Jan Mayen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Letak Pulau Jan Mayen relatif terhadap Norwegia dan Svalbard

Pulau Jan Mayen merupakan bagian dari Norwegia yang terletak di antara Tanah Hijau dan Norwegia Daratan. Dengan wilayah seluas 373 km², sebagian permukaan pulau vulkanik ini berupa pegunungan yang diselimuti oleh gletser. Titik tertinggi berada di Gunung Beerenberg (2.277 m). Tanah genting memisahkan pulau ini menjadi dua bagian.

Pulau Jan Mayen tidak memiliki sumber daya alam yang dapat dieksploitasi. Kegiatan ekonomi hanya terbatas pada layanan bagi para pekerja stasiun meteorologi dan radio Norwegia di pulau itu. Dengan garis pantai sepanjang 124,1 km, ia hanya memiliki pelabuhan lepas pantai (offshore anchorages).

Sejak 1995, Jan Mayen dipimpin oleh gubernur kabupaten (fylkesmann) Nordland; namun, beberapa pejabat berwenang telah diutus menjadi komandan stasiun Layanan Komunikasi Pertahanan Norwegia.

Henry Hudson menemukan pulau ini pada 1607 dan menamakannya Tutches Hudson atau Touches. Setelah itu, beberapa ahli pelayaran juga mengklaim telah menemukannya dan mengubah nama pulau itu. Pada 1611, beberapa penangkap ikan paus dari Hull menamakannya Pulau Trinitas; pada 1612 warga Perancis Jean Vrolicq menamakannya Ile de Richelieu; dan pada 1614 Joris Carolus memberi nama salah satu tanjung Jan Meys Hoeck, yang diambil dari nama kapten kapalnya. Nama "Jan Mayen" sendiri diambil dari penamaan oleh Carolus. Sedangkan penemuan pada 1611 yang diklaim oleh Jan Mayen dari Belanda tidak memiliki bukti yang kuat.

Pulau Jan Mayen dihuni oleh personel yang mengoperasikan pangkalan Navigasi Jarak Jauh (Loran-C) dengan 14 staf dan stasiun layanan cuaca dengan 4 staf. Tidak ada warga pribumi di pulau itu.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]