Laut Albora

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Koordinat: 36°0′LU 3°0′BT / 36°LU 3°BB / 36.000; -3.000

Citra satelit yang menunjukkan laut Alboran.

Laut Alboran adalah bagian paling barat dari Laut Mediterania, menghubungkan antara Spanyol di sebelah utara dan Maroko dan Aljazair di sebelah selatan. Selat Gibraltar, yang terletak di ujung barat Laut Alboran, menghubungkan Mediterania dengan Samudera Atlantik. Kedalaman rata-rata laut Alboran 1.461 kaki (445 m) dan kedalaman maksimum 4.920 kaki (1.500 m). Permukaan arus dalam aliran Laut Alboran timur, membawa air dari Atlantik ke Mediterania; arus bawah permukaan yang lebih dalam aliran ke arah barat, membawa air asin Mediterania ke Atlantik. Sering ada sirkulasi putar, juga dikenal sebagai seorang pilin, di Laut Alboran sebagai hasil dari pertukaran air.

Beberapa pulau-pulau kecil , termasuk Isla de Alborán. Sebagian besar, bahkan termasuk mereka yang lebih dekat ke pantai Maroko dikendalikan oleh Spanyol. Namanya berasal dari pulau Alboran, terletak tengah-tengah antara kota-kota Almeria dan Melilla (enklave Spanyol di pesisir Maroko).Kota-kota besar yang berbatasan dengan laut Alboran: Malaga, Algeciras, Ceuta, Melilla dan Almeria (Spanyol). Tangier, Tetouan, Nador Hoceima, Al dan Saidia (Maroko), Gibraltar (Inggris). Resort: Saidia, Martil, Cabo Negro dan Al Hoceima (Maroko). Marbella, Malaga dan Almeria (Spanyol).

Penetapan Batas[sunting | sunting sumber]

Organisasi Hidrografi Internasional mendefinisikan batas Laut Alboran sebagai berikut:

Di Barat. Batas Timur Selat Gibraltar Sebuah garis bergabung Europa Point ke P. Almina (35 ° 54'N 5 ° 18'W / 35.9 ° N 5.3 ° W / 35,9; -5,3).

Di Timur. Sebuah garis bergabung Cape de Gata (Spanyol) ke C. Fegalo (Afrika) (35 ° 36'N 1 ° 12'W / 35.6 ° N 1.2 ° W / 35,6; -1,2).

Geografi[sunting | sunting sumber]

Lokasi laut Alboran.

Laut Alboran lebarnya kurang lebih 180 km . Kedalaman rata-rata Laut Alboran sekitar 1.461 m, walaupun kedalaman maksimum melebihi 2200 m di bagian timur. Ada beberapa pulau kecil yang paling terkenal adalah pulau Alboran, terletak di daerah pusat. Kebanyakan dari pulau-pulau ini berada di bawah kekuasaan Spanyol, tapi dekat pantai Maroko.

Geologi[sunting | sunting sumber]

Semua gunung vulkanik yang terdiri dari aliran lava basal dan besar berasal dari Zaman Miosen. Gunung berapi bawah laut yang paling terkenal ke laut, adalah Gunung Chella (Seco de los Olivos) terletak di seberang pantai Almeria. Data dari neoceno, dan memiliki penampilan yang berbentuk kerucut dengan boiler besar dan terkikis karena tekanan laut. Daerah lain adalah gunung berapi bawah laut dan Avempace Djibouti.

Ekologi[sunting | sunting sumber]

Lumba-lumba hidung botol.

Laut Alboran adalah zona transisi antara dua laut, mengandung campuran spesies Mediterania dan Atlantik. Laut Alboran merupakan habitat populasi terbesar lumba-lumba hidung botol di Mediterania barat dan merupakan tempat mencari makan yang paling penting bagi penyu tempayan di Eropa. Alboran laut juga menjadi tuan rumah perikanan komersial yang penting, termasuk sarden dan ikan todak. Pada tahun 2003, World Wildlife Fund mengkhawatirkan tentang penangkapan ikan membahayakan populasi lumba-lumba, kura-kura, dan hewan laut lainnya.

Lingkungan[sunting | sunting sumber]

Busur gunung, yang dikenal sebagai Arc Gibraltar, berada di sisi utara, barat, dan selatan Laut Alboran. Arc Gibraltar terdiri dari Cordillera Baetic Spanyol selatan dan Pegunungan Rif Maroko. Pegunungan ini, dikenal sebagai kompleks ekologi Baetic-Rifan, adalah salah satu keanekaragaman hayati Mediterania, seperti laut Alboran, kompleks Baetic-Rifan adalah transisi antara Laut Tengah dan Atlantik (Macaronesian) ekologi. Pengaruh moderating dari Atlantik telah memungkinkan banyak spesies di pegunungan Baetic dan Rif untuk bertahan hidup fluktuasi iklim dari beberapa juta tahun terakhir, yang membuat mereka menjadi punah di tempat lain di sekitar cekungan Mediterania.

Pralana Luar[sunting | sunting sumber]