Helsinki

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Helsinki
HelsinkiHelsingfors
—  Kota  —
Helsingin kaupunki
Helsingfors stad
Dari atas kiri: Helsinki Cathedral, Suomenlinna, Senate Square, Aurinkolahti beach, City Hall
Nama lain: Stadi (for Helsinkians)
Hesa (for out-of-towners)
Pemerintahan
 • Mayor Jussi Pajunen
Situs web www.hel.fi
Gedung Senat dan Katedral Luther

Helsinki adalah ibu kota sekaligus kota terbesar di Finlandia penduduk sebanyak 562.570 jiwa. Kota ini terletak di bagian selatan Finlandia, di tepi Teluk Finlandia dan Laut Baltik. Daerah urban Helsinki termasuk kota Espoo, Vantaa, dan Kauniainen, yang disebut juga Wilayah Ibukota dengan penduduk sebanyak 992.836 jiwa. Daerah Helsinki Raya (Greater Helsinki) melingkupi lebih banyak kota-kota di sekitarnya dan memiliki 1.283.093 penduduk yang berarti satu dari empat penduduk Finlandia tinggal di daerah tersebut.

Helsinki adalah pusat bisnis, keuangan, mode, hiburan, media, dan budaya di Finlandia dengan jajaran museum, galeri, dan tempat pertunjukkan. Kota ini juga menjadi pintu gerbang internasional Finlandia. Helsinki memiliki jumlah warga asing terbesar di Finlandia baik dalam jumlah nyata maupun persentasenya. Mereka terdiri dari sekitar 130 kewarganegaraan dengan mayoritas dari Rusia, Estonia, dan Swedia. Saat ini, Helsinki mendapat perhatian dari dunia karena Finlandia memegang jabatan Presiden Uni Eropa dari Juli sampai Desember 2006.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Transportasi publik dalam kota Helsinki ditangani oleh Helsingin kaupungin liikennelaitos, perusahaan transportasi milik pemerintah. Fasilitas transportasinya terdiri dari trem, kereta api bawah tanah, bus, dan feri.

Untuk urusan transportasi udara, Helsinki memiliki Bandara Helsinki-Vantaa dan Bandara Malmi. Bandara Helsinki-Vantaa ,yang terletak sekitar 19 km di utara Helsinki, adalah pintu gerbang internasional Finlandia.

Jalanan kota Helsinki

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Helsinki memiliki 190 sekolah umum dan 15 sekolah kejuruan. Ada pula delapan universitas dan empat politeknik.

Universitas[sunting | sunting sumber]

Politeknik[sunting | sunting sumber]



Pranala luar[sunting | sunting sumber]