Waktu Standar Pasifik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Zona waktu Amerika Serikat dan Kanada:
UTC-3:30 Waktu Standar Newfoundland (Waktu Musim Panas Newfoundland: UTC-2:30)
UTC-4 Waktu Standar Atlantik (Waktu Musim Panas Atlantik: UTC-3)
UTC-5 Waktu Standar Timur
(Waktu Musim Panas Timur: UTC-4)
UTC-6 Waktu Standar Tengah (Waktu Musim Panas Tengah: UTC-5)
UTC-7 Waktu Standar Pegunungan (Waktu Musim Panas Pegunungan: UTC-6)
UTC-8 Waktu Standar Pasifik (Waktu Musim Panas Pasifik: UTC-7)
UTC-9 Waktu Standar Alaska (Waktu Musim Panas Alaska: UTC-8)
UTC-10 Waktu Standar Hawaii-Aleut
Tidak ada dalam peta
UTC+12 Waktu Standar Pulau Wake
UTC+10 Waktu Standar Chamorro
UTC-11 Waktu Standar Samoa
Waktu Musim Panas: pukul 02.00 hari Minggu kedua di bulan Maret hingga pukul 02.00 hari Minggu pertama di bulan November

Waktu Standar Pasifik (Pacific Standard Time, disingkat PST) atau Waktu Pasifik (Pacific Time, disingkat PT) adalah zona waktu yang terutama digunakan di Pantai Barat Amerika Serikat (kecuali Alaska), dengan perbedaan waktu sebesar UTC-8 selama waktu standar atau UTC-7 selama Waktu Musim Panas. Selama Waktu Musim Panas, zona waktu ini disebut Waktu Musim Panas Pasifik (Pacific Daylight Time, disingkat PDT).

Waktu Pasifik dihitung berdasarkan waktu matahari rata-rata di garis bujur 120°BB. Waktu Standar Pasifik lebih cepat satu jam daripada Waktu Standar Alaska, satu jam lebih lambat daripada Waktu Standar Pegunungan, dan 3 jam lebih lambat daripada Waktu Standar Timur. Di Meksiko, zona waktu ini disebut Zona Noroeste (Zona Barat Laut).

Kanada[sunting | sunting sumber]

Di Kanada, Waktu Pasifik berlaku di teritori Yukon, Tungsten (Northwest Territories), dan hampir semua wilayah British Columbia, kecuali Highway 95 dan kawasan sekitar Fort St. John, Dawson Creek, dan Creston.

Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

Keseluruhan wilayah negara bagian Washington dan California termasuk zona Waktu Pasifik. Hampir seluruh wilayah negara bagian Nevada juga memakai Waktu Pasifik, kecuali kota West Wendover dan Jackpot. Semua wilayah Oregon kecuali sebagian besar Malheur County dan bagian utara Idaho (Idaho Panhandle) juga memakai Waktu Pasifik. Definisi zona waktu dan garis perbatasan antarzona ditetapkan dalam Code of Federal Regulations 49 CFR 71.10[1]

Meksiko[sunting | sunting sumber]

Di Meksiko, negara bagian Baja California adalah satu-satunya negara bagian yang seluruh wilayahnya menggunakan zona Waktu Pasifik. Selain itu, Waktu Pasifik digunakan di Pulau Clarión yang berada di ujung barat Kepulauan Revillagigedo.

Kota besar[sunting | sunting sumber]

Lebih dari 1 juta penduduk

Lebih dari 700.000 penduduk

Lebih dari 400.000 penduduk

Lebih dari 200.000 penduduk

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Definisi Waktu Pasifik ditetapkan dalam 49 CFR 71.10, dan bisa diakses dalam bentuk berkas teks atau pdf.
    Perbatasan zona Waktu Pasifik dan Waktu Pegunungan ditetapkan oleh 49 CFR 71.9, dan bisa diakses dalam bentuk berkas teks atau pdf.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]