British Columbia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
British Columbia, Kanada
Provinsi flag of British Columbia Lambang dari British Columbia
(Bendera dari British Columbia) (Lambang dari British Columbia)
Motto: Splendor Sine Occasu
Peta Kanada dengan British Columbia yang diarsir
Provinsi dan teritori Kanada lainnya
Ibu Kota Victoria
Kota Terbesar Vancouver
Letnan Gubernur Steven Point
Kepala Wilayah Gordon Campbell (Partai Liberal BC)
Luas Wilayah 944.735 km² (ke-5)
 - Daratan 925.186 km²
 - Lautan 19.549 km² (2,1%)
Populasi (2004)
 - Populasi 4.168.123 (ke-3)
 - Kepadatan 4.34 /km² (ke-7)
Bergabung dalam Konfederasi
- Tanggal 20 Juli 1871
- Urutan ke-7
Zona Waktu UTC-8 & -7
Representasi di Parlemen
- Kursi di DPR 36
- Kursi di Senat 6
Singkatan-singkatan
- Pos BC
- ISO 3166-2 CA-BC
Prefiks Kode Pos V
Situs web www.gov.bc.ca

British Columbia, atau singkatnya B.C., adalah provinsi paling barat dari Kanada. Provinsi ini merupakan provinsi ke-enam yang bergabung dalam Konfederasi pada tahun 1871. Terhitung sampai tahun 2004, populasi penduduknya berjumlah 4.168.123 jiwa.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Ibukota provinsi ini adalah Victoria, terletak di sebelah tenggara Pulau Vancouver. Kota terpadatnya adalah Vancouver, yang berada di sudut barat-daya dari daratan Kanada (bukan di Pulau Vancouver). Kota-kota besar provinsi antara lain Surrey, Burnaby, Coquitlam, Richmond, Delta, dan New Westminter yang termasuk Distrik Regional Vancouver Raya (Greater Vancouver Regional District), Abbottsford dan Langley di Fraser Valley, Nanaimo di Pulau Vancouver, dan Kelowna bersama dengan Kamloops di "Pedalaman" (atau "Interior"). Kota terdekat dengan titik tengah provinsi ialah Prince George; tapi, kota kecil Vanderhoof, 100 km ke barat, lebih dekat secara geografi.

British Columbia terletak di ujung barat dari Kanada, berhadapan dengan Samudra Pasifik. Provinsi ini juga berbatasan dengan Alaska, negara bagian dari Amerika Serikat, tepat di sebelah utaranya ialah Yukon dan Teritori Northwest, di timur berbatasan dengan Alberta, dan di selatan dengan negara bagian Washington, Idaho, dan Montana. Perbatasan sebelah selatan dari British Columbia dirumuskan oleh Traktat Oregon tahun 1846.

British Columbia terkenal dengan pemandangan alamnya yang spektakular and spesial yang bisa terlihat dari tempat-tempat seperti Pegunungan Rockies (Canadian Rockies) dan juga fjord di Jalur Dalam (Inside Passage's fjords) yang merupakan tempat untuk kegiatan luar rumah dan wisata alam. Selain itu, daerah yang bernama Okanagan juga merupakan salah satu dari tiga daerah perkebunan anggur di Kanada dan menghasilkan jus apple yang sangat bagus, tapi hanya mengekspor sedikit dari kedua minuman itu. Kota-kota kecil seperti Penticton, Oliver, dan Osoyoos mempunyai temperatur musim panas yang cukup hangat di Kanada dan menjadi tempat untuk wisata dari mancanegara.

Sebagian besar dari Pulau Vancouver merupakan hutan tropis yang sejuk, salah satu dari sebagian kecil ekosistem sejenis yang ada di dunia (selain dari Semenanjung Olimpiade (Olympic Peninsula) di Washington dan di Chile). Bagian utara dari provinsi ini lebih bersalju dan mempunyai musim dingin yang sangat dingin; tetapi, bagian selatannya dan juga Pulau Vancouver lebih sejuk di sebagian besar daerah, dimana klimatnya lebih dipengaruhi oleh Samudera Pasifik. Di pedalaman, temperatur musim panas bisa lebih hangat, kadang-kadang tergolong panas. Ada lebih dari satu tempat di British Columbia dimana rekor temperatur musim panas tercatat 43,3 °C (110 °F).

10 Kabupaten Terbesar menurut Populasi

Kabupaten 2001 1996
Vancouver 545.671 514.008
Surrey 347.825 304.477
Burnaby 193.954 179.209
Richmond 164.345 148.867
Abbotsford 115.463 104.403
Coquitlam 112.890 101.820
Saanich 103.654 101.388
Delta 96.950 95.411
Kelowna 96.288 89.422
Langley 86.896 80.179

Taman dan Daerah Terlindung[sunting | sunting sumber]

Ada 14 daerah yang terdiri dari taman-taman dan daerah terlindung di provinsi ini yang mencerminkan beragam administrasi dan kreasi dari daerah-daerah ini dalam konteks modern. Ada 141 tempat Cadangan Ekologikal, 35 taman laut tingkat provinsi, 7 Daerah Budaya, 6 Tempat Sejarah Nasional, 4 Taman Nasional dan 3 Taman Cadangan Nasional. 12,5% (11,4 juta hektare) dari B.C. tergolong 'dilindungi' oleh salah satu dari 14 macam penempatan yang mencakup 800 area.

British Columbia mempunyai tujuh Taman Nasional Kanada:

B.C. juga mempunyai banyak taman nasional tingkat provinsi, yang dikelola oleh BC Parks, bagian dari Kementerian Proteksi Air, Tanah dan Udara.

