Barcelona

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Barcelona
Searah jarum jam dari atas: Kaki langit Barcelona, La Barceloneta, Camp Nou, Diagonal Mar, Sagrada Familia, dan Castell dels tres Dragons
Searah jarum jam dari atas: Kaki langit Barcelona, La Barceloneta, Camp Nou, Diagonal Mar, Sagrada Familia, dan Castell dels tres Dragons
Bendera Barcelona
Lambang kebesaran Barcelona
Julukan: 
Ciutat Comtal (Kota Bangsawan),
Barna,
BCN
NegaraSpanyol
Komunitas OtonomCatalonia
ProvinsiBarcelona
ComarcaBarcelonès
DistrikCiutat Vella, Eixample, Gràcia, Horta-Guinardó, Les Corts, Nou Barris, Sant Andreu, SantsMontjuïc, Sarrià-Sant Gervasi, Sant Martí
Pemerintahan
 • JenisDewan Wali Kota
 • BadanAjuntament de Barcelona
 • Wali KotaJordi Hereu i Boher (PSC)
Luas
 • Kota101,4 km2 (39,2 sq mi)
 • Luas perkotaan
803 km2 (310 sq mi)
Ketinggian12 m (39 ft)
Populasi
 (2009)
 • Kota1.621.537
3,186,461 (Barcelona Raya)
 • Peringkatke-2 di Spanyol
 • Kepadatan15.991/km2 (41,420/sq mi)
 • Perkotaan
4.200.000
 • Metropolitan
5.000.000
Demonimbarceloní, barcelonina
barcelonés, barcelonesa
Zona waktuUTC+1 (CET)
 • Musim panas (DST)UTC+2 (CEST)
Kode pos
08001–08080
Kode area telepon+34 (Spanyol) 93 (kota)
Situs webwww.barcelona.cat

Barcelona (Catalonia: [bərsəˈɫonə], bahasa Spanyol: [barθeˈlona]) adalah sebuah kota terbesar kedua di Spanyol dan merupakan ibu kota wilayah otonom Catalonia. Jumlah penduduknya di wilayah pusat kota adalah 1,6 juta jiwa.[1] Bersama dengan wilayah di sekitar sisi kota, penduduknya berjumlah 4,5 juta jiwa. Penduduk di wilayah metropolitan (kota dan kota-kota satelit) adalah sekitar 5 juta jiwa.[2][3][4][5][6] Luas wilayahnya adalah 100,4km² dan kepadatannya adalah 15.764/km² (2001).

Berdiri pada 230 SM sebagai salah satu kota Kerajaan Romawi, pada zaman pertengahan Barcelona menjadi ibu kota County Barcelona. Setelah bergabung dengan Kerajaan Aragon, Barcelona menjadi kota yang penting bagi Mahkota Aragon. Barcelona memiliki sejarah budaya yang kaya dan saat ini menjadi pusat budaya penting dan destinasi turis utama. Kuil-kuil dan bangunan karya arsitek Antoni Gaudí dan Lluís Domènech i Montaner, yang telah dinobatkan menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Kota ini juga menyelenggarakan Olimpiade Musim Panas 1992 beserta sejumlah konferensi dan turnamen olahraga skala internasional.

Barcelona merupakan salah satu pusat ekonomi, pariwisata, pameran, olahraga, dan budaya dunia. Semua ini berkat statusnya sebagai salah satu kota global utama dunia.[7][8] Barcelona berperan sebagai pusat ekonomi dan budaya di Eropa baratdaya, ke-24 di dunia (sebelum Zürich, setelah Frankfurt)[9] serta pusat keuangan. Tahun 2008 kota ini termasuk kota dengan ekonomi terkuat keempat menurut PDB di Uni Eropa dan ke-35 dunia sebesar €177 miliar.[10] Kota ini merupakan kota dengan angka pengangguran terendah dan pertumbuhan PDB per kapita tertinggi di Spanyol.[11] Tahun 2009 kota ini berada di urutan ketiga sebagai brand kota tersukses di dunia.[12] Pada tahun yang sama, kota ini menempati peringkat keempat untuk bisnis, dengan pertumbuhan 17% per tahunnya,[13] namun sempat turun akibat resesi ekonomi Eropa.[14] Barcelona juga merupakan penghubung transportasi dengan Pelabuhan Barcelona sebagai salah satu pelabuhan laut terpenting di Eropa dan pelabuhan penumpang tersibuk di Eropa.[15] Selain itu, bandara internasionalnya, Bandar Udara El Prat-Barcelona, mengangkut 35 juta orang setiap tahun dan bertambah setiap tahunnya,[16] ditambah jaringan jalan yang baik, dan akses kereta cepat yang terhubung ke Prancis dan kota lain di Eropa.[17]

