Laut Lincoln

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Laut Lincoln.

Laut Lincoln adalah bagian dari Samudera Arktik, membentang dari Tanjung Columbia, Kanada, di barat adalah ke Tanjung Morris Jesup, dan Greenland terletak di timur. Batas utara didefinisikan sebagai garis lingkaran besar antara dua tanjung. Laut ini ditutupi dengan es laut sepanjang tahun, lautan es tebal di Samudra Arktik, yang bisa sampai 15 m (49 kaki) tebalnya. Kedalaman air berkisar dari 100 m (330 ft) hingga 300 m (980 kaki). Air dan es kosong dari Laut Lincoln hingga ke Channel Robeson, bagian utara Selat Nares, sebagian besar waktu.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Lokasi Laut Lincoln dari Samudera Arktik.

Yang pertama berlayar melalui Laut Lincoln ialah Nares George Strong, yang adalah orang pertama yang berhasil menyeberangi Selat Nares (1875).

Laut dinamai untuk menghormati Robert Todd Lincoln, Sekretaris Perang Amerika Serikat selama ekspedisi Kutub Utara dari Adolphus W. Greely, antara tahun 1881-1884 di Franklin Bay. Alert, stasiun utara Kanada, merupakan tempat hanya diisi di tepi Laut Lincoln.

Penetapan Batas[sunting | sunting sumber]

Organisasi Hidrografi Internasional mendefinisikan batas Laut Lincoln sebagai berikut:

Di Utara. Tanjung Columbia ke Tanjung Jesup Morris (Greenland).

Di Selatan. Tanjung Columbia melalui pantai Timur Laut Pulau Ellesmere ke Tanjng Sheridan ke Tanjung Bryant (Greenland) melalui Greenland ke Cape Morris Jesup.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]