New Brunswick

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

New Brunswick adalah sebuah provinsi di Kanada Atlantik (Timur). Ibukotanya terletak di Fredericton. Kota besar lainnya di New Brunswick adalah Saint John and Moncton.

Lebih dari 700.000 jiwa tinggal di New Brunswick. Bahasa Inggris dan Prancis dituturkan di provinsi ini. Kehutanan, pertambangan, pertanian, dan perikanan merupakan industri penting di New Brunswick.

Geografi[sunting | sunting sumber]

New Brunswick berbatasan dengan: di sebelah utara oleh Quebec Gaspé Semenanjung dan Chaleur Bay, di sepanjang pantai timur dengan Teluk Saint Lawrence dan Northumberland Selat, di sudut tenggara Tanah Genting sempit Chignecto menghubungkan New Brunswick ke Semenanjung Nova Scotia, di sebelah selatan berbatasan dengan pantai Teluk Fundy, (yang dengan naik 16 m (52 kaki), telah di antara pasang tertinggi di dunia), dan di barat oleh negara Amerika Serikat Maine.

New Brunswick berbeda dari provinsi-provinsi lain fisiografis Maritim, Klimatologi, dan ethnoculturally. Baik Nova Scotia dan Prince Edward Island baik dikelilingi oleh, atau berada hampir dikelilingi oleh air. Oleh karena itu efek Kelautan cenderung untuk mendefinisikan iklim mereka, ekonomi, dan budaya. Di sisi lain, New Brunswick, meskipun memiliki pantai laut yang signifikan, adalah terlindung dari Samudera Atlantik yang tepat dan memiliki interior yang luas yang dihapus dari pengaruh laut. Akibatnya, iklim cenderung lebih kontinental di karakter dibanding maritim. Sistem sungai utama di provinsi ini termasuk St Croix River, Saint John River, Kennebecasis Sungai, Petitcodiac Sungai, Miramichi Sungai, Nepisiguit Sungai, dan Sungai Restigouche. Meskipun kecil, Sungai Bouctouche, Richibucto Sungai dan Sungai Kouchibouguac juga penting. Pola pemukiman ini dan ekonomi dari New Brunswick lebih didasarkan pada sistem sungai provinsi daripada seacoasts nya.

New Brunswick Utara didominasi oleh Pegunungan Appalachian dalam ekoregion hutan Kanada Timur, dengan bagian barat laut dari provinsi yang terdiri dari Dataran Tinggi Miramichi terpencil dan kasar serta Dataran tinggi Chaleur dan Pegunungan Notre Dame, dengan ketinggian maksimum di Gunung Carleton dari 817 m (2680 ft). The New Brunswick bentuk Dataran rendah bagian timur dan tengah provinsi dan merupakan bagian dari ekoregion dataran rendah Teluk St Lawrence hutan. Akhirnya Highlands Kaledonia dan St Croix Highlands memperpanjang sepanjang pantai Teluk Fundy mencapai ketinggian lebih dari 400 m (1312 ft).

Tanah total dan air wilayah provinsi ini adalah 72.908 km2 (28.150 mil persegi), lebih dari 80% dari yang berhutan. Lahan pertanian kebanyakan ditemukan di lembah Sungai Saint John atas, dengan jumlah yang lebih kecil lahan pertanian di sebelah tenggara provinsi, terutama di Kennebecasis dan lembah sungai Petitcodiac. Tiga pusat-pusat perkotaan utama di ketiga provinsi selatan.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Daerah perkotaan New Brunswick's telah modern, ekonomi layanan berbasis didominasi oleh pelayanan kesehatan, pendidikan, ritel, keuangan, dan sektor asuransi. Sektor-sektor ini cukup merata di semua tiga pusat kota utama. Selain itu, industri berat dan fasilitas pelabuhan yang ditemukan di Saint John; Fredericton didominasi oleh layanan pemerintah, universitas, dan militer, dan Moncton telah dikembangkan sebagai transportasi, komersial retail,, dan pusat distribusi dengan kereta api penting dan fasilitas terminal udara.

Ekonomi utama pedesaan paling dikenal untuk kehutanan, pertambangan, pertanian campuran, dan memancing.

Kehutanan adalah penting di semua daerah di provinsi, tetapi terutama di daerah tengah hutan amat lebat. Ada banyak penggergajian di kota-kota kecil dan pulp pabrik kertas besar dan terletak di Saint John, Miramichi, Nackawic, dan Edmundston.

logam berat, termasuk timah dan seng, yang ditambang di utara sekitar Bathurst. Salah satu dari deposito terbesar di dunia kalium terletak di Sussex, sebuah tambang garam abu kedua, biaya lebih dari satu miliar dolar, yang dalam pembangunan di wilayah Sussex. Minyak dan gas alam juga sedang dikembangkan di daerah Sussex.

Pertanian terkonsentrasi di lembah Sungai Saint John atas (di bagian barat laut propinsi), di mana tanaman paling berharga adalah kentang. Dicampur dan peternakan sapi perah yang ditemukan di tempat lain, tapi terutama di sebelah tenggara, terkonsentrasi di Kennebecasis dan lembah-lembah sungai Petitcodiac.

Menangkap ikan yang paling berharga adalah lobster, kerang dan kepiting raja. Pertanian ikan salmon Atlantik di wilayah Teluk Passamaquoddy merupakan industri lokal penting.

Pengusaha terbesar di provinsi ini adalah kelompok Irving perusahaan, beberapa perusahaan besar multinasional hutan, pemerintah New Brunswick, dan kelompok McCain perusahaan.