Geografi[sunting | sunting sumber]

Menghadap Laut Tengah arah tenggara, namun dikatakan seakan 'melarikan diri dari laut' karena arsitekturnya tak terpusat pada pelabuhan terkemukanya. Dataran rendah kota ini dibatasi Rio Besos, Rio Llobregal dan pegunungan yang setengah mengelilinginya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejak permulaannya sebagai pelabuhan dagang orang Funisia dan Kartagena, Barcelona berkembang menjadi pusat keagamaan selama pendudukan Visigoth antara abad ke-5 sampai abad ke-6. Setelah kota ini diambil alih dari orang Visigoth oleh pasukan Moor Islam pada tahun 717, lalu oleh orang Frank Coligian pada tahun 801, dan pasukan al-Mansyur dari kekholifahan Umayyah pada tahun 985, para bangsawan kota menyusun kekuatan dan menyatukan Katalonia dengan Aragon, menjadikan Barcelona kembali menjadi kota dagang istimewa.

Barcelona kehilangan kekuatannya saat Napoli menjadi ibu kota kerajaan Katalan-Aragon pada tahun 1442, dan jatuh lagi bersama kebangkitan Turki Utsmani di Mediterania. Pangeran Karl III dari Austria diizinkan mendirikan pengadilan di Barcelona pada tahun 1705, setelah Perang Suksesi Spanyol mendudukkannya ke atas singgasana Spanyol. Barcelona pun makmur bersamaan dengan perkembangan industri katun setelah Felipe V dari Spanyol merebutnya pada tahun 1714.

Setelah Kematian Hitam (penyakit menular) mewabah pada abad ke-14 dan 15, pemerintahan represif Felipe V dan penerusnya kaisar Napoleon Bonaparte pada abad ke-19, kota ini harus menangani pergulatan internal pada abad ke-20. Saat Perang Saudara Spanyol pecah pada tahun 1936, Republik Katalan menyerah pada Spanyol.

Sejak tahun 1970-an, saat bahasa dan budaya Katalan secara resmi diakui Spanyol, Barcelona telah mendapatkan posisi penting di dunia internasional. Pada tahun 1980, sebuah pemerintahan otonomi dibentuk di Katalonia.[butuh rujukan] Pada tahun 1986, Barcelona terpilih menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 1992.[18] Pesona dan keramahan penduduk Barcelona yang hampir berjumlah 2 juta jiwa telah berhasil merebut perhatian dunia.[butuh rujukan]

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Bandara[sunting | sunting sumber]

Barcelona dilayani oleh Bandara El Prat-Barcelona yang letaknya sekitar 17 km (11 mi) dari pusat kota. Bandara ini terbesar kedua di Spanyol, dan terbesar di pesisir Mediterania dengan jumlah penumpang 35 juta orang per tahun.[19] Menjadi penghubung utama bagi Vueling Airlines dan Ryanair, serta menjadi fokus bagi Iberia dan Air Europa. Bandara ini terhubung ke kota dengan jalan tol, kereta komuter (stasiun kereta Bandara Barcelona) dan bus berjadwal.

Beberapa maskapai berbiaya rendah, seperti Transavia.com dan Ryanair juga memakai Bandara Girona-Costa Brava, yang terletak 90 km (56 mi) di utara, Bandara Reus 77 km (48 mi) di selatan, atau Bandara Lleida-Alguaire, sekitar 150 km sebelah barat kota.

