Tsar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Tsar (bahasa Bulgaria цар, bahasa Rusia царь, Tentang suara ini dengarkan ; kadang juga dieja Czar atau Tzar), adalah gelar untuk pemimpin Kekaisaran Pertama dan Kedua Bulgaria sejak tahun 913, di Serbia pada pertengahan abad ke-14, dan di Rusia dari 1547 hingga 1917 (meski penggunaannya secara teknis hanya tepat hingga tahun 1721).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gelar tsar mulai digunakan di Bulgaria oleh Simeon I setelah sebuah kemenangan penting terhadap Kekaisaran Romawi Timur pada tahun 913. Gelar ini terus digunakan para pengganti Simeon I hingga jatuhnya Bulgaria kepada Kerajaan Ottoman pada tahun 1396. Setelah lepas dari Ottoman pada tahun 1878, monarki barunya kembali menggunakan gelar tersebut antara tahun 1908 dan 1946.

Pada tahun 1547, Ivan IV dari Rusia mengganti gelarnya dari "Veliki Knia dari seluruh Rus" menjadi "tsar dari seluruh Rus" sebagai lambang pergantian bentuk negara Rusia. Kemudian pada 1721 Peter I mengadopsi gelar Император [Imperator] ("Kaisar"). Kedua gelar tersebut digunakan bergantian sejak masa tersebut.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Kata tsar berasal dari gelar Latin Caesar ("Kaisar"). Pada zaman modern, kata ini paling sering digunakan hanya untuk merujuk kepada pemimpin-pemimpin Rusia pada dulu kala.

Pemimpin-pemimpin dengan gelar Tsar[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pengertian Tsar[sunting | sunting sumber]

Tsar adalah gelar untuk para para penguasa pada negara-negara tertentu, misalnya: Rusia