Katedral Helsinki

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Katedral Helsinki
Helsingin Tuomiokirkko
Suurkirkko Helsingfors Domkyrka
Lutheran Cathedral Helsinki.jpg

Katedral Helsinki

Letak Bendera Finlandia Helsinki, Finlandia
Afiliasi agama Gereja Lutheran Finlandia
Distrik Keuskupan Helsinki
Status keagamaan Katedral
Situs web tuomiokirkko.kirkkohelsinki.net
Deskripsi arsitektur
Arsitek Carl Ludvig Engel, kemudian Ernst Lohrmann
Jenis arsitektur Katedral
Gaya arsitektur Neoklasik
Tahun selesai 1852
Spesifikasi
Kapasitas 1.300 bangku

Katedral Helsinki (dalam bahasa Finlandia Helsingin tuomiokirkko) adalah sebuah katedral dari Lutheran Injili yang terletak di pusat kota Helsinki, Finlandia. Sebelum kemerdekaan Finlandia pada 1917, Katedral ini disebut Gereja St. Nicholas.

Gereja ini adalah sebuah landmark yang khas yang menghiasi pusat kota Helsinki, dan dibangun pada 1830-1852, dengan gaya neoklasik. Rancangan aslinya dibuat oleh Carl Engel, dan belakangan diubah oleh penggantinya Ernst Lohrmann.

Kini Katedral ini merupakan salah satu atraksi turis yang paling terkenal di Helsinki. Setiap tahun lebih dari 350.000 orang mengunjungi gereja ini, sebagian untuk mengikuti acara-acara gerejawi, namun sebagian terbesar hanya sebagai wisatawan. Gereja ini digunakan secara teratur untuk kebaktian dan peristiwa-peristiwa khusus seperti upacara pernikahan.

Di atap katedral ini terdapat patung-patung yang terbuat dari seng yang menggambarkan kedua belas orang Rasul. Ini adalah kumpulan patung seng yang seragam terbesar di seluruh dunia.

Katedral ini seringkali digunakan sebagai lambang seluruh kota Helsinki. Dengan cara yang sama, kastil Turku seringkali melambangkan Turku, jembatan Tammerkoski melambangkan Tampere dan sebuah jembatan besar yang disebut Jätkänkynttilä ("Lilin penebang kayu") melambangkan Rovaniemi.

Sebelum katedral ini didirikan, di tempat itu berdiri sebuah gereja yang lebih kecil, yang disebut Gereja Ulrika Eleanora. Sebuah gereja yang persis sama, yang keseluruhannya dibuat dari salju, belakangan dibuat di Lapangan Senat pada awal 2000-an.