Teluk Venezuela

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Koordinat: 11°30′LU 71°0′BT / 11,5°LU 71°BB / 11.500; -71.000

Lokasi Teluk Venezuela.
Citra satelit Teluk Venezuela dan Semenanjung Guajira.

Teluk Venezuela adalah teluk di Laut Karibia yang dibatasi oleh negara Venezuela (Zulia dan Falcon) dan Kolombia (Departemen Guajira) ,selat sepanjang 54 km (34 mil) menghubungkan dengan Danau Maracaibo di selatan.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Teluk ini terletak di utara Amerika Selatan, antara Semenanjung Paraguaná di negara bagian Falcon di Venezuela dan Semenanjung Guajira di Kolombia dan terhubung ke Danau Maracaibo melalui kanal navigasi buatan. Saat ini sengketa antara Kolombia dan Venezuela atas jurang yang belum diselesaikan, meskipun selama puluhan tahun negosiasi yang dilakukan oleh suatu komisi bilateral.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Teluk ini ditemukan oleh orang Eropa pada 1499 ketika sebuah ekspedisi diperintahkan oleh Alonso de Ojeda di mana ia didampingi oleh Amerigo Vespucci, menjelajahi pantai Venezuela mengumpulkan informasi dan penamaan tanah baru, kata ekspedisi tiba ke jurang setelah melewati Antilles Belanda dan semenanjung Paraguana.

Perairan teritorial juga dalam sengketa teluk. Sengketa perbatasan melonjak setelah kemerdekaan Kolombia dan Venezuela dari Spanyol di abad ke-19. Kerajaan Spanyol tidak membatasi daerah tersebut karena kelompok pribumi Wayuu diajukan perlawanan di daerah tersebut. Batas tanah akhirnya diselesaikan pada tahun 1941, tetapi tidak maritim.

Perekonomian[sunting | sunting sumber]

Faktor utama yang memberikan pentingnya untuk perairan ini adalah kenyataan bahwa ia menghubungkan Laut Karibia dan Danau Maracaibo, sumber penting dari minyak mentah bagi Venezuela. Jurang karena itu membantu menghubungkan sumur dan kilang di Danau Maracaibo ke pasar dunia.