Pelabuhan[sunting | sunting sumber]

Pelabuhan Barcelona

Pelabuhan Barcelona memiliki sejarah 2000 tahun dan perannya sangat penting. Pelabuhan ini merupakan pelabuhan kontainer tersibuk kesembilan di Eropa dengan volume perdagangan 1.72 juta TEU's tahun 2013.[20] Pelabuhan ini dikelola oleh Otoritas Pelabuhan Barcelona. Dibagi menjadi 3 zona: Pelabuhan Vell (lama), pelabuhan baru dan pelabuhan logistik (Barcelona Free Port). Pelabuhan Barcelona saat ini sedang diperbesar hingga kapasitasnya menjadi 2 kali kapasitas saat ini.[21]

Kereta api[sunting | sunting sumber]

Siemens Velaro didesain sampai kecepatan 310 km/h (193 mph), di Stasiun Barcelona-Sants AVE.

Barcelona adalah penghubung utama bagi RENFE, perusahaan kereta negara Spanyol. Stasiun kereta antar kota utama di kota ini adalah Barcelona-Sants, ada juga terminus Estació de França untuk kereta suburban, regional, dan jarak menengah. Angkutan barang melayani dari industri lokal dan dan ke Pelabuhan Barcelona.

Sistem kereta cepat AVE milik RENFE, didesain hingga berkecepatan 310 km/h (193 mph), diperpanjang dari Madrid sampai Barcelona tahun untuk membentuk Jalur kereta cepat Madrid–Barcelona. Jalur kereta kongsi RENFE-SNCF menghubungkan Barcelona dan Prancis (Paris, Marseilles dan Toulouse, dengan LGV Perpignan–Figueres) diluncurkan tahun 2013. Semua jalur ini berangkat dari stasiun Barcelona Sants.[22][23]

Selain kereta RENFE, jalur kereta lain yang ada di Barcelona dioperasikan oleh Ferrocarrils de la Generalitat de Catalunya (FGC) yang dimiliki pemerintah Katalonia. FGC mengoperasikan kereta komuter, juga angkutan barang ke Pelabuhan Barcelona.

Jalan raya dan jalan tol[sunting | sunting sumber]

B-20 motorway di Barcelona.

Barcelona memiliki 3 rute internasional, yaitu Rute Eropa E15 ke laut Mediterania, Rute Eropa E90 ke Madrid dan Lisbon, dan Rute Eropa E09 ke Paris. Kota ini juga memiliki jaringan jalan lengkap ke seluruh metropolitannya, termasuk A-2, A-7/AP-7, C-16, C-17, C-31, C-32, C-33, C-60.

Transportasi lokal[sunting | sunting sumber]

Barcelona Metro

Barcelona dilayani oleh jaringan transportasi publik lokal yang komprehensif, termasuk metro, bus, 2 jaringan tram, dan beberapa cable car. Sebagian besar jaringan transportasi ini menggunakan sistem tiket terkoordinasi, diatur oleh Autoritat del Transport Metropolità (ATM), meskipun dioperasikan berbagai macam lembaga.

Jaringan Barcelona Metro memiliki 11 jalur kereta bawah tanah. Delapan diantaranya dioperasikan oleh Transports Metropolitans de Barcelona (TMB), sedangkan tiga lainnya dioperasikan Ferrocarrils de la Generalitat de Catalunya (FGC).

Barcelona Tram

Perusahaan lainnya, TRAMMET, mengoperasikan 2 jaringan tram modern, namanya Trambaix dan Trambesòs.[24] Jalur tram lama, Tramvia Blau,[25] menghubungkan metro (L7, dioperasikan FGC) ke Funicular del Tibidabo (dioperasikan TMB).

Bus di Barcelona juga menjadi transportasi publik, dengan tujuan lokal, antar kota, maupun bus malam. Sebagian besar dioperasikan TMB, ada juga beberapa yang dioperasikan swasta. Aerobús menghubungkan bandara dengan pusat kota.

Markah kota[sunting | sunting sumber]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Beckner C dan Soetrisno E. 2001. 100 Kota Besar Bersejarah di Dunia. Jakarta: Ladang Pustaka dan Intimedia.

