Yukon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Yukon
Bendera Lambang
Motto: N/A
Ibu kota Whitehorse
Kota terbesar Whitehorse
Metro terbesar Whitehorse
Bahasa resmi Bahasa Inggris, Bahasa Perancis
Demonim Yukoner
Pemerintahan
Commissioner Geraldine Van Bibber
Premier Dennis Fentie (Yukon Party)
Perwakilan Federal in Parlemen Kanada
House seats 1
Kursi Senat 1
Konfederasi 13 Juni 1898 (ke-9)
Wilayah  Peringkat ke-9
Total 482.443 km2 (186,272 mil²)
Daratan 474.391 km2 (183,163 mil²)
Air (%) 8.052 km2 (3,109 mil²) (1.7%)
Populasi  Peringkat 12th
Total (2010) 34,246 (est.)[1]
Kepadatan 0.065 /km2 (170 /sq mi)
GDP  Peringkat 12th
Total (2006) C$1.596 billion[2]
Per kapita C$51,154 (ke-3)
Singkatan
Postal YT
ISO 3166-2 CA-YT
Time zone UTC-8
Postal code prefix Y
Bunga Fireweed
Pohon White Birch
Unggas Common Raven
Situs www.gov.yk.ca
Peringkat termasuk semua provinsi dan teritori

Yukon adalah sebuah teritori Kanada yang memiliki luas wilayah 482.443 km² dan populasi 31.227 jiwa (2005). Ibu kotanya ialah Whitehorse. Orang di sini menyebutnya Yukoners.

Batas-batas:

Teritori ini berasal dari Sungai Yukon.

Geografi dan Ekologi[sunting | sunting sumber]

Peta Yukon.

Yukon jarang penduduknya penuh dengan salju mencair danau dan pegunungan yang tertutup salju abadi. Meskipun iklim yang Arktik dan subarctic dan sangat kering, dengan panjang, musim dingin, jam sinar matahari yang panjang di musim panas pendek memungkinkan tanaman hardy dan sayuran, bunga dan buah untuk tumbuh.

Wilayah adalah bentuk perkiraan dari sebuah segitiga siku-siku, berbatasan dengan negara bagian Alaska ke barat untuk 1.210 km (752 mil) sebagian besar di sepanjang bujur 141 ° W, Northwest Territories ke timur dan British Columbia di selatan. pantai utara adalah di Laut Beaufort. compang-camping batas timur Its sebagian besar mengikuti membagi antara Basin Yukon dan Sungai Mackenzie daerah aliran sungai ke timur di pegunungan Mackenzie. Whitehorse adalah ibu teritorial.

Sebagian besar wilayah berada di DAS senama nya, Sungai Yukon. Yukon selatan dihiasi dengan sejumlah besar besar, panjang dan sempit alpine danau gletser-makan, sebagian besar yang mengalir ke dalam sistem Sungai Yukon. Danau besar termasuk Teslin Danau, Atlin Danau, Tagish Danau, Marsh Lake, Danau Laberge, Kusawa Danau dan Kluane Danau. Bennett Danau di jalur Klondike Gold Rush adalah sebuah danau mengalir ke Nares Lake, dengan sebagian besar wilayah di dalam Yukon.

Kanada titik tertinggi, Gunung Logan (5959 m/19, 551 ft), terletak di barat daya wilayah itu. Gunung Logan dan sebagian besar Yukon barat daya berada di Kluane Taman Nasional dan Cadangan, sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO. taman nasional lainnya termasuk Ivvavik Vuntut Taman Nasional dan Taman Nasional di utara.

DAS lainnya termasuk Sungai Mackenzie dan Alsek-Tatshenshini, serta beberapa sungai yang mengalir langsung ke Laut Beaufort. Dua utama Yukon sungai mengalir ke Mackenzie di Northwest Territories adalah Sungai Liard di sebelah tenggara dan Sungai Kupas dan anak-anak sungainya di timur laut.

jenis pohon Terkemuka luas dalam Yukon adalah Spruce Hitam dan Putih Spruce. Banyak pohon terhambat karena musim tumbuh pendek dan iklim parah. [4]

Ibukota, Whitehorse, juga merupakan kota terbesar, dengan sekitar dua-pertiga dari penduduk; yang Dawson kedua terbesar adalah Kota, (pop. 1.250) yang ibukota hingga 1952.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]