Laut Barents

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Laut Barents

Laut Barents ialah sebuah laut, terletak dekat utara Norwegia dan Semenanjung Kola.

Nama laut ini berasal dari pelaut Belanda Willem Barentsz.

Bagian selatan Laut Barents, termasuk pelabuhan Murmansk (Rusia) dan Vardø (Norwegia) tidak membeku sepanjang tahun, karena adanya arus Atlantik Utara yang hangat. Memasuki bulan September, hampir seluruh Laut Barents tidak tertutup es. Hingga Perang Musim Dingin, wilayah Finlandia juga meliputi Laut Barents, dengan pelabuhan di Petsamo sebagai satu-satunya pelabuhan musim dingin di Finlandia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Laut Barents dahulu dikenal di Rusia dengan sebutan Murmanskoye Morye, atau "Laut Murmans" (yakni Norwegia); dan di sebelah timur di muara Sungai Pechora disebut dengan Pechorskoye Morye, yakni Laut Pechora.

Laut ini dinamakan untuk menghormati Willem Barents, pelaut dan penjelajah Belanda. Barents adalah pemimpin ekspedisi awal ke Utara Jauh, pada akhir abad ke-16. Pemetaan laut diselesaikan pada tahun 1933 dengan peta penuh yang diproduksi oleh geolog kelautan berkebangsaan Rusia Maria Klenova.

Pelabuhan Fjord Murmansk.

Selama Perang Dingin, Uni Sovyet menggunakan bagian selatan laut ini sebagai lokasi kapal selam misil balistik, yang kemudian dilanjutkan oleh Rusia. Limbah nuklir dari reaktor Rusia merupakan isu lingkungan yang memprihatinkan di Laut Barents.

Eksplorasi minyak di Laut Barents dimulai pada tahun 1970-an. Penemuan tersebut dilakukan oleh Rusia dan Norwegia. Saat ini terdapat perselisihan batas antara Norwegia dan Rusia, dimana Norwegia menghendaki Garis Median, sedangkan Rusia menghendaki Garis Meridian.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 75°LU 40°BT / 75°LU 40°BT / 75; 40