Laut Aegea

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Laut Aegea
Tebing di pulau Santorini, Yunani

Laut Aegea adalah sebuah cabang Laut Tengah, yang letaknya berada antara Yunani dan Anatolia. Laut ini dihubungkan dengan Laut Marmara dan Laut Hitam oleh Selat Dardanella dan Bosporus.Dalam bahasa Yunani nama laut ini adalah Αἰγαῖον Πέλαγος (Aigaion Pelagos, bahasa Yunani Modern Ejéon Pélaγos) dan Ege Denizi dalam bahasa Turki.

Laut Aegea mencakup sekitar 214,000 km² (83.000 sq mi). Kedalaman maksimum laut adalah 3.543 m (11.624 kaki), timur Kreta. Kepulauan Aegean, yang hampir semua milik Yunani, dibagi menjadi tujuh kelompok:

  1. Kepulauan Timur Laut Aegea
  2. Euboea
  3. Sporades Utara
  4. Cyclades
  5. Kepulauan Saronic(atau Kepulauan Argo-Saronic)
  6. Dodecanese (atau Selatan Sporades)
  7. Kreta

Teluk-teluk di Aegean searah jarum jam termasuk di Kreta; Teluk Mirabelli, Almyros, Chania Souda, di daratan Myrtoan , Teluk Saronic arah barat laut, Teluk Petalies yang menghubungkan dengan Euboic Selatan , Teluk Pagasetic yang menghubungkan dengan Euboic Utara , Teluk Thermian arah barat laut, Semenanjung Chalkidiki termasuk Cassandra dan teluk-teluk Singitic, utara Teluk Strymonian dan Teluk Kavala dan sisanya di Turki; Saros Teluk, Edremit Teluk, Teluk Dikili, Teluk Çandarlı, Teluk İzmir, Teluk Kusadasi, Teluk Gökova, Teluk Güllük. [Sunting] Luas

Penetapan batas[sunting | sunting sumber]

Organisasi Hidrografi Internasional mendefinisikan batas Laut Aegea sebagai berikut:

Pada Selatan. Sebuah garis yang berjalan dari Cape Aspro (28 ° 16'E) di Asia Minor, untuk Cum Burnù (Capo della Sabbia) ekstrim Timur Laut dari Pulau Rhodes, melalui pulau ke Cape Prasonisi, titik Southwest daripadanya, pada Vrontos Point (35 ° 33'N) di Skarpanto [Karpathos], melalui pulau untuk Castello Point, ekstrim daripadanya Selatan, menyeberang ke Cape Plaka (ujung Timur Kreta), melalui Kreta untuk Agria Grabusa, ekstrim Northwest daripadanya, dari situ ke Cape Apolitares di Pulau Antikithera, melalui pulau untuk Psira Rock (dari titik Barat Laut) dan menyeberang ke Cape Trakhili di Pulau Kithera, melalui Kithera ke titik Northwest (Cape Karavugia) dan dari situ ke Cape Santa Maria (36 ° 28'N 22 ° 57'E / 36,467 ° LU 22.95 ° BT / 36,467, 22,95) di Morea tersebut.Dalam Dardanella. Sebuah garis bergabung Kum Kale (26 ° 11'E) dan Cape Helles.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Pada zaman kuno, ada berbagai penjelasan untuk nama Aegea. Hal itu dikatakan telah diberi nama setelah kota Yunani Aegae, atau setelah Aegea, seorang ratu dari Amazon yang meninggal di laut, atau Aigaion, "laut kambing", nama lain dari Briareus, salah satu Hecatonchires kuno, atau , terutama di kalangan orang Atena, Aegeus, ayah dari Theseus, yang tenggelam di laut dirinya ketika ia mengira anaknya telah meninggal.

Sebuah etimologi yang mungkin adalah derivasi dari kata Yunani αἶγες - aiges = "gelombang" (Hesychius dari Alexandria, penggunaan metafora αἴξ (AIX) "kambing"), maka "laut bergelombang", cf. juga αἰγιαλός (aigialos = aiges (gelombang) + HAL (laut)), [5] maka berarti "laut-pantai". Sejarah

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Laut Aegea oleh Piri Reis

Garis pantai saat ini tanggal kembali ke sekitar 4000 SM. Sebelum waktu itu, pada puncak zaman es terakhir (16.000 SM) permukaan air laut dimana-mana 130 meter lebih rendah, dan ada besar dataran pantai baik minum bukan banyak Aegea utara. Ketika mereka pertama kali ditempati, pulau-pulau saat ini termasuk Milos dengan produksi obsidian penting itu mungkin masih terhubung ke daratan. Pengaturan pantai sekarang muncul c. 7000 SM, dengan tingkat pasca-es laut usia terus meningkat selama 3.000 tahun setelah itu.

Zaman Perunggu berikutnya peradaban Yunani dan Laut Aegea telah memunculkan peradaban Aegea istilah umum. Pada zaman kuno, laut adalah tempat kelahiran dua peradaban kuno . Kemudian muncullah negara-kota Athena dan Sparta di antara banyak lainnya yang merupakan Kekaisaran Athena dan Peradaban Yunani. Plato menggambarkan Yunani yang hidup di sekeliling Aegea "seperti katak di sekitar kolam" . Laut Aegea kemudian diserbu oleh bangsa Persia dan Romawi, dan dihuni oleh Kekaisaran Bizantium,. Bulgaria, Venesia, yang Genoeses, yang Saljuk Turki, dan Kekaisaran Ottoman. Aegean adalah tempat demokrasi asli, dan seaways nya adalah sarana kontak antara beragam peradaban beberapa Mediterania Timur.

Ekonomi dan politik[sunting | sunting sumber]

Banyak pulau-pulau di Laut Aegea memiliki pelabuhan yang aman dan teluk. Pada zaman kuno, navigasi melalui laut lebih mudah daripada perjalanan melintasi daerah kasar dari daratan Yunani (dan sampai batas tertentu daerah pesisir Anatolia). Banyak pulau-pulau adalah gunung berapi, dan marmer dan besi yang ditambang di pulau-pulau lain. Pulau-pulau yang lebih besar memiliki beberapa lembah dan dataran subur. Dari pulau utama di Laut Aegean, dua milik Turki - Bozcaada (Tenedos) dan Gökçeada (Imbros), sisanya milik Yunani. Antara kedua negara, ada sengketa politik atas beberapa aspek kontrol politik atas ruang Aegean, termasuk ukuran perairan teritorial, pengendalian udara dan batas-hak ekonomi untuk landas kontinen.