Laut Liguria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Laut Liguria.

Laut Liguria (Italia: Mar Ligure; Perancis: Mer Ligurienne) adalah bagian dari Laut Mediterania, antara Riviera (Liguria dan Tuscany) dan pulau-pulau Korsika dan Elba. Laut ini mungkin dinamai orang Ligures kuno.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Laut Liguria berbatasan dengan Italia, Perancis, dan Monako. Di timur laut berbatasan dengan Laut Tyrrhenian, sedangkan di sebelah barat berbatasan dengan Laut Mediterania. Genoa adalah kota yang paling menonjol di daerah tersebut. Pantai barat laut dicatat dengan pemandangan indah dan iklim yang menguntungkan.

Teluk Genoa terletak di bagian utara. Pelabuhan dari Genoa, La Spezia, dan Livorno berada di pantai berbatu tersebut. Kedalaman laut Ligurian maksimum lebih dari 9.300 kaki (2.850 m) barat laut Korsika.

Hamparan air yang memisahkan pulau Korsika dari daratan Italia dikenal sebagai Channel Korsika. Sekitar lebar 80 km membagi antara Laut Ligurian dan Laut Tyrrhenian.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Di zaman dahulu Laut Ligurian disebut dalam bahasa Latin Mare Ligusticum, berarti laut yang mencuci tanah dihuni oleh Ligurian kuno. Pada abad kelima SM wilayah dihuni oleh populasi ini diperpanjang jauh melampaui batas Liguria dan Republik Genoa itu sendiri, termasuk bagian dari pantai Perancis dan ketinggian Tuscan Livorno .

Laut Tyrrhenian (Laut Tyrrhenum) dan bukan mengambil nama dari orang-orang di Tyrrhenian (Tyrsenoi atau Tyrrhenoi), lebih dikenal sebagai Etruscans, yang wilayahnya pada abad kedelapan SM diperluas ke mulut Arno dekat Pisa, dan dalam dua abad sejak memperluas jangkauan mereka ke mulut sungai Magra.

Perlindungan lingkungan[sunting | sunting sumber]

Menara Meloria dari Livorno.

Dalam rangka untuk melindungi banyak spesies cetacea di Laut Liguria, Prancis dan Italia memiliki peringkat pada tahun 1999 sebagai Specially Protected Areas of Mediterranean Importance/SPAMI (Perlindungan khusus wilayah penting Mediterania).

The Sanctuary Cetacea Ligurian Laut meliputi area seluas 84.000 km persegi wilayah lepas pantai di depan perbatasan antara Perancis dan Italia. Ini adalah salah satu daerah Mediterania di mana dapat lebih mudah melihat kelompok Cetacea.

Pada tahun 1996 Italia mendirikan Taman Nasional Kepulauan Tuscan dilindungi melalui mana tujuh pulau utama dari kepulauan dan dasar laut dengan semua satwa liar penting baik Tyrrhenian dan Laut Liguria. Saat ini imenjadi taman laut terbesar di Eropa.Tahun 1999 didirikan Taman Nasional Cinque Terre, Liguria, seluruhnya di Provinsi La Spezia, dan keindahan alam dari wilayahnya adalah tujuan wisata yang penting bagi mereka yang tertarik di sektor pariwisata.

Batas[sunting | sunting sumber]

Organisasi Hidrografi Internasional mendefinisikan batas Laut Liguria sebagai berikut:

Pada barat daya. Sebuah garis yang menghubungkan Tanjung Corse (Cape Grosso, 9 ° 23'E) titik Utara Korsika ke perbatasan antara Perancis dan Italia (7 ° 31'E). Pada Tenggara . Sebuah garis bergabung Cape Corse dengan Pulau Tinetto (44°03′LU 9°50′BT / 44,05°LU 9,833°BT / 44.050; 9.833) dan dari situ melalui Tino dan Palmaria ke Kepulauan San Pietro Point (44 ° 03 ' N 9 ° 50'E / 44.05 ° LU 9,833 ° E / 44.05; 9,833) di pantai Italia. Di Utara pantai Liguria Italia.

Wilayah yang berbatasan dengan laut Ligurian[sunting | sunting sumber]

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]