Wakayama, Wakayama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Wakayama
和歌山市
Lokasi kota Wakayama
Wakayama di Prefektur Wakayama, Jepang
Lokasi
Negara Jepang
Wilayah Kansai
Prefektur Prefektur Wakayama
Geografi
Luas 209,23 km²
Populasi (data 1 Februari 2010)
     Penduduk 369.642
     Kepadatan 1.770/km²
Lambang
Pohon Cinnamomum camphora
Bunga Rhododendron
Lambang kota Wakayama
Bendera
Pemerintah kota Wakayama
Situs resmi: Kota Wakayama
Istana Wakayama berada di pusat kota.

Wakayama (和歌山市 Wakayama-shi?) adalah ibu kota Prefektur Wakayama, Jepang. Kota ini terletak di sebelah selatan wilayah Kinki. Pada zaman Edo, kota ini merupakan ibu kota istana Domain Kishū yang diperintah keluarga Tokugawa Kishū.

Kota Wakayama merupakan kota utama di Prefektur Wakayama. Luas kota sekitar 4% dari keseluruhan luas prefektur, dan ditinggali oleh 40% dari total penduduk prefektur. Kota ini telah ditetapkan sebagai salah satu kota utama di Jepang.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Kota ini berada di muara Sungai Kinokawa. Pusat keramaian kota Wakayama berada di Burakuri-chō.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Makam kuno Kofun Iwase Senzuka yang kini berada di Kota Wakayama, diperkirakan dibangun dari abad ke-5 hingga abad ke-7. Pembangunan kuil Kimiidera oleh biksu dari Dinasti Tang dimulai pada tahun 770.

Pada zaman Sengoku, Toyotomi Hidenaga yang menerima perintah dari Toyotomi Hideyoshi, memulai pembangunan Istana Wakayama. Sebagai tandingan untuk Wakanoura yang terkenal sejak dulu sebagai tempat pemandangan indah, Hideyoshi menamakan kota tempat istana yang dibangunnya sebagai Wakayama.

Dalam Pertempuran Sekigahara tahun 1600, Asano Yoshinaga memihak kepada klan Tokugawa. Setelah kekuasaan berada di tangan klan Tokugawa, Yoshinaga menerima Provinsi Kii dan Istana Wakayama yang bernilai 376 ribu koku. Pada 19 Juli 1619, Tokugawa Yorinobu diangkat sebagai penguasa Wakayawa yang sudah bernilai 555 ribu koku. Yorinobu memerintah Wakayama dari Istana Wakayama, dan mendirikan keluarga Tokugawa Kishū.

Kota Wakayama secara resmi didirikan pada 1 April 1889. Pada 1 April 1997, Kota Wakayama ditetapkan sebagai salah satu kota utama Jepang.

Tujuan wisata[sunting | sunting sumber]

Tujuan wisata di Kota Wakayama adalah Istana Wakayama dan Wakanoura. Istana Wakayama dibangun pada tahun 1585, namun hancur akibat kebakaran. Istana Wakayama yang ada sekarang adalah bangunan tahun 1958. Dari atas istana dapat dilihat pemandangan seluruh Kota Wakayama. Wakanoura dikenal sebagai tempat melihat matahari terbenam. Kuil Kimiidera berada di Gunung Nagusa, dan bunga sakura di kuil ini termasuk bunga mekar yang paling awal di wilayah Kansai.

Di musim panas, Pantai Kataonami dan Pantai Hamanomita merupakan tempat berenang yang ramai.

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Kota Wakayama memiliki hubungan kota kembar dengan 4 kota di luar negeri:[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sister City Relations". Wakayama City. Diakses 2010-03-21. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]