Longyearbyen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Longyearbyen
Pusat kota Longyearbyen, Svalbard
Pusat kota Longyearbyen, Svalbard
Lambang Longyearbyen
Coat of arms
Semboyan: "unikt, trygt og skapende"
(Norwegia: "unique, secure and creative")
Lokasi Longyearbyen dan Svalbard
Lokasi Longyearbyen dan Svalbard
Negara Norwegia
Teritori Svalbard
Pulau Spitsbergen
Ditempati 1906
Incorporated January 1, 2002
Pemerintahan
 • Mayor Christin Kristoffersen (Ap)
Area
 • Total 242,86 km2 (9,377 mil²)
Populasi (2007)
 • Total 2.075 (Svalbard: 1st)
Situs web http://www.lokalstyre.no/

Longyearbyen adalah ibu kota sekaligus pemukiman terbesar di Svalbard, sebuah kepulauan di Norwegia. Daerah ini dihuni 2.040 penduduk di tahun 2008,Longyearbyen terletak di lembah Longyeardalen dan di pantai Adventfjorden dan pantai Isfjorden terletak di barat pantai Spitsbergen. Sejak 2002 Komunitas Dewan Longyearbyen memiliki sebagian responbilitas kotapraja termasuk kegunaan,edukasi,tempat kurtural,departemen kebakaran,jalan dan pelabuhan. Sebagian besar dari Norwegia dan Rusia. Kediaman Gubernur Svalbard berada di sini.Longyearbyen adalah kota yang paling utara di dunia dan permukiman paling utara dengan lebih dari 1000 rumah permanen.

Dikenal sebagai Kota Longyear sampai tahun 1926, kota ini diresmikan oleh dan nama John Munro Longyear dikenal sebagai Arctic Coal Company memulai pertambangan batu bara di tahun 1906. Operasinya diambil alih oleh Store Norske Spitsbergen Kulkompani (SNSK) di tahun 1916, dimana masih melakukan pertambangan Longyearbyen hampir tak bersisa karena diserang Kriegsmarine di 8 Agustus 1943, Longyearbyen dibangun kembali setelah Perang Dunia II. Secara tradisional, Longyearbyen adalah Kota Industri, tetapi hampir semua operasi pertambangan dipindahkan ke Sveagruva sejak tahun 1990an, sejak Longyearbyen memilki lebih banyak turis dan pengetahuan. Ini dilihat oleh bangunan institut seperti University Centre in Svalbard, Svalbard Global Seed Vault dan Stasiun Satelit Svalbard. Komunitas lain yang berada di Longyearbyen adalah Bandar Udara Svalbard dan Gereja Svalbard sebagai gereja paling utara di dunia.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Longyearbyen terletak pada koordinat 78°13′LU 15°33′BT / 78,217°LU 15,55°BT / 78.217; 15.550. Lokasinya berada jauh di sebelah utara lingkaran polar, sehingga terjadi malam polar dari 27 Oktober hingga 14 Februari dan siang polar dari 19 April hingga 23 Agustus. Longyearbyen memiliki iklim tundra arktik.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]