Utara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Utara adalah sebuah arah mata angin dalam kompas. Utara merupakan arah yang dalam budaya Barat dianggap sebagai arah utama. Ia digunakan untuk menjelaskan arah-arah lainnya. Karena itulah dalam peta arah utara selalu ditunjukkan dengan sebuah tanda panah. Utara biasanya berada di sebelah atas peta. Dalam navigasi, utara dinyatakan sebagai titik awal (0°).

Kata utara berasal dari bahasa Sanskerta uttara (bahasa Hindi-nya : uttar, उत्तर), yang merupakan asli India kemudian diadopsi oleh bahasa Melayu menggantikan kata laut yang sebelumnya memiliki arti sama dengan utara (bandingkan dengan frasa barat laut dan timur laut, serta kata lor dalam bahasa Jawa yang secara etimologis memiliki hubungan dengan kata laut sebagai arah mata angin).[butuh rujukan]

Utara berlawanan arah dengan Selatan.

Jenis-jenis utara[sunting | sunting sumber]

Utara dapat memiliki beberapa makna:

  1. Utara asli, arah sepanjang permukaan bumi menuju suatu kutub dari rotasi Bumi, yaitu kutub yang secara jelas berada di sebelah kiri seseorang ketika berdiri di Katulistiwa sewaktu menghadap ke arah matahari terbit.
  2. Utara magnetis, arah sepanjang permukaan bumi di mana kekuatan medan magnet horisontal mempunyai nilai positif terkuatnya untuk suatu kegiatan yang mempunyai akhir.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]