Laut Raja Haakon VII

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Wilayah Laut Raja Haakon VII.

Laut Raja Haakon VII (Norwegia: Kong Haakon VII Hav) adalah bagian dari Samudra Selatan di pantai Antartika Timur. Dari sudut pandang internasional, Laut Raja Haakon VII terletak di antara Laut Lazarev dan Laut Weddell, dan dengan demikian hanya membentang di sepanjang Pantai Putri Martha dari Cape Norvegia pada 12°18'BB, titik paling timur Laut Weddell, ke Rak Es Fimbul ke Meridian Pertama pada 0°0', yang diakui sebagai perbatasan barat Laut Lazarev.

Laut Raja Haakon VII terlihat di sekitar Pantai Putri Martha, Prinsesse Astrid Kyst dan Prinsesse Ragnhild Kyst.

Dari sudut pandang Norwegia, yang tidak mengakui Laut Lazarev, Raja Haakon VII Sea terletak di sepanjang pantai seluruh Dronning Maud Land antara 20°BB dan 44°38'BT dan membentang sekitar 10.090 km (6.270 mil) dari Gletser Stancomb-Wills pada 19°bb pada Pantai Putri Martha di barat untuk Shinnan Glacier pada 44°38'BT di perbatasan timur Kronprins Olav Kyst di timur.

Laut tertutup oleh es hampir sepanjang tahun. Selama musim gugur bentuk gunung es tidak pecah sampai musim semi. Koordinat kasar wilayah laut Raja Haakon VII adalah 67°00′S 20°00′E / 67.000°S 20.000°E / -67.000; 20.000.

Daerah ini merupakan habitat penting bagi Anjing laut Ross (Ommatophoca rossii).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Laut Raja Haakon VII.

Pada tanggal 27 Januari 1820 Fabian Gottlieb von Bellingshausen membuat pengamatan pertama yang terkonfirmasi tentang Terra Australis (Antartika) karena ia berlayar di Laut Raja Haakon VII dekat Rak es Fimbul di Pantai Putri Martha.

Daerah ini dinamai untuk menghormati Raja Haakon VII, raja pertama Norwegia (setelah pembubaran dari Swedia) pada tahun 1905-1957.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]