Eropa Selatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Eropa Selatan atau kadang-kadang Eropa Mediterania merupakan sebuah wilayah benua Eropa. Tidak ada penjelasan yang dapat mengartikan istilah tersebut tergantung faktor geografi, budaya, bahasa atau sejarah yang terdapat di sana. Telah disetujui bahwa Spanyol, Portugal, Italia dan Yunani, lebih umum negara-negara Mediterania di benua Eropa, adalah bagian dari Eropa Selatan. Perancis Selatan dan Turki Barat juga dimasukkan dalam wilayah ini.

Secara geografi, Eropa Selatan merupakan setengah daratan Eropa. Artinya relatif, tanpa batas yang ditetapkan. Pegunungan Alpen dan Massif Tengah merupakan perbatasan fisik antara Italia dan Perancis dan seluruh Eropa.

Arti secara geopolitik Perserikatan Bangsa-Bangsa[sunting | sunting sumber]

Negara-negara Eropa Selatan menurut pengelompokan PBB terhadap sub-wilayah.

Sebagai pekerjaan dan penerbitan resminya, Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa mengelompokkan negara-negara dibawah sebuah kelompok wilayah. 'Eropa Selatan, seperti yang dinyatakan Perserikatan Bangsa-Bangsa (sub-wilayah menurut PBB), meliputi negara dan teritori berikut:

Peta ini menampilkan wilayah Eropa dalam iklim Mediterania.

Arti secara iklim[sunting | sunting sumber]

Arti secara iklim Eropa Selatan serupa dengan wilayah iklim Mediterania. Iklim Mediterania sering dianggap sebagai karakteristik Eropa Selatan. Wilayah ini juga merupakan asal tradisi makanan Eropa selatan (minyak zaitun, anggur dan terigu khususnya). Wilayah Mediterania menampilkan alam yang serupa (bukit kering, dataran sempit, hutan pinus, pohon zaitun) dan habitat tradisional. Daerah tersebut meliputi timurlaut dan selatan dua-pertiga Portugal, setengah selatan dan pantai timur Spanyol, pantai tenggara Perancis (bersama dengan pulau Corsica), seluruh Italia kecuali dataran Sungai Po dan daerah Alpen, pantai Kroasia, Bosnia dan Herzegovina, Montenegro dan Albania, sebagian Yunani, Siprus dan Malta.

Arti secara bahasa dan budaya[sunting | sunting sumber]

Arti Eropa Selatan secara bahasa. Eropa Latin berwarna biru, wilayah Balkan (negara-negara Slavik selatan: bekas-Yugoslavia + Bulgaria), Albania dan Yunani berwarna hijau.

Negara-negara Eropa Latin sering dikaitkan dengan konsep Eropa Selatan, khususnya Eropa Baratdaya (lihat Arch Latin). Yunani dan negara Balkan sering dikaitkan dengan mereka dalam konsep Eropa Selatan, khususnya Eropa Tenggara.

Daftar negara[sunting | sunting sumber]

Meskipun tidak ada arti yang tetap, teritori berikut sering dianggap di Eropa Selatan: