Quebec

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Québec
Flag of Quebec.svg Coat of arms of Québec.svg
(Bendera Quebec) (Lambang Quebec)
Motto: Je me souviens
Québec, Canada.svg
Ibu kota
Kota terbesar
Quebec City
Montreal
Wilayah

 - Total
 - % fresh water
Kedua terbesar di Kanada
(1st lgst prov.)]]
1 542 056 km²
11,5%
Penduduk


 - Total (2002)


 - Kepadatan
Urutan kedua di Kanada


7 455 208


5,43/km²
Masuk Kanada


 - Tanggal


 - Orde

Prov. of Canada
joined Confed.

1867


1
Zona Waktu UTC -5
Informasi Pos


Postal abbreviation
Postal code prefix

 
QC
G, H, J
ISO 3166-2 CA-QC

Parlemen Kanada


 Jumlah kursi
 Kursi senat

 

75

24
Perdana Menteri Pauline Marois
Letnan Gubernur Pierre Duchesne
Government of Quebec

Quebec (dalam bahasa Inggris dilafalkan [kwəˈbɛk] atau [kəˈbɛk]) dan dalam bahasa Perancis Québec (dilafalkan [kebɛk]) adalah provinsi terbesar di Kanada secara geografis, dan terbesar kedua menurut populasi setelah Ontario. Provinsi ini memiliki penduduk sejumlah 7.568.640 jiwa (Statistik Kanada, Januari 2005). Ini mencakup 24% penduduk Kanada.

Dengan bahasa, budaya dan lembaga-lembaganya, itu merupakan suatu bangsa di dalam Kanada[1]. Bahasa utama resmi dan satu-satunya adalah Perancis, membentuk bagian besar dari daerah francophone Amerika Utara. Quebec merupakan satu-satunya provinsi di Kanada di mana Inggris bukanlah bahasa resmi (dalam tingkat provinsi), dan salah satu dari dua provinsi Kanada di mana Perancis merupakan bahasa resmi, lainnya adalah New Brunswick, berdasarkan Constitution Act 1982.

Ibu kotanya adalah Kota Quebec dan kota terbesarnya adalah Montreal. Penduduknya disebut Quebecer (dibaca "Quebeker") dan dalam bahasa Prancis un(e) Québécois(e), (dibaca "Quebekwa") yang juga biasa digunakan dalam bahasa Inggris.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mahkamah Agung Kanada - Quebec referensi Oposisi untuk resolusi untuk mengubah konstitusi pada tahun 1982 - Kita harus menyadari bahwa dua orang pendiri Kanada pada dasarnya sama dan bahwa dalam federasi Quebec Kanada adalah perusahaan yang terpisah oleh bahasa, budaya, institusi, dan memiliki semua atribut dari komunitas nasional yang berbeda. - terjemahan : « On devra reconnaître que les deux peuples qui ont fondé le Canada sont foncièrement égaux et que le Québec forme à l’intérieur de l’ensemble fédéral canadien une société distincte par la langue, la culture, les institutions et qui possède tous les attributs d’une communauté nationale distincte. »