  1. ^ INE (1 January 2012). "Population of Barcelona". Instituto Nacional de Estadistica. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-01-21. Diakses tanggal 3 June 2013. 
  2. ^ United Nations – Department of Economic and Social Affairs: World Urbanization Prospects (2007 revision), Table A.12
  3. ^ Organization for Economic Cooperation and Development: Competitive Cities in the Global Economy, OECD Territorial Reviews, (OECD Publishing, 2006), Table 1.1
  4. ^ "Population by sex and age groups on 1 January"- Eurostat, 2012 Diarsipkan 2014-10-06 di Wayback Machine.
  5. ^ Àmbit Metropolità. Sèrie temporal (catalan)[pranala nonaktif]
  6. ^ Europe: metropolitan areas- World Gazetteer, 2012 Diarsipkan 2013-05-15 di Wayback Machine.
  7. ^ "The World According to GaWC 2010". Globalization and World Cities Study Group and Network, Loughborough University. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-10-10. Diakses tanggal 2011. 
  8. ^ "Inventory of World Cities". Globalization and World Cities (GaWC) Study Group and Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-10-14. Diakses tanggal 1 December 2007. 
  9. ^ "2012 Global Cities Index". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-10-20. Diakses tanggal 2014-03-30. 
  10. ^ "Global city GDP rankings 2008–2025". Pricewaterhouse Coopers. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-05-04. Diakses tanggal 16 December 2009. 
  11. ^ Emilia Istrate; Carey Anne Nadeau (November 30, 2012). "Brookings analysis of data from Oxford Economics, Moody's Analytics, and the U.S. Census Bureau". Brookings Global MetroMonitor. Brookings Institute. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-06-04. Diakses tanggal 14 January 2014. 
  12. ^ "Paris, London and Barcelona are Europe's top city brands". Citymayors.com. 2008-08-28. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-09-27. Diakses tanggal 2014-03-30. 
  13. ^ "Best European business cities". City Mayors. 28 October 2009. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-07-23. Diakses tanggal 15 September 2011. 
  14. ^ Tobias Buck (October 3, 2013). "Spain: Seeds of recovery". Financial Times Analysis. Financial Times. Diakses tanggal 14 January 2014. 
  15. ^ "Port of Barcelona traffic statistics Accumulated data December 2013" (PDF). Statistics Service. hlm. 6. Diarsipkan (PDF) dari versi asli tanggal 2014-06-14. Diakses tanggal 14 June 2014. 
  16. ^ Ralph Tragale (April 1, 2013). "2012 Annual Traffic Report" (PDF). Annual Traffic Report of the Aviation Department. Port Authority of NY & NJ. Diarsipkan (PDF) dari versi asli tanggal 2013-06-13. Diakses tanggal 23 January 2014. 
  17. ^ "First commercial trips" (dalam bahasa Spanyol). Europapress.es. 2010-12-10. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-04-10. Diakses tanggal 2014-03-30. 
  18. ^ Gold, J. R., dan Gold, M. M. (Januari 2012). "From A to B: The Summer Olympics, 1896–2008: Chapter taken from Olympic Cities". Routledge Online Studies on the Olympic and Paralympic Games Volume 1 Nomor 36. hlm. 20. doi:10.4324/9780203840740_chapter_2. ISBN 978-0-203-84074-0. 
  19. ^ Informes Anuales - 2012- AENA Diarsipkan 2013-05-25 di WebCite
  20. ^ Port of Barcelona traffic statistics 2013 - Port de Barcelona, 2014
  21. ^ "Port de Barcelona" (dalam bahasa Spanyol). Apb.es. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-11-13. Diakses tanggal 26 June 2010. 
  22. ^ "Barcelona estrena TGV" (dalam bahasa catalan). Avui. 9 February 2008. Diakses tanggal 11 July 2011. 
  23. ^ "The last High Speed railway stretch between Barcelona and France has finally been unveiled after years of delays". Catalan News Agency. 8 January 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-04-10. Diakses tanggal 27 January 2014. 
  24. ^ "News related with the council plans for the tram network union". W3.bcn.es. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-10-03. Diakses tanggal 26 June 2010. 
  25. ^ "Information of Tramvia Blau". Tmb.net. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-12-24. Diakses tanggal 26 June 2010.