San Marino (kota)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kota San Marino
Città di San Marino
castello
Pemandangan beberapa bagian kota San Marino
Pemandangan beberapa bagian kota San Marino
Bendera Kota San Marino
Flag
Lambang Kota San Marino
Coat of arms
Lokasi San Marino di San Marino
Lokasi San Marino di San Marino
Koordinat: 43°56′LU 12°26′BT / 43,933°LU 12,433°BT / 43.933; 12.433
Foundation 3 September 301 (tanggal tradisional)
Pemerintahan
 • Capitano Alessandro Barulli (sejak 2003)
Area
 • Total 7,09 km2 (274 mil²)
Ketinggian 749 m (2,457 ft)
Populasi (2003)
 • Total 4.493
 • Kepadatan 633,71/km2 (164,130/sq mi)
Zona waktu CET (UTC+1)
 • Musim panas (DST) CEST (UTC)
Postal code RSM-47890

Kota San Marino merupakan ibu kota Republik San Marino di semenanjung Italia, dekat Laut Adriatik. Kota ini memiliki populasi sebesar 4.493 jiwa. Letaknya di lembah barat titik tertinggi San Marino, Monte Titano.

Meskipun berstatus ibu kota, kebanyakan bisnis dilakukan di Borgo Maggiore. Kota ini merupakan yang terbesar ketiga setelah Dogana dan Borgo Maggiore. Daerah ini membatasi kotamadya Acquaviva, Borgo Maggiore, Fiorentino, dan Chiesanuova di San Marino dan kotamadya San Leo di Italia.

Akademio Internacia de la Sciencoj San Marino berpusat di kota ini.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah kota ini sama dengan sejarah San Marino, lihat Sejarah San Marino.

Kota ini didirikan oleh Saint Marinus dan beberapa pengungsi Kristen pada tahun 301. Sejak itu, kota ini menjadi pusat pengungsi Kristen yang lari dari kekejaman Romawi, yang menyebabkan wilayah tersebut menjadi republik tertua di Eropa, untuk teritori San Marino pada waktu itu ditetapkan sebagai kota tunggal San Marino.

Jantung kota dijaga oleh tiga menara: pertama, Guaita, dibangun pada abad ke-11, sangat terkenal, karena mampu mengurangi serangan ke kota.

Selama Perang Salib, dibangun menara kedua, Cesta (abad ke-13). Tetapi sistem pertahanan San Marino belum selesai hingga konstruksi menara ketiga, - Montale (abad ke-14) - paling kecil dari semuanya dan dibangun di ujung pertemuan Monte Titano.

Dengan populasinya yang meningkat, teritori negara diperpanjang beberapa kilometer. Sejak kebijakan San Marino adalah tidak menjajah atau menggunakan kekuatan perang untuk memperoleh teritori baru, perluasan dilakukan dengan pembelian dan perjanjian yang menyatakan San Marino memiliki sembilan castello lainnya yang masih ada hingga sekarang.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Ekonomi kota San Marino selalu berasal dari industri nasional. Aktivitas ekonomi utama kota ini merupakan pemahatan batu. Hari ini, lebih banyak ekonomi yang berasal dari pariwisata, bisnis, penjualan perangko, dengan tambahan industri agrikultur kecil, walaupun kemudian ditutup.

Palazzo Publico - Balai Kota

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Kota ini, dikunjungi tiga juta orang per tahun, meningkat secara progresif sebagai sebuah pusat pariwisata. Di antara turis, 85% merupakan Italia. Dengan tambahan, terdapat lebih dari seribu toko, dimana mungkin untuk menemukan berbagai produk.

Menara Guaita

Tempat Menarik[sunting | sunting sumber]

Kota San Marino tidak hanya memberikan pemandangan yang indah, tetapi mereka juga menawarkan sejumlah tempat-tempat menarik:

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Kota ini terkenal untuk jalannya yang panjang dan berbatu, sementara ketinggian dan kecuraman membuatnya jauh dari jangkauan Jalan Supertol San Marino. San Marino juga terkenal karena mobil dilarang di kebanyakan pusat kota.

Sebelum Perang Dunia Kedua, sebuah jalur rel dibuat dari San Marino menuju Rimini dibawah kediktatoran Benito Mussolini. Terowongannya, dan stasiun kereta 'Piazzale Lo Stradone', masih berdiri. Proposal untuk pembukaan kembali jalur rel ini telah diperlihatkan ke pemerintah karena beberapa alasan, tetapi belum ada reaksi apapun.

Terdapat sebuah layanan bus reguler menuju Rimini, dan sebuah kereta gantung sepanjang 1,5 km yang menghubungkan ibu kota dengan Borgo Maggiore.

Olahraga[sunting | sunting sumber]

Kota San marino memiliki dua tim sepak bola: S.S. Murata dan S.P. Tre Penne. Kota ini juga pernah dilewati Api Olimpiade pada Olimpiade Musim Dingin 2006.

Kota Kembar[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]