Laut Okhotsk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Laut Okhotsk
Peta Laut Okhotsk
LetakSamudra Pasifik
Koordinat55°N 150°E / 55°N 150°E / 55; 150Koordinat: 55°N 150°E / 55°N 150°E / 55; 150
Jenis perairanLaut
Terletak di negaraRusia, Jepang
Area permukaan1.583.000 km2 (611.200 sq mi)
Kedalaman rata-rata859 m (2.818 ft)
Kedalaman maksimal3.372 m (11.063 ft)

Laut Okhotsk (Rusia: Охо́тское мо́ре, tr. Okhótskoye móre diucapkan [ɐˈxot͡skəjə ˈmorʲe];[a] Jepang: オホーツク海) merupakan nama laut yang terletak di Samudra Pasifik di bagian barat, Semenanjung Kamchatka di timur, Kepulauan Kuril di tenggara, pulau Hokkaido di selatan, pulau Sakhalin di barat, dan Siberia di utara. Laut ini terletak di Distrik Federal Timur Jauh.

Laut ini bermuara dengan Laut Jepang.

Fisiografi[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar, pantai kontinentalnya tinggi dan berbatu, dibelah oleh sungai-sungai besar—Amur, Tugur, Uda, Okhota, Gizhiga, dan Penzhina. Sebagai perbandingan, pantai pulau Hokkaido dan Sakhalin lebih rendah. Teluk Aniva dan Terpeniya ditemukan di pantai tenggara Sakhalin. Hampir semua pulau utama lainnya—Shantar, Zavyalov, Spafaryev, Yam, dan Tyuleny—terletak di dekat pantai; hanya Pulau Ion yang berada di laut lepas.

Laut Okhotsk terbentuk dalam dua juta tahun terakhir melalui aksi gabungan dari glasiasi berulang. Dasar laut umumnya landai dari utara ke selatan, dengan landas kontinen disepanjang batas utara dan barat hingga kedalaman laut 650 kaki (200 meter). Lereng benua di wilayah yang tersisa (sekitar 70 persen dari total) semakin dalam ke selatan dan timur hingga kira-kira 5.000 kaki (1.500 meter). Lokasi terdalam ada di Cekungan Kuril(sebelah barat Kepulauan Kuril) sekitar 8.200 kaki (2.500 meter).

Sedimen benua dalam jumlah besar mengalir ke laut, terutama dari Sungai Amur . Sumber sedimen lainnya termasuk abrasi pantai dan aktivitas vulkanik . Endapan dasar di Cekungan Kuril terdiri dari lumpur tanah liat-diatom, sedangkan mendekati pantai terdapat pasir halus yang tertutup lumpur, pasir kasar, dan kerikil yang bercampur dengan cangkang kerang.

Iklim[sunting | sunting sumber]

Laut Okhotsk adalah laut terdingin di Asia Timur; di musim dingin, rezim iklim dan termal di sebagian besar wilayah hanya sedikit berbeda dari yang ditemukan di Kutub Utara. Wilayah laut timur laut, utara, dan barat mengalami cuaca buruk selama musim dingin, karena pengaruh benua Asia; dari Oktober hingga April daerah ini mengalami suhu udara yang sangat dingin, selalu tertutup es, dan curah hujan sangat sedikit. Singkatnya, iklim kontinental menyelimuti bagian laut ini. Ke selatan dan tenggara kedekatan dengan Pasifik menghasilkan iklim laut yang lebih sejuk. Bulan terdingin di laut adalah Januari dan Februari; yang terhangat adalah Juli dan Agustus. Di bagian timur laut rata-rata suhu udara bulanan selama bulan Februari adalah −4 °F (−20 °C), sedangkan pada bulan Agustus rata-ratanya adalah 54 °F (12 °C). Di sebelah utara dan barat laut, suhu udara rata-rata bulanan adalah −11 °F (−24 °C) pada bulan Februari dan 57 °F (14 °C) pada bulan Agustus. Di bagian selatan dan tenggara, suhu udara rata-rata bulanan adalah 19 °F (−7 °C) pada bulan Februari dan 64 °F (18 °C) pada bulan Agustus. Curah hujan tahunan rata-rata 16 inci (400 mm) di utara, 28 inci (710 mm) di barat, dan sekitar 41 inci (1.040 mm) di selatan dan tenggara.

