Traktat Oregon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Traktat Oregon tahun 1846, atau Traktat dengan Inggris Raya, Perihal Batas-batas Pegunungan Rocky Arah Barat (bahasa Inggris: Treaty with Great Britain, in Regard to Limits Westward of the Rocky Mountains) dalam judul formalnya, menghasilkan perbatasan antara Inggris dan Amerika Serikat di bagian Negara Oregon. Negara Oregon merupakan daerah yang telah dikuasai bersama oleh Inggris and Amerika sejak Konvensi Inggris-Amerika tahun 1818 (Anglo-American Convention of 1818) dimana kedua negara menyatakan klaim bersama atas wilayah tersebut. Perjanjian ini secara bertahap membuat kedua pihak tidak bertoleransi. President Amerika saat itu James Polk membuat landasan "Limapuluh-empat Empatpuluh atau Perang!" (Fifty-four Forty or Fight!) di Pemilu 1844; 54°40' tertuju pada garis lintang yang membentuk perbatasan sebelah utara dari Negara Oregon.

Traktat ini dinegosiasikan oleh James Buchanan, Sekretaris Negara A.S., bersama dengan Richard Pakenham, anggota dari dewan rahasia Ratu Victoria dan utusan untuk negara Amerika Serikat. Penanda-tanganan traktat dilakukan di Washington D.C. pada tanggal 15 Juni 1846.

Traktat tersebut menyatakan bahwa garis lintang ke-49 (49th parallel) menjadi batas antara Amerika Serikat dan Inggris di daratan. Pulau Vancouver merupakan perkecualian yang diberikan ke Inggris walau secara keseluruhan pulau tersebut melewati garis lintang ke-49. Garis lintang ke-49 menjadi perbatasan A.S.-Kanada semenjak British Columbia menjadi bagian dari Kanada.

Daerah yang menjadi milik A.S. ditetapkan sebagai Wilayah Oregon pada tanggal 14 Agustus 1848.

Traktat tersebut juga menyatakan batas di Selat Juan de Fuca melalui jalur umum. Berhubung perbedaan pendapat mengenai lokasi pelayaran umum, Inggris dan Amerika berdua menetap di kepulauan yang sama. Pada tahun 1859, kekurang-jelasan dari dekripsi perbatasan di traktat tersebut menyebabkan Perang Babi (Pig War) untuk memperebutkan kepemilikan atas Kepulauan San Juan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]