Barat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mata angin

Barat adalah salah satu dari empat arah mata angin dalam kompas yang berlawanan arah dengan Timur. Matahari dan Bulan tenggelam di sebelah barat.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Kata barat berasal dari bahasa Austronesia kuno *SabaRat, yang berarti 'angin selatan'. Kata ini kemudian berkembang menjadi *habaRat dalam bahasa Melayu-Polinesia kuno, yang mana berarti 'angin barat daya'. Kata ini berkerabat dengan bahasa Tagalog, Bikol, dan Cebuano yang berarti 'angin selatan', serta bahasa Malagasy avaratra yang berartikan 'utara'.[1] Kata bahasa Inggris untuk barat, west, adalah kata Jermanik yang diteruskan ke beberapa bahasa Roman (ouest dalam bahasa Prancis, oest dalam bahasa Katala, ovest dalam bahasa Italia, oeste dalam bahasa Spanyol dan Portugis). Kata ini berasal dari akar bahasa Indo-Eropa *wes yang direduksi dari *wes-pero 'malam' yang terkait dengan hesperos dari bahasa Yunani Kuno dan vesper 'malam; barat' dari bahasa Latin.[2]

Navigasi[sunting | sunting sumber]

Untuk pergi ke barat menggunakan kompas untuk navigasi (di tempat di mana utara magnetik adalah arah yang sama dengan utara sebenarnya) kita perlu mengatur arah atau azimut 270°.

Barat adalah arah yang berlawanan dengan rotasi Bumi pada porosnya, dan karena itu adalah arah umum ke mana Matahari tampak terus bergerak dan akhirnya terbenam. Ini tidak terjadi di planet Venus, yang berputar berlawanan arah dari Bumi (rotasi retrograde). Bagi seorang pengamat di permukaan Venus, Matahari akan terbit di barat dan terbenam di timur[3] meskipun awan di Venus mencegah pengamatan Matahari dari permukaan planet.[4]

Di peta dengan utara di atas, barat berada di sebelah kiri.

Bergerak terus menerus ke barat adalah bergerak mengikuti garis lintang.

Cuaca[sunting | sunting sumber]

Karena arah rotasi Bumi, angin yang umum di banyak tempat di lintang tengah (yaitu antara 35 dan 65 derajat lintang) berasal dari barat, yang dikenal sebagai westerlies.[5][6]

Budaya[sunting | sunting sumber]

Ungkapan "Barat" sering diucapkan mengacu pada dunia Barat, yang meliputi Uni Eropa (juga negara-negara EFTA), Benua Amerika, Israel, Australia, Selandia Baru dan (sebagian) Afrika Selatan.

Konsep bagian barat bumi berakar pada Kekaisaran Romawi Barat dan Kekristenan Barat. Selama Perang Dingin "Barat" sering digunakan untuk merujuk ke kamp NATO yang bertentangan dengan Pakta Warsawa dan negara-negara non-blok. Ungkapan itu bertahan sampai sekarang, dengan makna yang semakin ambigu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Trussel, Stephen. "Austronesian Comparative Dictionary". Austronesian Comparative Dictionary. Diakses tanggal 2023-02-13. 
  2. ^ "west | Origin and meaning of west by Online Etymology Dictionary". www.etymonline.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-03-03. 
  3. ^ "Space Topics: Compare the Planets". The Planetary Society. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 February 2006. Diakses tanggal 12 January 2016. 
  4. ^ Serge Brunier (2002). Solar System Voyage. Diterjemahkan oleh Dunlop, Storm. Cambridge University Press. hlm. 40. ISBN 978-0-521-80724-1. 
  5. ^ Glossary of Meteorology (2009). "Westerlies". American Meteorological Society. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-06-22. Diakses tanggal 2009-04-15. 
  6. ^ Sue Ferguson (2001-09-07). "Climatology of the Interior Columbia River Basin" (PDF). Interior Columbia Basin Ecosystem Management Project. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2009-05-15. Diakses tanggal 2009-09-12. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Definisi kamus barat di Wikikamus