Hidrologi[sunting | sunting sumber]

Perairan Laut Okhotsk terdiri dari drainase benua, presipitasi, dan air yang mengalir dari Samudra Pasifik melalui selat Kepulauan Kuril dan dari Laut Jepang (Laut Timur) melalui Selat La Perouse (Sōya). Selama bulan-bulan musim panas, laut menghangat hingga kedalaman 100 hingga 165 kaki (30 hingga 50 meter). Suhu air di permukaan naik menjadi 46–54 °F (8–12 °C), dan salinitas turun menjadi 32,5 bagian per seribu atau lebih rendah. Air yang lebih dalam memiliki suhu rata-rata 29 hingga 30 °F (−1,8 hingga −1 °C) dan salinitas hingga 34 bagian per seribu. Ketebalan lapisan air dingin berfluktuasi dari beberapa kaki di bagian tenggara laut hingga 245 hingga 525 kaki (75 hingga 160 meter) di barat laut.

Pergerakan umum air di laut berlawanan arah jarum jam. Air mengalir dari Laut Jepang ke Laut Okhotsk, menyebabkan kehangatan komparatif di bagian barat dayanya. Air hangat juga dibawa ke laut oleh Pasifikarus . Karena pengaruh arus ini, perairan bagian timur laut lebih hangat daripada bagian barat. Sebagian besar, arus mengalir searah jarum jam di sekitar Kepulauan Kuril; di bagian utara selat mereka mengalir ke laut, tetapi di bagian selatan mereka kembali ke Pasifik. Teluk Penzhin memiliki pasang surut terkuat (42,3 kaki [12,9 meter]), sedangkan pasang surut terlemah terjadi di Sakhalin tenggara (2,6 kaki [0,8 meter]). Lapisan es muncul pada akhir Oktober dan mencapai puncaknya pada bulan Maret. Di daerah pesisir meluas ke pantai, tetapi di laut lepas terdapat es yang mengapung. Es menghilang pada bulan Juni, dengan pengecualian Teluk Sakhalin dan wilayah sekitar Pulau Shantar, di mana gumpalan es sama sekali tidak biasa pada bulan Juli dan kadang-kadang terjadi bahkan pada bulan Agustus.

Sumber daya hayati dan mineral[sunting | sunting sumber]

Laut Okhotsk adalah salah satu laut dunia yang paling produktif secara biologis. Drainase sungai, percampuran air yang intens oleh selat dan angin, dan naiknya air laut yang dalam dan sarat nutrisi semuanya menguntungkan bagi kehidupan laut. Pada bulan-bulan ketika cuaca cukup hangat, terjadi penyebaran kehidupan yang luar biasa cepat. Flora diwakili oleh ganggang dan rumput laut dan fauna oleh udang karang, kerang laut, kepiting, bulu babi, polip, dan berbagai jenis ikan. Salmon, herring, pollack, flounder, cod, capelin, dan smelts (atau frostfish), serta kepiting dan udang, semuanyakomersial penting . Laut juga dihuni oleh mamalia laut yaitu paus, anjing laut, dan singa laut.

Hampir seluruh laut jatuh di bawah pengawasan Uni Soviet pada tahun 1977 ketika zona ekonomi eksklusif 200 mil didirikan. Ini menghasilkan kondisi yang menguntungkan untuk pengembangan perikanan dan eksploitasi mineral. Laut sekarang memasok sebagian besar hasil tangkapan di Rusia timur . serta endapan minyak dan gas alam telah ditemukan di beting utara laut.

Navigasi[sunting | sunting sumber]

Navigasi reguler yang menghubungkan pelabuhan Rusia timur dilakukan melalui laut. Di pantai kontinental, pelabuhan terpenting adalah Magadan di Teluk Nagayeva dan Okhotsk. Korsakov di Pulau Sakhalin dan Severo-Kurilsk dan Yuzhno-Kurilsk di Kepulauan Kuril juga penting. Gumpalan es merupakan penghalang navigasi laut selama musim dingin, dan kabut tebal menjadi penghalang selama musim panas. Arus yang kuat dan bebatuan yang terendam adalah bahaya lain di daerah tersebut. Wilayah Laut Okhotsk memainkan peran penting dalam perkembangan ekonomi Rusia timur.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Historically, also known as Rusia: Ламутское мо́ре, tr. Lamutskoye móre or as Rusia: Камчатское мо́ре, tr. Kamchatskoye móre