Teluk California

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

28°0′LU 112°0′BT / 28°LU 112°BB / 28.000; -112.000

"Laut Cortez" beralih ke halaman ini. Untuk buku karya John Steinbeck, lihat The Log from the Sea of Cortez.
Teluk California (terang)

Teluk California (juga dikenal sebagai Laut Cortez atau Laut Cortés; secara lokal dikenal dalam bahasa Spanyol sebagai Mar de Cortés atau Mar de Bermejo atau Golfo de California) merupakan badan air yang memisahkan Semenanjung Baja California dari daratan Meksiko. Berbatasan dengan negara bagian Baja California, Baja California Sur, Sonora, dan Sinaloa. Nama "Teluk California" mendominasi peta-peta dalam bahasa Inggris hari ini. Nama "Laut Cortés" dipilih oleh penduduk lokal. Teluk terbuka 5.3 juta tahun yang lalu, mengalihkan arus Sungai Colorado. Sungai lain yang juga mengalir ke Teluk California adalah Fuerte, Sungai Mayo, Sinaloa, Sonora, dan Yaqui. Luasnya sekitar 160.000 km² (62.000 mil persegi).

Geologi[sunting | sunting sumber]

Teluk California terjadi setelah dorongan tektonik menarik Semenanjung Baja California dari Lempeng Amerika Utara sekitar 12 juta tahun yang lalu. Sebagai bagian dari proses ini, Pegunungan Pasifik Timur naik ke tengah Teluk sepanjang dasar laut. Teluk ini dapat memanjang hingga Indio, California kecuali delta yang dibuat oleh Sungai Colorado. Delta ini menahan air laut membanjiri Mexicali dan Imperial Valleys. Gunung berapi menguasai Pegunungan Pasifik timur. Pulau Isla Tortuga adalah contoh aktivitas vulkanik ini.[1]

Pulau[sunting | sunting sumber]

Teluk California memiliki dua pulau besar, Isla Ángel de la Guarda dan Pulau Tiburón, juga beberapa yang kecil, termasuk Isla Espiritu Santo dan Isla Partida yang bergabung dengan sebuah isthmus sempit. Pantai di Ensenada Grande, di Isla Partida, dijuluki pantai terindah di Meksiko dan salah satu yang terindah di dunia oleh majalah Inggris, The Travel Magazine.

Kedalaman[sunting | sunting sumber]

Kedalaman di sekitar teluk bervariasi dari kedalaman di muara dekat Yuma, Arizona hingga 3000 m di bagian terdalam. [1]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Science Plans RCL". review.nsf-margins.org. Diakses 2008-05-27. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]