Laut Bohai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lokasi Laut Bo Hai

Laut Bohai (Hanzi: 渤海, pinyin: Bo Hǎi; Wade-Giles: Po-hai), juga dikenal sebagai Teluk Bohai, Bohai, atau Bo Hai, adalah teluk terdalam Laut Kuning di pesisir pesisir timur Republik Rakyat Tiongkok. Luasanya sekitar 78.000 km ² (atau 30.116 mil persegi) di wilayah dan kedekatannya dengan Beijing, ibukota Republik Rakyat China, menjadikannya salah satu jalur tersibuk di dunia.Laut Bohai berbatasan dengan Laut Kuning.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sampai awal abad ke-20, Bo Hai sering disebut Teluk Chihli (直隶 海湾 Zhílì Hǎiwān) atau Teluk Pechihli atau Pechili (北 直隶 海湾 Běizhílì Hǎiwān). Zhili dan Beizhili adalah provinsi bersejarah di daerah sekitar Beijing.

Laut Bo Hai.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Laut Bo Hai dibatasi oleh Semnanjung Liaodong dan Shandong . Hal ini telah menjadi salah satu rute laut paling sibuk di masa sekarang. Ada tiga teluk besar di Laut Bo Hai: Teluk Laizhou di selatan, Teluk Liaodong di utara, dan Teluk Bo Hai di sebelah barat. Pada akhir timur Laut Bo Hai, antara akhir selatan Semenanjung Liaodong dan akhir utara Semenanjung Shandong, adalah Selat Bohai (渤海 海峡). Beberapa sungai memasuki teluk meliputi Kuning, Hai, Liao, dan Sungai Luan. Ada beberapa cadangan minyak penting di sekitar teluk, termasuk Lapangan Shengli. Penting atau kelompok pulau pulau di teluk termasuk Kepulauan Changshan (长 山 列岛), Changxing Island, dan Xizhong Island (西 中 岛). RRT tingkat provinsi-divisi yang memiliki garis pantai Laut Bo Hai, dari selatan, akan searah jarum jam: Provinsi Shandong, Provinsi Hebei, Kota Tianjin , dan Provinsi Liaoning.

Kota penting di sepanjang pantai Laut Bo Hai[sunting | sunting sumber]

Terowongan penyeberangan[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Februari 2011, Republik Rakyat Tiongkok mengumumkan bahwa mereka akan membangun sebuah terowongan jalan dan rel di Selat Bohai untuk menghubungkan Liaodong dan semenanjung Shandong. Ketika selesai, terowongan akan sepanjang 106 kilometer.