Laut Bothnia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lokasi Laut Bothnia.

Laut Bothnia (Swedia: Bottenhavet, Finlandia: Selkämeri) , atau Laut Rauma, menghubungkan Teluk Bothnia dengan Laut Baltik. Kvarken terletak antara keduanya. Bersama, Laut Bothnian dan Teluk Bothnia membentuk sebuah daerah yang lebih besar, Teluk Bothnia. Teluk Bothnia terletak antara Swedia, di Barat, Finlandia, di Timur, dan Laut Åland , Quark Utara, dan Laut Kepulauan di selatan. Luas permukaan Laut Bothnia sekitar 79.000 km ². Kota-kota pesisir terbesar, dari selatan ke utara, adalah Rauma dan Pori di Finlandia, dan Gavle dan Sundsvall di Swedia. Umeå (Swedia) dan Vaasa (Finlandia) terletak di ujung utara, dekat Teluk Bothnia.

Laut Bothnia dibagi antara Finlandia dan Swedia, namun di tengah Laut Bothnia juga perairan internasional sangat tinggi. Kepulauan hanya di daerah pesisir, semakin jauh dari pantai tidak ada.

Perubahan Nama[sunting | sunting sumber]

Laut Bothnia.

Sebelumnya, Rauma memiliki bagian selatan Teluk dikenal sebagai Rmj. Sampai 1800-an nama Raumanmeri masih tetap digunakan, tetapi pada awal 1900-an nama Laut Bothnia mulai disebut, nama saat ini. Awalnya nama Laut Bothnia hanya disebutkan dalam buku-buku dan peta, tetapi segera stabil di Laut Bothnia secara resmi diberi nama.

Rauma, perubahan nama itu protes. Pada tahun 1933, Kota dikirim ke Finlandia untuk permintaan klub geografis untuk campur tangan. Tapi tidak ada yang terjadi, namun pada tahun 1944 menunjukkan Dewan Kota banding langsung ke Dewan Negara. Sekali lagi, ini tidak mengakibatkan apa-apa. Nama Raumanmeri, bagaimanapun, masih disebut sampai hari ini. kedalaman maksimum sekitar 300 meter. Ini adalah titik terdalam terletak di perairan teritorial Swedia.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]