Waktu Standar Alaska

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Zona waktu Amerika Serikat dan Kanada:
UTC-3:30 Waktu Standar Newfoundland (Waktu Musim Panas Newfoundland: UTC-2:30)
UTC-4 Waktu Standar Atlantik (Waktu Musim Panas Atlantik: UTC-3)
UTC-5 Waktu Standar Timur
(Waktu Musim Panas Timur: UTC-4)
UTC-6 Waktu Standar Tengah (Waktu Musim Panas Tengah: UTC-5)
UTC-7 Waktu Standar Pegunungan (Waktu Musim Panas Pegunungan: UTC-6)
UTC-8 Waktu Standar Pasifik (Waktu Musim Panas Pasifik: UTC-7)
UTC-9 Waktu Standar Alaska (Waktu Musim Panas Alaska: UTC-8)
UTC-10 Waktu Standar Hawaii-Aleut
Tidak ada dalam peta
UTC+12 Waktu Standar Pulau Wake
UTC+10 Waktu Standar Chamorro
UTC-11 Waktu Standar Samoa
Waktu Musim Panas: pukul 02.00 hari Minggu kedua di bulan Maret hingga pukul 02.00 hari Minggu pertama di bulan November

Waktu Standar Alaska (Alaska Standard Time, disingkat AKST) adalah zona waktu yang digunakan di hampir semua wilayah Alaska, dengan perbedaan waktu sebesar UTC-9 selama waktu standar dan UTC-8 selama Waktu Musim Panas. Selama Waktu Musim Panas, zona waktu ini disebut Waktu Musim Panas Alaska (Alaska Daylight Time, disingkat AKDT). Waktu Standar Alaska dihitung berdasarkan waktu matahari rata-rata di garis bujur 135°BB.

Waktu Standar Alaska lebih lambat satu jam daripada Waktu Standar Pasifik. Kepulauan Aleut yang merupakan wilayah Alaska memakai Waktu Standar Hawaii-Aleut yang lebih lambat satu jam dari Waktu Standar Alaska.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Waktu Standar Alaska dulunya disebut Waktu Standar Alaska-Hawaii. Sekarang, Hawaii dan Kepulauan Aleut memiliki zona waktu sendiri yang disebut Waktu Standar Hawaii-Aleut.

Waktu Standar Alaska dulunya sama dengan Waktu Standar Yukon (YST) yang digunakan di Yukon dan Yakutat, Alaska. Namun pada tahun 1975, Yukon beralih ke Waktu Standar Pasifik, dan Waktu Standar Yukon tidak dipakai lagi (kecuali di Yakutat). Pada tahun 1983, Alaska meninggalkan sistem empat zona waktu, dan hanya memakai dua zona waktu: UTC-9 dan UTC-10 (Kepulauan Aleut). Sebelumnya, komunitas di Alaska Panhandle memakai Waktu Pasifik, sementara daerah pedalaman memakai UTC-10. Nome, Alaska dan Kepulauan Aleut memakai Waktu Standar Bering (UTC-11).

Daerah metropolitan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]