Rekreasi[sunting | sunting sumber]

Berhubungan dengan beragam pegunungan dan pesisiran pantai, danau-danau, sungai, dan hutan-hutannya, British Columbia telah lama dikenal sebagai tempat untuk menikmati bermacam aktivitas alam seperti mendaki dan kemping, panjat tebing dan naik gunung, berburu dan memancing.

Kebanyakan dari daerah provinsi ini tergolong liar atau agak liar, dimana populasi sebagian besar mamalia yang menjadi langkah di Amerika Serikat masih banyak berkeliaran di B.C. Melihat binatang and bermacam ragamnya, termasuk jenis-jenis burung, juga telah lama populer di provinsi ini. Beruang-beruang (warna abu-abu dan hitam) hidup di sini, sama halnya dengan rusa, domba, kambing gunung, serigala, elang, angsa, dan banyak lainnya. Sejumlah populasi ikan juga bisa ditemui di daerah ini, seperti salmon.

Cross-country ski dan telemark ski juga dinikmati, dan dalam dekade akhir ini, tempat ski yang menurun (downhill skiing) telah dibangun di Gunung Coast dan di Pegunungan Rockies, dan juga di daerah selatan Dataran Tinggi Shuswap dan Pegunungan Columbia. Snowboarding mulai terkenal sejak awal 1990-an. Olahraga gunung (downhill) untuk Olimpiade Musim Dingin 2010 akan diadakan di Whistler, B.C., sedang untuk olahraga dalam ruangan akan diadakan di Canada.

Olahraga air, baik yang bermotor maupun tidak, juga banuak ditemui di beberapa tempat. Olahraga kayak terdapat banyak di pesisiran B.C. Olahraga mendayung dan kayak populer di sungai-sungai. Berlayar juga banyak dinikmati.

Di Vancouver dan Victoria (dan juga di kota-kota lainnya), kesempatan untuk lari santai dan bersepeda telah berkembang. Tur bersepeda keliling negara juga populer sejak sepeda dengan sepuluh gigi diciptakan beberapa tahun lalu. Dengan berkembangannya macam-macam sepeda gunung, tempat-tempat yang lebih kasar and liar mulai dikembangkan untuk jalur sepeda. Sebagian dari jalur kereta api yang telah usai dipakai diubah menjadi tempat untuk mendaki, bersepeda, dan ski.

Tentu saja, penduduk British Columbia juga menikmati beragam olahraga umum, seperti golf, tenis, sepak bola, hoki, softball, bola basket, dan sebagainya.

Bersamaan dengan meningkatnya turisme dan partisipasi dalam beragam rekreasi oleh penduduk British Columbia, telah tumbuh banyak wisma-wisma, motel, hotel, tempat memancing, dan tempat kemping dalam dekade terakhir.

In beberapa daerah tertentu, terdapat usaha-usaha bisnis, kelompok non-profit, dan pemerintahan kabupaten yang berusaha mempromosikan ekoturisme di daerah mereka.

Politik[sunting | sunting sumber]

Gedung Parlemen di Victoria, B.C.

B.C. mempunyai 79 anggota terpilih untuk Dewan Legislatif, yang dipilih melalui sistem First Past the Post.

Secara politik, British Columbia lebih cenderung bergerak di antara politik kiri dan kanan, dengan sedikit diantaranya. Untuk Kanada, B.C. dipandang sama halnya seperti California di Amerika Serikat, dimana sering terkena skandal dan politik yang tidak awam. Sekarang provinsi ini dipegang oleh Partai Liberal British Columbia yang konservatif dibawah Gordon Campbell. Namun, satu dekade sebelumnya, provinsi ini berada dipimpin oleh partai sayap-kiri, Partai Demokrasi Baru British Columbia atau NDP. Sebelumnya lagi, pemerintahan dipegang oleh partai sayap-kanan, Partai Kredit Sosial British Columbia, untuk beberapa tahun, namun kemudian jatuh di awal 1990-an oleh karena skandal.

Penarikan Mundur dan Inisiatif[sunting | sunting sumber]

British Columbia merupakan satu-satunya provinsi di Kanada yang mempunyai peraturan untuk Penarikan Mundur dan Inisiatif.

Hanya satu petisi untuk penarikan mundur yang boleh dikatakan berhasil, dimana MLA Paul Reitsma diminta untuk mundur dari posisinya beberapa jam sebelum dia bakal dipecat.

Reformasi Elektoral[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2004, Dewan Rakyat merekomendasikan penggantian sistem First Past the Post dengan sistem Single Transferable Vote untuk diimplementasikan pada tahun 2009, dan sebuah referendum diadakan pada 17 Mei 2005 untuk menentukan apakah perubahan ini dapat dijalankan. Referendum hampir lewat dengan mengumpulkan 57% suara dari 60% yang diwajibkan. Penentuan kedua adalah dengan sistem mayoritas, yaitu 60% dalam divisi elektoral pada saat itu, dan 77 dari 79 elektoral menyetujui, jauh lebih dari angka minimum 48. Hasil tipis ini memprovokasi hal-hal lebih lanjut dalam reformasi elektoral.

Peta-peta[sunting | sunting sumber]

Bcmap.png

Kota-kota[sunting | sunting sumber]

Setengah dari penduduk British Columbia menetap di Distrik Regional Vancouver Raya (Greater Vancouver Regional District), yang mencakup Vancouver, Surrey, Burnaby, Coquitlam, dan Richmond.

Kota-kota lainnya:

Pranala luar[sunting | sunting sumber]