7 April 1928, Nankai menjalin kerja sama dengan Kōyasan Denki Tetsudō sehingga jalur Namba–Kōyasan dapat digunakan bersama oleh kedua perusahaan.

Merger dengan Hanwa[sunting | sunting sumber]

Nankai menghadapi persaingain keras dari Hanwa Denki Tetsudō yang mulai mengoperasikan jalur Tennōji–Wakayama pada Juni 1930. Kedua perusahaan akhirnya melakukan merger pada 1 Desember 1940 setelah adanya keharusan merger perusahaan jasa transportasi, dan jalur bekas Hanwa dinamakan Jalur Nankai Yamanote. Pada 1 Februari 1942, Nankai kembali merger dengan Kada Denki Tetsudō, dan rute bekas Kada disebut Jalur Kada.

Setelah Perang Dunia makin memburuk, 10 perusahaan kereta api swasta terkena kewajiban nasionalisasi. Pada 1 Mei 1944, Jalur Nankai Yamanote diserahkan kepada Kementerian Transportasi dan Komunikasi (Kokutetsu menyebutnya sebagai Jalur Hanwa Kokutetsu). Nankai terkena kewajiban merger selama perang, dan bergabung dengan Kansai Kyūkō Dentetsu (Kankyū) membentuk Kinki Nippon Tetsudō pada 1 Juni tahun yang sama.

Seusai Perang Dunia II[sunting | sunting sumber]

Nankai dan Kankyū ternyata tidak cocok sama lainnya, sehingga seusai Perang Dunia II, Nankai Tetsudō bermaksud memisahkan diri dari Kinki Nippon Tetsudō. Kōyasan Denki Tetsudo (Koyasan Electric Railway) yang melayani jalur Kōyasanshita–Kōyasan, menerima jalur bekas Nankai Tetsudō pada Juni 1947 setelah sebelumnya berganti nama sebagai Nankai Denki Tetsudō (Nankai Electric Railway) pada 15 Maret 1947.

Saham Nankai mulai diperdagangkan di Bursa Saham Tokyo, Bursa Saham Osaka, dan Bursa Saham Nagoya sejak Mei 1949. Selanjutnya, Nankai merger dengan Wakayama Denki Kidō yang memiliki Jalur Kishigawa dan Jalur Wakayama Kidō mulai 1 November 1961.

Jalur[sunting | sunting sumber]

Jalur sekarang[sunting | sunting sumber]

Kereta api ekspres terbatas[sunting | sunting sumber]

Kereta api ekspres terbatas (tokubetsu kyūkō) yang dioperasikan Nankai:

Galeri kereta[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Namba". Nankai Electric Railway. Diakses 2010-03-19. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]